Ciri Khas Burung Takur Tenggeret dan Perilakunya Di Alam Liar

Burung Takur adalah salah satu jenis burung kicauan yang mungkin masih jarang dikenal atau masih belum banyak diketahui oleh para pecinta burung kicauan. Keberadaannya yang belum banyak diketahui ini dikarenakan jenis burung Takur sangat jarang dipelihara maupun belum pernah diikutkan dalam perlombaan.

Namun perlu anda ketahui, jika suara burung takur ini sebenarnya tergolong lumayan nyaring dan juga terdengar merdu. Tak hanya itu saja, keberadaan burung Takur di wilayah hutan Indonesia termasuk lumayan banyak yang jumlahnya sekitar 18 jenis. Salah satu jenis burung takur yang perlu anda ketahui yaitu burung Takur Tenggeret.

Daerah Persebaran Burung Takur Tenggeret

Burung Takur Tenggeret
id.wikipedia.org

Burung Takur Tenggeret adalah salah satu jenis burung endemik yang daerah persebarannya hanya terbatas di wilayah hutan Indonesia. Daerah maupun pulau yang menjadi habitatnya ini ada di wilayah Pulau Jawa dan Bali saja.

Ketika berada di habitatnya atau di alam liar, pada umumnya burung Takur Tenggeret tersebar mulai dari dataran rendah hingga di wilayah pegunungan dengan ketinggian mencapai 200 meter di atas permukaan laut. Karena daerah persebarannya yang terbatas ini, menjadikan orang-orang tidak terlalu mengenalinya.

Untuk lahan maupun hutan yang kerap ditinggali burung Takur Tenggeret ini lokasinya memang agak jauh dari pemukiman masyarakat. Diantaranya seperti tepian hutan, hutan primer, hutan sekunder, tegalan, mangrove, bambu, rawa-rawa, serta ada juga di wilayah perkebunan.

Makanan Burung Takur Tenggeret

Jenis makanan burung Takur Tenggeret ini pada umumnya cukup beragam. Diantaranya mulai dari berbagai macam buah-buahan dan serangga yang banyak terdapat di hutan.

Dan ketika memasuki masa berkembangbiak yang berlangsung kurang lebih sekitar bulan Februari hingga pada bulan Oktober pada umumnya akan membangun sarang berupa lubang kecil yang ada pohon yang sudah mati dengan jumlah telurnya yang sebanyak dua butir.

Ciri Khas Burung Takur Tenggeret

Ciri Khas Burung Takur Tenggeret
flickr.com

Sedangkan untuk ciri khas burung Takur Tenggeret (Psilopogon Australis) ini antara lain yaitu berukuran sedang dengan panjang tubuh sekitar 17 cm saja.

Lalu untuk corak warna bulunya terdiri dari beberapa jenis warna antara lain yaitu biru muda, hitam, kuning, dan juga warna hijau. Untuk warna biru muda juga terlihat menutupi area di sekitaran kepalanya. Diantaranya seperti mahkota kepala dan juga pada bagian tenggorokannya saja.

Sedangkan ciri khas burung Takur Tenggeret untuk warna hitam juga terlihat di sekitar area kepalanya. Diantaranya yaitu pada garis hitam horizontal di dekat mata dan juga yang ada pada bagian bawah tenggorokannya.

Sedangkan ciri khas burung Takur Tenggeret selanjutnya yaitu warna kuning terdapat di area bawah matanya yang memiliki ukuran agak lebar dan pangkal dadanya. Warna hijau juga terlihat menutupi sebagian besar area tubuhnya mulai dari tengkuk, punggung, sayap, dada, perut, tunggir, serta pada bagian ekornya.

Ciri khas burung Takur Tenggeret selanjutnya yaitu bagian paruh yang berukuran sedang dan besar dengan warna hitam pekat. Sedangkan untuk bagian depan wajahnya terdapat beberapa bulu halus berwarna hitam yang memiliki ukuran agak panjang.

Pada bagian ekornya yang berwarna kehijauan ukurannya sedang yang terdiri dari beberapa helai bulu yang agak lebar. Pada bagian matanya yang berwarna hitam ukurannya agak besar dan juga tampak bulat.

Sedangkan untuk bagian kakinya yang berwarna hitam keabu-abuan memiliki ukuran yang sedang dan terlihat agak besar.

Kicauan Burung Takur Tenggeret

Sedangkan ciri kicauan Takur Tenggeret ini tergolong merdu dan nyaring. Volume kicauannya terdengar tidak begitu tinggi dan tidak sampai melengking di telinga.

Tinggalkan Komentar