Mengenal Ciri Khas burung Anis Kuning yang Bersuara Merdu

Burung yang bermigrasi ke hutan Indonesia yang asalnya dari berbagai negara di kawasan Asia dan Eropa terkenal punya penampilan tapi juga memiliki kicauan yang cantik dan merdu. Salah satu jenis burung migrasi yang memiliki kicauan yang merdu yaitu burung Anis Kuning.

Ciri khas burung Anis Kuning ini memang bisa dilihat dari suara kicauannya yang merdu dan bervariasi. Kemudian, ukuran tubuh burung Anis Kuning ini terbilang sedang seperti burung anis yang lainnya.

Daerah Persebaran Burung Anis Kuning

Burung Anis Kuning
orientalbirdimages.org

Perlu anda ketahui, jika seluruh jenis burung Anis yang habitat aslinya ada di kawasan negara kita atau yang berasal dari belahan negara Asia atau Eropa lainnya semuanya masuk dalam keluarga Turdidae.

Dan burung Anis memang merupakan jenis burung kicauan yang terkenal dengan kemerduan kicauannya. Salah satunya jenis burung yang ada di keluarga Turdidae yang menjadi perhatian yaitu jenis burung Anis Kuning ini.

Daerah persebaran burung Anis Kuning di Indonesia ini yaitu meliputi di daerah seperti Sumatera, Jawa, Sulawesi, Bali, dan juga di Flores. Kemudian, untuk habitat asli burung Anis Kunig yaitun berada di kawasan Asia Utara mulai dari Siberia, Mongolia, serta di kawasan Amurland.

Kemudian untuk negara yang dijadikan sebagai tujuan migrasi oleh burung Anis Kuning selain Indonesia diantaranya meliputi Taiwan, India, dan juga di Filipina.

Perilaku Burung Anis Kuning

Sama halnya dengan jenis burung migrasi yang lainnya. Yang mana, tujuan burung Anis Kuning pergi sementara meninggalkan habitatnya yaitu ingin mencari daerah yang memiliki iklim tropis.

Karena, di daerah asalnya saat itu sedang dilanda musim dingin tahunan dalam beberapa bulan. Untuk burung-burung migrasi ini pastinya tidak kuat untuk menahan hawa dingin bersalju yang ada di habitat aslinya.

Pada umumnya, pada saat burung Anis Kuning ini menetap sementara di hutan kita akan mencari tempat di area hutan pegunungan. Kemudian juga sering berada di hutan primer, hutan mangrove, daerah pantai, serta di tempat lainnya yang masih ditumbuhi oleh pepohonan.

Dengan demikian, bisa disimpulakn jika burung Anis Kuning ini bisa beradaptasi di kawasan yang memiliki suhu dingin maupun yang memiliki agak panas. Yang pastinya selama kondisi tubuhnya bisa menerima dengan baik.

Ciri Khas Burung Anis Kuning

Ciri Khas Burung Anis Kuning
threepark.tistory.com

Ciri khas burung Anis Kuning ini yaitu merupakan jenis burung yang bertubuh sedang yaitu burung yang ukurannya sekitar 23 cm.

Untuk ciri khas burung Anis Kuning yaitu dengan warna yang ada di bagian tubuhnya meliputi cokelat zaitun yang menyelimuti area tubuh bagian atas mulai sayap, punggung, tengkuk dekat kepala, serta pada bagian ekornya.

Selanjutnya, untuk ciri khas burung Anis Kuning yang lainnya yaitu terdapat warna putih sedikit keabu-abuan yang . Warna itu ada pada bagian kepala, alis mata, serta pada bagian perutnya.

Kemudian ciri khas burung Anis Kuning selanjutnya pada bagian dadanya diselimuti warna cokelat kemerahan terang. Yaitu hingga pada bagian sisi samping bawah sayapnya. Sedangkan, untuk bagian paruhnya agak besar dengan dibalut warna kuning dan hitam dekat ujungnya.

Kicauan Burung Anis Kuning

Ciri khas burung Anis Kuning (Turdus Obscurus) dari segi kicauan yaitu sering mengayunkan nada dengan tempo tidak terlalu rapat dan volume cukup pelan. Suara yang dikeluarkan oleh burung ini juga variasi dan terdengar sedikit agak melengking.

Jika anda ingin memelihara burung ini, supaya bisa mendapatkan suara yang berkualitas, maka sebaiknya anda merawatnya dengan sebaik mungkin.

Tinggalkan Komentar