Jenis Kandang Ternak Lovebird Yang Perlu Anda Ketahui

Burung Lovebird adalah jenis burung paruh bengkok dengan bulu indah dan suara yang merdu. Lovebird memang menjadi salah satu burung yang masih populer sampai sekarang ini di Indonesia.

Banyak sekali orang yang memelihara burung cantik ini, baik itu untuk dijadikan lomba maupun untuk hiasan di rumah saja. Burung paruh bengkok ini banyak disukai sebab keindahan warna bulunya, warna-warnanya, dan juga kicauannya yang merdu.

Kita mungkin sudah sering mengetahui berbagai perlombaan burung lovebird entah itu tingkat desa sampai dengan tingkat nasional.

Dan karena burung lovebird memiliki keindahan serta kecantikan tersebut, di dalam menangkarkan atau membudidayakannya kita perlu memberikan tempat yang layak untuk burung tersebut. Maka dari itu, kita sebaiknya membuat tempat yang indah juga.

Selain itu, jika tujuan kita memelihara lovebird yaitu untuk diternakkan, maka anda semuanya harus selalu memerhatikan kandangnya. Sebab kandang merupakan salah satu faktor yang bisa menentukan keberhasilan di dalam ternak burung itu nantinya.

Kandang Ternak Lovebird

Kandang ternak lovebird yang baik serta proporsional akan menjadikan lovebird peliharaan anda terasa nyaman. Lovebird yang terasa nyaman di dalam sangkar akan bereproduksi dengan lancar, jadi usaha ternak anda akan berjalan dengan lancar seperti yang anda inginkan.

Kandang Ternak Lovebird
Kandang Ternak Lovebird

Apabila Anda punya waktu membuat kandang ternak lovebird, bisa membuat kandang sendiri dan memerlukan biaya yang relatif sedikit jika dibandingkan dengan kita membeli kandang ternak.

Kandang Umbaran

Kandang ternak lovebird yang pertama yaitu kandang umbaran. Untuk kandang ini punya ukuran yang cukup besar. Yaitu dapat digunakan untuk banyak lovebird secara bersamaan. Kandang ini dipakai dalam melakukan seleksi indukan yang nantinya hendak diternakkan.

Sehingga nantinya akan dimasukkan berbagai burung indukan entah itu jantan dan betina. Selanjutnya jika ada 2 lovebird yang berpasangan, maka setelah itu anda dapat memindahkan pada kandang khusus yang dinamakan kandang penjodohan.

Dengan menggunakan kandang umbaran ini kita yang akan beternak lovebird akan dipermudah dalam memilih indukan mana saja yang nantinya dimungkinkan untuk dijodohkan.

Dengan begitu kita tidak perlu menyeleksi satu-satu dan memakan waktu yang lama. Langkah seperti ini mempermudah dan juga begitu efisien waktu.

Kandang Penjodohan

Kandang Penjodohan Lovebird
Kandang Penjodohan Lovebird

Sesudah membuat kandang ternak lovebird untuk umbaran dan telah ditemukan lovebird yang berpasangan, maka langkah berikutnya yang dapat anda lakukan yaitu dengan memindahkannya pada kandang penjodohan.

Hal ini bertujuan untuk mempermudah anda semua untuk memantau. Selain itu untuk lovebird juga akan lebih leluasa di dalam proses kawin nantinya.

Untuk kandang ternak lovebird ini ukurannya tidak begitu besar, yang terpenting burung lovebird yang berada di dalamnya tidak terganggu pada saat bergerak maupun terbang-terbang kecil.

Dan yang harus anda perhatikan, pada kandang penjodohan love ini sebelumnya sebaiknya disiapkan tempat untuk lovebird itu bertelur serta mengerami telur selanjutnya yang dikenal dengan istilah glodok.

Tersedia berbagai bentuk glodok untuk ternak burung lovebird ini, anda bisa bebas memilih bentuk yang mana. Akan tetapi yang harus anda perhatikan, usahakan pada glodok ini ukurannya tidak begitu besar dan tidak terlalu kecil juga.

Kemudian di dalam kandang tersebut berilah ranting-ranting yang kering, daun-daun kering, dan juga bahan alami kering yang lainnya.

Dan sesudah induk lovebird betina bertelur, maka sesudah itu lovebird akan mengerami telurnya itu. Pada waktu seperti ini usahakan anda semua jangan mengganggunya dulu.

Sebab apabila burung tersebut diganggu lovebird nantinya akan menjadi stres dan telurnya juga tidak akan berkembang.

Tinggalkan Komentar