Jenis Burung Bermahkota Dan Keistimewaan Yang Dimiliki

Jenis burung yang tersebar di dunia ini bermacam macam dan memiliki berbagai macam ciri khas dan keistimewaan tersendiri. Ada burung yang berekor panjang, ada burung yang warna warni dan ada juga jenis burung bermahkota.

Untuk burung yang bermahkota, mahkota ini terlihat sangat menarik. Beberapa jenis burung bermahkota telah dijadikan sebagai burung nasional pada negara tempat dia hidup.

Hal ini pastinya disebabkan keelokan serta keanggunannya yang begitu memukau. Akan tetapi, sangat disayangkan jika ternyata salah satu dari burung cantik antara lain seperti kakaktua bermahkota kuning, dianggap sebagai hama oleh penduduk Australia.

Kemudian jenis burung ini banyak diburu sdibrta unuh. Untuk lebih jelasnya, berikut ini jenis burung bermahkota yang perlu anda ketahui.

The Great Blue Turaco

Jenis Burung Bermahkota
Jenis Burung Bermahkota

The Great Blue Turaco merupakan burung penuh warna yang dapat dijumpai di daerah khatulistiwa Afrika Barat. Burung ini merupakan jenis terbesar dari seluruh Turacos yang dapat tumbuh sampai dengan 76 cm.

Burung ini dengan aktif diburu guna diambil daging serta bulunya. Bulu ekornya yang memiliki warna biru serta kuning begitu berharga untuk dijadikan alat keberuntungan.

Dan kerap juga dinamakan dengan Kolonvo. Sebaiknya pemburuan burung ini diminimalisir agar burung ini tidak menjadi punah di habitat aslinya.

Kakatua Mahkota Kuning

Kakatua Mahkota Kuning
Kakatua Mahkota Kuning

Jenis burung bermahkota selanjutnya adalah Kakatua Mahkota Kuning. Ciri khas yang membedakan burung kakatua dengan burung paruh bengkok lainnya yaitu memiliki bulu jambul atau mahkota pada bagian ubun-ubun kepalanya.

Bulu jambul ini bisa ditegakkan apabila burung kakatua sedang terkejut, gembira ataupun saat ketakutan. Burung cantik yang memiliki kulit putih indah dihiasi dengan puncak kuning.

Jenis burung kakatua ini biasanya kita lihat sebagai hewan peliharaan. Akan tetapi, pada beberapa wilayah di Australia burung ini dinilai sebagai hama serta perlu dibunuh.

Burung ini begitu cerdas dan serta ingin tahu. Seekor kakatua yang memiliki nama Snowball bahkan pernah dinyatakan sebagai hewan pertama yang bisa menyesuaikan gerakan dengan iringan musik.

Biurung kakatua mahkota kuning memiliki ukuran tubuh kurang lebih sekitar 45 cm. Untuk bagian bulu tubuhnya berwarna putih dengan jambul yang berwarna kuning.

Penyebaran burung kakatua mahkota kuning ini meliputi daerah Kepulauan Maluku, Irian Jaya sampai dengan kawasan Australia. Jenis burung ini memiliki 4 ras atau anak jenis.

Jenis Kakatua Mahkota Kuning

Di wilayah Indonesia hanya terdapat 2 anak jenis. Antara lain yaitu Cacatua galerita eleonora serta Cacatua galerita triton.

Dua anak jenis yang lainnya antara lain yaitu Cacatua galerita galerita yang ada di Australia. Kemudian juga ada Cacatua galerita fitzroyi di kawasan Australia bagian utara.

Untuk Cacatua galerita eleonora adalah jenis burung kakatua jambul kuning ukuran medium ataupun ukuran sedang.

Ciri khas lain yaitu kelopak matanya yang berwarna putih. Penyebarannya juga meliputi daerah sekitar P. Aru.

Sedangkan untuk Cacatua galerita triton merupakan jenis kakatua jambul kuning yang memiliki ukuran besar. Ukuran tubuhnya lebih besar jika dibandingkan Cacatua galerita eleonora.

Perbedaannya dengan Cacatua galerita eleonora yaitu bagian kelopak mata Cacatua galerita triton yang memiliki warna biru muda. Penyebarannya pada sekitar wilayah Irian Jaya.

Ayam Hutan Bermahkota

Crested Partridge merupakan jenis burung bermahkota dan jenis burung tropis yang dijumpai di hutan hujan Asia Tenggara. Burung berbentuk bulat dan untuk bagian ekor pendek yang menampilkan dimorfisma seksual.

Untuk jenis burung pejantan mempunyai bulu byang erwarna hijau metalik gelap serta pial yang berwarna merah lembut yang tinggi.

Sedangkan untuk burung betina mempunyai tubuh hijau tanpa pial. Burung ini juga tidak bisa terbang jauh. Akan tetapi burung ini terbang hanya apabila diperlukan saja.

Tinggalkan Komentar