Inilah Penyebab Burung Pleci Angkat 1 Kaki Saat Lomba

Burung pleci adalah jenis burung mungil yang memiliki suara dencingan yang khas. Bahkan karena kualitas kicauan kicauan yang bagus, burung ini kerap diikutkan dalam acara perlombaan burung kicauan.

Di dalam perlombaan terkadang burung pleci mengalami berbagai macam permasalahan. Salah satunya kita kerap melihat burung pleci mengangkat sebelah kakinya ketika berbunyi (ngalas/ngerol).

Keadaan yang seperti itu dikeluhkan oleh para pecinta burung pleci. Sebab hal tersebut dapat mengurangi penampilannya, khususnya pada saat burung sedang dilombakan.

Burung pleci yang perilakunya seperti itu harus segera diatasi. Walaupun dia jalan dan bisa gacor ketika digantang. Akan tetapi pleci yang angkat 1 kaki kurang dinilai oleh juri. Sebab juri lebih melihat burung yang berdiri tegap atau kedua kakinya berdiri serta mencengkram kuat.

Penyebab Burung Pleci Angkat 1 Kaki Saat Lomba

Penyebab Burung Pleci Angkat 1 Kaki Saat Lomba
Penyebab Burung Pleci Angkat 1 Kaki Saat Lomba

1. Tangkringan tidak nyaman/tidak cocok

Kenyamanan maupun kecocokan tangkringan memang termasuk salah satu kesuksesan ketika burung dilombakan.

Pleci yang sudah merasa nyaman dengan model tangkringan, ukuran diameter tangkringan, bahan/jenis kayu yang digunakan untuk tangkringan akan menikmatinya pada saat berkicau.

Burung pleci tersebut juga akan merasa betah pada satu titik tangkringan.

2. Sangkar tidak nyaman atau tidak cocok

Selain tangkringan, penyebab burung pleci angkat 1 kaki ketika dilombakan yaitu karena sarang. Burung pleci yang telah gacor dan memenuhi syarat untuk ikut serta pada acara lomba, mungkin akan mengangkat 1 kakinya.

Sebab sangkarnya tidak cocok dengan yang dia inginkan. Akan tetapi kenyamanan sangkar tidak begitu dirasakan oleh burung yang telah sangat mapan.

Burung pleci yang dinilai telah sangat matang, model, jenis, ukuran dan harga tidak berpengaruh.

Kemudian burung pleci yang istimewa ini akan tetap gacor meskipun dipindah-pindah sangkar untuk lomba maupun untuk harian.

3. Telapak kaki burung luka/bengkak

Penyebab burung pleci angkat 1 kaki saat lomba bisa jadi karena kakinya bengkak. Amati dengan seksama, melihat burung pleci yang mengangkat 1 kaki dan tidak terlalu gacor.

Bisa jadi burung terlihat murung, kembung dan tidak bergairah. Mungkin saja hal tersebut dikarenakan telapak kaki burung mengalami luka, baik memar, robek maupun karena bengkak.

Sikapnya mengangkat 1 kaki seperti takut untuk bertengger dengan sempurna.

4. Kondisi burung saat lomba kurang fit

Burung Pleci Kurang Fit
Burung Pleci Kurang Fit

Periksa lagi kesehatan burung sebelum dilombakan. Sebab keadaan kesehatan burung itu termasuk faktor yang begitu berpengaruh pada jalannya lomba.

Burung pleci yang kurang fit juga bisa mengalami beberapa kendala atau masalah yang salah satunya yaitu angkat 1 kaki.

Cara melihat burung yang sehat hanya sederhana yaitu dengan melihat kotorannya. Apabila kotorannya kering, dapat dipastikan burung sedang dalam keadaan sehat.

5. Sifat/ karakter burung pleci

Ketika digantang burung pleci tampil dengan durasi maksimal, dia aktif selama gelaran lomba berlangsung. Burung tersebut membawakan kicauannya dengan gaya ngototnya, akan tetapi dia sambil mengangkat 1 kaki.

Hal tersebut masih mending sebab juri masih akan memberikan nilai.

Akan tetapi apabila dibandingkan dengan burung yang jalan ketika lomba yang gacor dengan gaya ngotot dan bertengger sempurna, pastinya burung pleci yang angkat 1 kaki akan jauh tertinggal dalam hal penilaian.

6. Ruas jari kaki terkilir

Penyebab burung pleci angkat satu kaki ketika lomba bisa jadi karena ada permasalahan ynag terjadi di bagian kakinya. Mungkin bisa saja hal ini dikarenakan kakinya terkilir.

Kemudian naluri seekor burung mengobatinya dengan cara mengambil hangat dari bulu-bulu pada bagian tubuhnya.

Tinggalkan Komentar