Inilah Makanan Utama Lovebird Agar Ngekek Terus

Lovebird adalah burung peliharaan unik yang banyak dilombakan karena kualitas suaranya dan keunikan bentuk fisiknya. Untuk menciptakan lovebird yang berkualitas, diperlukan perawatan yang pas terutama pada makanan utama lovebird.

Banyak dari pemelihara lovebird yang masih merasa kebingungan dengan pemberian pakan lovebird. Sebab mereka belum mengetahui jenis makanan utama lovebird dan makanan tambahan.

Makanan Utama Lovebird
Makanan Utama Lovebird

Dengan denikian bisa jadi para lovebird mania pemula salah di dalam memberikan pakan, entah itu salah dalam pemberian pakan utama ataupun ekstra fooding. Ada yang memberikan pakan utama berupa milet putih yang dicampur dengan canary seed.

Selain itu ada yang memberikan pakan racikan yang banyak dijual. Umumnya termasuk campuran antara milet putih, canary seed, biji kwaci, beras merah, dan lain sebagainya.

Makanan Utama Lovebird

Selain memberikan pakan tambahan di dalam perawatan sehari harinya, lovebird ternyata juga membutuhkan beberapa jenis makanan tambahan lain.

Seperti halnya pemberian vitamin serta suplemen kusus yang berfungsi untuk membangkitkan gairah lovebird agar di hasilkan stamina serta kualitas yang lebih baik lagi.

Sebab burung lovebird yang satu ini sangat memerlukan beberapa asupan nutrisi dan juga gizi yang cukup. Hal ini dikarenakan lovebird merupakan burung yang aktif dalam bergerak.

Terlebih lagi apabila lovebird yang sudah dewasa serta sudah bisa berkicau dengan kicauan yang sempurna. Dengan begitu pakan tambahan perlu kita berikan.

Agar lovebird anda bisa memiliki suara yang gacor atau ngekek terus, anda harus memberikan jenis makanan utama lovebird yang berkualitas seperti berikut ini.

Milet Putih atau Merah

Sama seperti burung kenari, blackthroat, parkit dan juga burung finch, lovebird juga begitu menyukai menyantap milet putih dan juga milet merah.

Selain itu, makanan biji-bijian ini termasuk konsumsi pokok yang sudah sering diberikan pada lovebird oleh para pecinta burung kicauan tanah air.

Milet Untuk Lovebird
Milet Untuk Lovebird

Jenis makanan utama lovebird ini memiliki kandungan nutrisi tinggi yang sangat diperlukan oleh berbagai jenis burung pemakan biji-bijian yang lainnya.

Manfaat dari milet untuk jenis burung paruh bengkok ini diantaranya bisa menjadikannya lebih sehat, aktif, dan pastinya rajin gacor.

Tak hanya itu saja, milet juga telah dipercaya untuk menjaga kebutuhan nutrisi burung pada saat terkena penyakit mata atau snot yang sudah sering sekali melanda lovebird.

Hal yang sebaiknya anda perhatikan yaitu pada takaran pemberian jenis makanan utama lovebird tersebut. Sebab milet juga memiliki kandungan karbohidrat, oleh sebab itu, sebaiknya anda tidak menyajikan dengan cara berlebihan.

Jika pemberiannya sampai berlebih, kedepannya nanti akan berdampak kurang baik bagi burung peliharaan anda tersebut. Jika kelebihan burung bisa mengalami obesitas atau kegemukan.

Apabila hal tersebut sampai terjadi, burung justru akan menjadi malas-malasan bahkan sampai macet bunyi dan hal ini tidak baik bagi burung yang khusus untuk dilombakan.

Dengan demikian, meskipun bijian ini sangat dibutuhkan, namun anda bisa memberikan jenis makanan utama lovebird ini secara bervariasi, contohnya diselang-seling dengan canary seed.

Banyak sekali jenis pakan tambahan biji yang dapat dberikan oleh pemelihara burung lovebird. Diantaranya seperti milet, biji kenari, ketan hitam, jagung muda dan semua pakan biji juga dapat anda berikan secara kombinasi.

Pencampuran dari pakan ini bertujuan supaya lovebird bisa memilih sesuai pakan yang di sukainya.Manfaat dari makanan utama berupa biji sendiri mampu untuk menjadikan suara keras. Kemudian untuk ketan hitam juga bisa untuk menjadikan lovebird memiliki umur yang panjang.

Tinggalkan Komentar