Inilah Jenis Lovebird Cantik Asal Afrika dan Karakteristiknya

Burung Lovebirds ternyata aslinya berasal dari wilayah Afrika. Akan tetapi sudah menyebar di berbagai macam wilayah di dunia. Saat ini di Indonesia sudah banyak spesiesnya. Akan tetapi beberapa spesis burung ini banyak ditangkapi oleh para pemburu dengan menggunakan berbagai macam jerat.

Dengan adanya pemburuan dengn cara seperti ini akan menjadikan menipisnya seluruh populasi dari burung jenis ini. Dalam habitatnya di alam liar burung lovebird ini sering tampak hidup berkelompok, pada umumnya terdiri dari 5 sampai dengan 20 ekor burung.

Mereka cenderung selalu bersama dalam setiap aktivitasnya menjadi satu keluarga besar dan hanya dalam musim kawin saja mereka bisa hidup terpisah dan juga berpasangan.

Jenis Lovebird Cantik Asal Afrika
Jenis Lovebird Cantik Asal Afrika

Lovebird cantik asal Afrika memang begitu memukau para pecinta burung kicauan yang ada di mana saja. Berikut ini jenis lovebird cantik asal Afrika.

Lovebird Dakocan

Lovebird Dakocan Hijau adalah jenis lovebird cantik asal Afrika yang memiliki bulu dominan dengan warna hijau yang memiliki variasi berwarna kuning pada bagian dada serta leher dan juga berkepala hitam.

Untuk Lovebird Dakocan Biru mempunyai ciri khas warna dominan biru dengan warna biru muda atau warna biru pucat (pastel) pada bagian leher serta di bawah ekor.

Tak hanya itu saja, ujung ekornya pada umumnya berwarna hitam. Sedangkan di bagian kepala, Lovebird Dakocan Biru juga punya warna kepala hitam.

Burung jenis ini mempunyai kelebihan yang cukup banyak, dari mulai bagian bulunya atau warnanya yang bagus, selain itu juga suaranya yang terkenal bisa gacor dan ngerol.

Untuk sifat yang dimiliki jenis burung ini diantaranya adalah sensitif. Maka dari itu saat memelihara membutuhkan perawatan ekstra.

Lovebird Kerah Hitam

Lovebird Kerah Hitam
Lovebird Kerah Hitam

Lovebird kerah hitam adalah jenis lovebird cantik asal Afrika yang cirinya memiliki bulu umumnya berwarna hijau. Lalu warnanya sedikit lebih pucat di bagian kepala dan tubuh bagian bawah. Bagian tunggir serta bagian punggung warnanya biru.

Bulu lovebird di bagian bawah sayap berwarna hijau, bulu ekor berwarna hijau. Dan yang menjadi ciri khas yaitu kerah hitam yang sempit pada bagian tengkuknya.

Semua leher pada bagian kerah warnanya kuning serta kadang-kadang dengan sedikit warna yang memudar. Bagian paruhnya berwarna hitam keabu-abuan dan bagan iris berwarna kuning.

Lovebird jenis ini kerap bersembunyi diatas pohon–pohon hutan sebab lovebird jenis ini termasuk jenis lovebird yang sifatnya pemalu. Lovebird kerah hitam juga jarang ditangkarkan. Sebab mereka memerlukan benih ara jenis tertentu atau daging ara untuk dijadikan dasar pakan utama lovebird sehari hari mereka.

Karena sulitnya jenis pakan ini akan menjadi alasan utama susahnya menangkarkan jenis love bird ini.

Lovebird Muka Merah

LoveBird muka merah adalah jenis lovebird cantik asal Afrika yang diyakini punya daerah jangkauan lebih luas dibandingkan love bird jenis lain. Burung ini berada di pesisir pantai di Afrika Tengah sampai di barat Ethiopia.

Love Bird muka merah juga sulit sekali untuk ditangkarkan. Untuk tingkat kesulitannya berada di penyediaan kandang harus disesuaikan dengan habitat asli mereka ketika hidup dan berkembang biak di alam bebas. Kemudian pesies ini juga terkenal sangat pemalu.

Saat di alamnya, lovebird muka merah membuat sarangnya di sarang rayap yang berada di pohon atau kadang kadang di tanah. Dalam membuat sarang sang betina harus menggali terowongan hingga Panjang 30 cm dan di sarang rayap hidup dalam koloni dengan love bird lain.

Tinggalkan Komentar