Inilah Cara Merawat Burung Pleci Agar Cepat Gacor

Burung pleci yang pandai berkicau bisa dijual dengan harga yang tinggi. Nah, agar cepat gacor, lakukanlah beberapa hal berikut ini. Bagi orang awam, membedakan jenis burung mungkin bukan hal yang gampang. Apalagi jika ciri-ciri fisik burung tersebut hampir sama dengan burung lain. Namun, hal itu tidak berlaku bagi burung pleci. Unggas yang mungil dan cantik ini memiliki tampilan yang sangat khas sehingga mudah dikenali, yaitu bulatan kecil berwarna putih di sekitar mata. Ini membuat pleci tampak seperti sedang mengenakan kacamata. Selain bentuk tubuh yang indah, pleci juga memiliki kicauan yang merdu.

Bagi para pencinta burung, suara pleci bisa dibedakan dalam 3 karakter, yaitu ngalas, ngerol, dan kombinasi keduanya. Nah, untuk mengeluarkan karakter kicauan pleci yang Anda pelihara, diperlukan perawatan yang baik dan serius. Lalu, apa saja langkah-langkah perawatan dan pemeliharaan pleci agar cepat gacor? Simak ulasannya berikut ini.

1. Lakukan Pemasteran Rutin

Pemasteran Pleci
Pemasteran Pleci

Pemasteran adalah sebuah aktivitas memperdengarkan rekaman kicauan pada burung. Hal ini dilakukan agar burung cepat mahir berkicau dan menirukan suara masteran yang secara rutin diperdengarkan tersebut. Untuk pleci, pemasteran bisa menggunakan 3 jenis kicauan yang berbeda. Masing-masing diputar dengan durasi 30 hingga 60 detik selama 3 kali dalam waktu yang berbeda, yaitu pagi, siang, dan sore.

2. Berikan Pakan yang Cukup dan Bergizi

Pakan Bergizi Pleci
Pakan Bergizi Pleci

Bukan hanya manusia, burung juga membutuhkan makanan yang cukup dan bergizi agar dapat beraktivitas dengan maksimal. Dalam hal ini, burung akan lebih termotivasi untuk berkicau apabila ia makan dengan baik. Pakan yang bisa diberikan untuk pleci adalah buah-buahan, seperti pepaya, pisang kepok, apel, dan sebagainya.

Selain itu, pleci pun perlu diberikan extra fooding atau makanan tambahan seperti kroto (telur semut rangrang) dan ulat hongkong. Pleci juga membutuhkan nektar. Jika kesulitan mendapatkan nektar asli, Anda bisa membuat tiruannya dari air gula, yaitu dengan melarutkan gula di dalam air. Perbandingannya adalah 4:1.

Supaya tidak bosan, Anda juga perlu memperhatikan takaran makanan burung pleci. Jangan memberikan makanan yang sama berturut-turut atau justru dalam jumlah yang terlalu banyak karena bisa membuat burung justru malah mogok berkicau.

3. Jemur Pleci Secara Rutin

Jemur Pleci
Jemur Pleci

Jika Anda memelihara burung pleci, hal yang tidak boleh Anda lupakan adalah menjemurnya secara rutin. Bukan hanya pleci, penjemuran adalah kebutuhan penting bagi semua jenis burung. Anda bisa menjemur pleci pada pagi hari saat matahari terbit atau pada sore hari saat matahari terbenam.

Sebelum dijemur, ada baiknya Anda memandikan pleci terlebih dahulu. Caranya adalah menyemprotkan air ke dalam kandang burung ini. Apabila Anda memiliki banyak pleci, jemurlah semuanya secara bersamaan di tempat yang sama. Hal ini bertujuan untuk merangsang burung-burung tersebut berkicau bersahut-sahutan. Sembari berjemur, pleci peliharaan Anda pun bisa berlatih mengeluarkan kicauan dengan lantang.

4. Latih Pleci dengan Kegiatan Fisik

Melatih Pleci
Melatih Pleci

Seperti halnya manusia, pleci akan merasa prima jika rajin berolahraga atau menggerakkan badan. Padahal, pleci terkurung dalam kandang yang cukup sempit. Untuk menyiasati hal ini, Anda bisa menaruh tempat bertengger dengan jarak yang agak jauh. Dengan demikian, pleci akan aktif melompat ke sana kemari.

Latihan seperti ini bisa membuat tubuh pleci lebih ringan karena lemak tubuhnya terbakar dengan maksimal. Selain itu, nafasnya pun lebih panjang. Ini akan membuat kicauannya lebih lantang. Burung pleci yang senang berkicau tentu akan menimbulkan kebanggaan tersendiri bagi si pemilik. Oleh karena itu, jika Anda ingin membuat pleci yang Anda miliki cepat gacor, cobalah mengikuti tips-tips tersebut.

Tinggalkan Komentar