Inilah 4 Jenis Kenari Asal Spanyol Yang Perlu Anda Tau

Seluruh jenis burung kenari yang kita ketahui sesungguhnya keturunan dari kenari liar yang ada di Kepulauan Canary.

Kepulauan ini sesungguhnya merupakan wilayah Spanyol, akan tetapi jika secara geografis terletak pada sebelah barat laut perbatasan Maroko dan juga Gurun Sahara, Afrika.

Dulunya ada beberapa orang Spanyol yang bermukim di Canary Islands. Selanjutnya mengekspor kenari liar jantan pada negara-negara yang lainnya.

Ada juga yang mengembangbiakkan serta menyilangkannya berbagai macam jenis burung finch. Dengan demikian bisa menghasilkan beberapa varietas seperti yang kita kenal sekarang ini.

Jenis Kenari Asal Spanyol

Jenis Kenari Asal Spanyol
Jenis Kenari Asal Spanyol

Sampai sekarang ini, di Spanyol ada sebanyak empat varietas kenari yang paling popular, dan banyak dikembangbiakkan juga di negara lain. Berikut ini 4 jenis kenari asal spanyol yang bisa anda ketahui.

Spanish timbrado

Spanish timbrado adalah salah satu jenis kenari asal spanyol yang paling populer, termasuk di Indonesia. Kicauannya juga sudah dinilai bagus dan berirama.

Jenis ini termasuk hasil persilangan antara kenari liar dan burung penyanyi Spanyol.

Walaupun kicauannya bisa keras, akan tetapi lagu-lagunya justru mengalun dengan tidak kasar.

Meskipun spanish timbrado merupakan singer canary (kenari suara), jenis kenari asal spanyol ini juga bisa dikembangkan untuk kenari postur, khususnya dari segi warnanya.

Selama ini spanish timbrado diketahui dari warnanya yang biru. Akan tetapi sekarang kita dapat menemukan beraneka macam kenari spanish timbrado dengan warna yang berbeda-beda.

Misalnya seperti hijau, kuning, putih, cinnamon, dan lain sebagainya.

Entah itu burung jantan atau burung yang betina, mereka sama-sama bisa bernyanyi, tapi burung jantan punya irama lagu yang lebih panjang.

Spanish Giboso

Kenari giboso ini punya postur tubuh yang bisa dikatakan cukup unik. Penampilan dari jenis burung kenari ini sangat mirip dengan kenari italian gibber.

Akan tetapi, kenari giboso punya postur tubuh yang jauh terlihat lebih membungkuk, bahkan kepala bungkuknya terdapat di bawah garis horisontal. Bahkan mirip sekali dengan kenari belgian fancy.

Kenarispanish giboso juga telah dikembangbiakkan di Spanyol sejak tahun 1984. Kenari spanish giboso yang memiliki leher panjang termasuk hasil dari mutasi, maka dari itu mempunyai serviks vertebrata tambahan (extra cervical vertebrata).

Spanish Raza

Spanish Raza
Spanish Raza

Kenari spanish raza memang belum begitu banyak dikenal oleh pecinta kenari, sebab merupakan jenis kenari yang sangat langka dan tidak banyak yang mengembangkannya. Namun jenis kenari asal spanyol ini sudah mulai sering masuk ke Indonesia.

Spanish raza telah dikembangbiakkan di Spanyol pada tahun 1931. Untuk jenis ini memang didesain hanya sebagai kenari penyanyi / kenari suara. Burung ini juga dapat hidup selama 10 tahun untuk burung jantan, dan untuk burung betina sekitar 5-6 tahun saja.

Burung kenari raza memiliki ciri khas yaitu mempunyai bentuk dan penampilan yang hampir sama seperti jenis kenari pada umumnya. Akan tetapi ukurannya lebih kecil dengan lagunya pun juga terdengar cukup menarik.

Tak hanya itu saja, burung jantan biasanya juga sangat produktif. Dengan demikin burung ini biasa dijadikan sebagai alternatif indukan bagi Anda yang hendak menyilangkannya dengan varietas kenari yang lainnya.

Kenari llarguet

Kenari llarguet nama aslinya sebenarnya spanish llarguet canary. Jenis burung ini merupakan varietas terbaru kenari Spanyol yang dikembangkan sejak tahun 1996. Dengan demikian, umur varietas ini baru delapan tahun.

Spanish llarguet juga termasuk hasil dari persilangan dari kenari-kenari pilihan mulai dari jenis levantina, sevillan, dan juga burung kenari umum yang lainnya.

Tinggalkan Komentar