Perbedaan Burung Bayan Roratus dan Vosmaeri Cukup Mudah Dikenali

Burung bayan atau biasa disebut dengan nuri bayan merupakan burung yang berukuran sedang, serta panjang sekitar 43 cm. Tidak seperti jenis burung lainnya yang sulit untuk dibedakan antara jantan dan betinanya.

Pada burung bayan kita cukup mudah untuk membedakan antara burung betina dengan burung jantan yakni dengan membedakan warna bulu yang mencolok diantara keduanya.

Terdapat beberapa jenis burung bayan diantaranya bayan vosmaeri dan roratus. Lalu bagaimana mengetahui perbedaan burung bayan roratus dengan vosmaeri?

Perbedaan Burung Bayan Roratus dan Vosmaeri Cukup Mudah Dikenali
pinterest.com

Perbedaan Burung Bayan Roratus dan Vosmaeri Cukup Mudah Dikenali

Burung bayan merupakan salah satu spesies kelompok burung paruh bengkok yang mempunyai daya tarik tersendiri. Untuk membedakan jenis burung jantan dan betina anda dapat melihat perbedaan warna bulunya.

Pada burung jantan memiliki bulu berwarna hijau dengan sayap bagian bawah dan sisi dada berwarna merah dengan biru,serta memiliki kaki yang berwarna abu-abu kehitaman.

Burung bayan jantan memiliki paruh berwarna jingga kemerahan yang ujungnya berwarna kuning, sedangkan paruh bagian bawah berwarna hitam.

Sedangkan untuk burung betina memiliki bulu berwarna merah, pada bagian dada dan punggung berwarna biru keunguan. Pada umumnya jenis bayan betina berukuran lebih kecil dari jenis jantannya. Bayan betina memiliki paruh berwarna hitam.

Perbedaan Burung Bayan Roratus dan Vosmaeri

Terdapat beberapa jenis burung bayan, dua diantaranya adalah bayan roratus dan vosmaeri. Masing-masing jenis burung ini memiliki perbedaan yang cukup mudah dikenali. Perbedaan tersebut diantaranya adalah:

1. Perbedaan Wilayah Persebaran

Burung bayan roratus dan vosmaeri merupakan dua jenis burung bayan yang berasal dari daerah Maluku, akan tetapi berbeda kawasan. Untuk burung bayan roratus berasal dari Maluku Utara, sedangkan vosmaeri dari Maluku Selatan.

2. Perbedaan Fisik

Pada umumnya kedua jenis burung bayan ini tidak banyak memiliki perbedaan yang mencolok kecuali perbedaan yang sangat spesifik. Pada burung bayan roratus jenis betinanya hampir mirip dengan burung betina jenis vosmaeri.

Pembedanya pada warna bulu, untuk jenis roratus memiliki warna kuning, selain pada bagian ujung ekor bagian dalam serta terdapat pada tunggir.

Untuk jenis vosmaeri betinanya memiliki warna ungu yang menutup seluruh bagian perut dan dada. Pada burung bayan roratus memiliki sayap lebih panjang serta membundar dan bagian ekornya berbentuk menyegi.

Untuk jenis jantannya, pada burung bayan vosmaeri pada bagian dada memiliki bercak merah, pada ekor bagian dalam memiliki warna hitam, serta berwarna kuning muda pada ujung ekor bagian dalam. 

Sedangkan untuk bayan roratus jantan didominasi dengan warna hijau, yang kedua sisi perut memiliki warna merah. Dengan sayap berwarna biru, serta memiliki paruh yang berwarna merah jingga serap pada ujung berwarna kuning. Pada kaki berwarna abu-abu kehitaman.

3. Ukuran

Mengenai ukuran tubuh, burung bayan vosmaeri memiliki ukuran panjang kurang lebih 50cm, akan tetapi ukuran ini tidak dapat dipastikan. Dengan berat badan sekitar 378 hingga 560 kg. Jenis burung ini memakan buah-buahan serta biji-bijian.

Sedangkan untuk jenis bayan roratus memiliki ukuran badan kurang lebih 43 cm, dengan berat badan sekitar 375 sampai dengan 550 kg. Sama dengan burung bayan vosmaeri, burung bayan roratus juga memakan jenis makan yang sama yakni buah-buahan serta biji-bijian.

Bagi anda yang tertarik untuk memelihara burung jenis ini, selain mengetahui berbagai perbedaannya juga harus memperhatikan perawatan serta kesehatannya. Dengan mengetahui perbedaan burung bayan roratus dan vosmaeri akan semakin memudahkan bagi anda dalam proses pemeliharaannya.

Kategori Nuri