Cara Merawat Trotolan Lovebird Yang Baru Menetas

Banyak orang yang punya keinginan merawat burung lovebird sebagai hewan peliharaan. Sebab burung cantik ini suaranya terdengar sangat merdu. Banyak juga yang ingin memiliki burung dengan bulu cantik ini untuk dijadikan peliharaan atau burung hias di rumah anda.

Tapi, untuk pemula atau yang baru saja memperoleh trotolan burung yang baru menetas dari telurnya harus tau cara merawat trotolan lovebird kecil tersebut.

Cara Merawat Trotolan Lovebird
Cara Merawat Trotolan Lovebird

Lovebird adalah salah satu spesies burung yang sampai saat ini banyak digemari. Delapan dari spesies dari burung yang bisa bertahan hidup antara 10 sampai dengan 15 tahun.

Dan jenis burung ini diperkirakan asalnya dari negara Afrika. Kemudian untuk satu spesies yang lainnya berasal dari Madagaskar, antara lain yaitu spesies lovebird yang memiliki kepala abu-abu.

Cara Merawat Trotolan Lovebird

Meloloh anakan lovebird yang baru menetas meripakan hal yang tidak mudah untuk dilakukan. Ketika lovebird anda masih berumur sehari atau baru menetas, anakan lovebird pasti mudah mati jika tidak mendapatkan perawatan yang semestinya.

Akan tetapi untuk peternak lovebird yang telah terbiasa saat merawat, maka anakan lovebird ini dapat hidup hingga dewasa.

Jadi ketika merawat trotolan lovebird, sebaiknya diloloh dari baru menetas sampai burung tersebut bisa makan sendiri. Kunci dari perawatan yaitu harus memiliki ketekunan atau ketelatenan untuk melolohnya.

Banyak anakan lovebird yang baru menetas namun telurnya ditetaskan menggunakan alat mesin penetas telur atau dengan inkubator.

Alat inkubator ini juga dinilai lebih efektif jika dibandingkan indukan yang mengeraminya. Jika menetasnya dengan mesin penetas telur lovebird dapat menetas seluruhnya kecuali telur yang tidak dibuahi atau kosong.

Langkah untuk memulai memasukan telur pada mesin penetas yaitu pada saat telur lovebird sudah dierami kurang lebih seminggu barulah telur itu akan diambil dari sarang. Setelah itu baru ditetaskan menggunakan mesin penetas.

Tujuan penetasan telur lovebird menggunakan alat ini supaya indukan lovebird semakin cepat produksi. Sehingga setiap bulan indukan lovebird dapat terus berproduksi.

Cara Meloloh Trotolan Lovebird Yang Baru Menetas

Pada saat anakan baru menetas, anda bisa menunggu kurang lebih dua jam setelah itu baru diloloh oleh pemeliharanya. Pakan yang dipakai yaitu pakan khusus lolohan lovebird.

Terkadang di pasaran juga ada makanan untuk meloloh lovebird dari menetas hingga sampai dewasa. Anda dapat memberikan pada trotolan dengan pakan lolohan khusus lovebird yang sangat halus. Pakan lolohan tersebut dibuat bubur yang encer sekali.

Cara Meloloh Trotolan Lovebird
Cara Meloloh Trotolan Lovebird

Cara merawat trotolan lovebird yang baru menetas yaitu dengan menyuapinya. Anda bisa menggunakan dengan botol bekas cuka yang ujungnya telah dibuat runcing.

Selanjutnya anda bisa menyuapkannya sedikit demi sedikit makanan lolohan tersebut pada anakan lovebird. Pada saat anda meloloh sebaiknya dilihat pada bagian temboloknya.

Jika pada bagian temboloknya sudah terlihat cukup besar, maka sebaiknya jangan diberi lagi, meskipun trotolan lovebird masih merengek untuk disuapi makanan tersebut.

Terlebih lagi bagi piyik yang baru menetas, maka pemberian pakan cukup sedikit saja. Pemberian lolohan untuk trotolan lovebird yang baru menetas hingga umur dua minggu dapat anda lakukan setiap 3 jam sekali.

Setelah anakan lovebird tersebut berumur seminggu ke atas hingga dengan umur mencapai 1 bulan, maka anakanbisa diloloh setiap 4 jam sekali.

Dan sesudah anakan lovebird tersebut umur di atas satu bulan hingga lovebird tersebut bisa makan sendiri, maka anakan bisa diloloh dalam setiap 5 jam sekali.

Pada saat melolohnya cukup hingga jam 9 malam saja. Sebab lovebird yang umurnya baru satu bulanan tidak akan makan lagi hingga malam hari.

Tinggalkan Komentar