8 Fakta Burung Cendrawasih dengan Kecantikannya

Siapa diantara anda semua yang tidak kenal dengan burung cendrawasih? Karena kecantikannya, burung ini jadi salah satu daya tarik utama bagi provinsi Papua. Tapi mungkin sebagian besar dari anda belum tahu fakta burung cendrawasih yang menarik. Karena ternyata burung ini menyimpan berbagai macam karakter unik yang jarang diketahui orang.

Burung cendrawasih adalah anggota paradisaeidae yang berasal dari ordo passeriformes. Asal burung ini dari Papua tapi banyak juga ditemui di Australia dan Papua Nugini. Karena bulunya yang indah, burung Cendrawasih diberi gelar sebagai burung dari surga yang punya telur hanya satu untuk jenis burung besar dan 2 atau 3 pada jenis burung kecil. Selanjutnya kita akan kupas fakta burung cendrawasih yang menarik untuk diikuti.

Fakta Burung Cendrawasih yang Unik

Wajibbaca.com

Burung cendrawasih memiliki ukuran beragam tergantung dari spesiesnya. Seperti pada spesies kingdom bird of paradise yang punya ukuran 15 cm sampai spesies black sicklebill dengan ukuran 110 cm. Burung ini terdiri dari 43 spesies dan 14 genus . Diantara semua itu, yang paling populer yaitu paradisaea apoda atau cendrawasih kuning besar yang asalnya dari genus paradisaea.

1. Karakter Burung Cendrawasih

Burung ini memiliki karakteristik utama berupa warna bulu yang cerah dan sangat menarik perhatian seperti warna hijau, kuning, biru dan merah. Cendrawasih umumnya dinamakan sesuai warna dominan nya seperti cendrawasih kuning besar, cendrawasih kuning kecil atau cendrawasih merah.

2. Burung Cendrawasih Sempat Jadi Komoditi Perdagangan

Karena kecantikan burung ini, sampai-sampai dinamai dengan bird of paradise atau dijuluki dengan burung surga. Yang memberikan julukan ini adalah orang Inggris yang sebelumnya tidak percaya tentang eksistensi burung tersebut. Bahkan burung cendrawasih juga sempat jadi hadiah bagi raja-raja di tahun 1522 sesudah orang Eropa mengakui eksistensinya.

Bukan itu saja, kecantikan bulunya juga sempat jadi komoditas perdagangan perdagangan di akhir abad 19 dan di awal abad 20. Sebab bulunya jadi tren untuk menghias topi yang dilakukan oleh wanita di Eropa.

3. Habitat Burung

Cendrawasih hanya bisa ditemukan di Indonesia yang berada di bagian timur seperti Papua, pulau di selat Torres, Papua Nugini dan juga bagian timur Australia. Dari sebanyak 41 spesies cendrawasih di Indonesia 37 diantaranya berada di Papua. Habitat aslinya berada di hutan lebat yang ada di dataran rendah.

4. Burung Ini Populer karena Acara TV

Pertama kali kepopuleran Cendrawasih di barat adalah tahun 1996 popularitas ini dikarenakan program televisi yang dipandu penyiar dan pecinta alam David Attenborough. Ketika itu Attenborough mengambil cuplikan tentang kehidupan cendrawasih ketika dirinya sedang berada dalam perjalanan di wilayah Papua Nugini. Di dalam video tersebut, dirinya memperlihatkan kebiasaan makan dan juga kawin. Serta atribut yang diusung dari spesies cendrawasih tertentu.

5. Punya Ritual Kawin Unik

Cendrawasih jantan punya bulu berwarna cerah dan ritual tarian yang mana dimanfaatkan untuk menarik perhatian dari cendrawasih betina. Tarian dari cendrawasih jantan termasuk spektakuler, sebab bisa menampilkan fleksibilitas bulu dan juga bentuk badan mereka yang bisa menonjolkan keindahan warna bulu yang dimilikinya.

Sementara itu cendrawasih jantan juga selalu serius untuk mempersiapkan ritual menari tersebut. Mereka bahkan tampak membersihkan paruh mereka dan juga lingkungan di sekitar sarangnya yang bertujuan menjadi panggung ritual dari tarian mereka.

6. Burung Cendrawasih Satwa yang Dilindungi

Karena kecantikan burung ini, cendrawasih jadi sasaran perburuan liar. Belum lagi karena deforestasi untuk mengubah lahan hutan jadi kebun yang pastinya sangat mengancam habitat dari burung cendrawasih.

Untuk itu, hal ini menjadikan burung Cendrawasih sebagai salah satu satwa yang dilindungi oleh pemerintah. Pemerintah Indonesia juga telah melindungi burung cendrawasih lewat UU nomor 5 tahun 1990 dan PP nomor 27 tahun 1999.

7. Cendrawasih Termasuk Burung Soliter

Burung cendrawasih adalah burung soliter yang hanya berkumpul untuk melakukan kawin saja. Burung cendrawasih akan membangun sarang dari sulur anggur, daun pakis dan lain sebagainya.

8. Telur Burung Cendrawasih

Di dalam 22 hari hingga 30 hari telur cendrawasih nantinya akan menetas namun sebagian telur sering dimangsa burung elang dan juga ular. Untuk telur yang selamat akan menetas dan dirawat induknya hingga dewasa.

Jenis Burung Cendrawasih

republika.co.id

Burung cendrawasih memiliki berbagai macam jenis. Apa saja jenis burung cendrawasih itu?

Lesser Bird of Paradise

Ini adalah julukan dari burung cendrawasih kuning kecil panjangnya 32 cm dan banyak ditemukan di semua hutan utara. Seperti pulau Misool, Papua Nugini dan Yapen. Bulu-bulunya kombinasi dari warna merah coklat dan juga mahkotanya memiliki warna kuning. Sementara bagian punggungnya berwarna kuning agak coklat.

Burung jantan punya ekor yang tebal dan panjang warnanya kuning dan putih dan tenggorokannya berwarna hijau tua. Sementara itu, burung cendrawasih jenis yang betina punya tubuh lebih kecil dan kepalanya berwarna coklat tua. Tidak punya bulu hias di bagian badan yang berwarna putih.

Blue Bird of Paradise

Cendrawasih biru atau Blue Bird of Paradise menjadi burung khas Papua Nugini tersebar di hutan Papua Nugini Timur dan juga Tenggara. Umumnya bisa hidup pada ketinggian 1400 sampai 1800 meter diatas permukaan laut. Burung ini mempunyai badan hitam dan punya panjang sekitar 30 cm. Bagian matanya berwarna coklat gelap dan kakinya abu-abu.

Pejantannya punya bulu sayap berwarna ungu biru, ketika musim kawin pejantan akan memamerkan bulu indahnya sambil mengeluarkan suara yang mirip dengan nyanyian.

Astrapia Ribbon Tailed

Jenis burung cendrawasih yang satu ini punya ekor panjang bahkan panjangnya bisa sampai 3 kali panjang tubuhnya. Burung ini banyak ditemukan di hutan tropis di bagian tengah Papua. Panjang burung jantan sekitar 32 cm dengan ekor berbentuk pita yang berwarna putih. Panjangnya dapat mencapai 1 meter, sementara betinanya agak lebih pendek dan memiliki warna coklat.

Cendrawasih Merah

Burung cendrawasih merah atau yang disebut dengan Red Bird of Paradise. Hanya ada di hutan dataran rendah Pulau Waigeo dan Batanta dan juga kabupaten Raja Ampat yang ada di Papua. Burung ini memiliki panjang sekitar 32 cm, burung ini memiliki bulu yang berwarna kuning dan coklat dengan paruh berwarna kuning.

Burung pejantan dewasa punya bulu warna merah darah dengan ujungnya putih ekornya punya dua bulu hitam melingkar. Sementara sang betina memiliki ukuran lebih kecil dan tidak punya bulu hiasan.

Paradise Rifflebird

Burung ini banyak ditemukan di hutan New South Wales dan juga Queensland Australia. Untuk burung jantannya mempunyai sayap yang saat mengembang akan tampak mempesona seperti kipas. Sementara itu, fakta burung cendrawasih ini akan sering bergerak ke kanan dan ke kiri seolah-olah menari agar menarik hati betinanya. Warnanya hitam dengan mahkota biru kehijauan. Punya kaki berwarna hitam dan paruh kuning, serta memiliki mata coklat.

Dengan mengetahui berbagai macam fakta burung cendrawasih ini, maka kita bisa tahu apa saja jenis burung cendrawasih yang ada. Sejarahnya dan juga berbagai macam hal lain tentang kecantikan burung ini.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.

Tinggalkan Komentar