Ciri Khas Burung Sikatan Biru Putih Dengan Suara Yang Merdu

Burung sikatan biru putih adalah salah satu jenis burung kicauan yang ada di Indonesia. Ciri khas burung sikatan biru putih ini yaitu dengan suaranya yang sangta merdu.

Jenis burung sikatan memang sudah banyak dipelihara karena memiliki banyak keunggulan.

Hal ini bisa diketahui dari banyaknya para pecinta burung kicaua yang memelihara jenis burungsSikatan yang kerap diikutsertakan dalam acara perlombaan.

Tak hanya itu saja, jenis burung sikatan yang menyebar di wilayah hutan Indonesia ini jumlahnya memang cukup banyak. Akan tetapi, tidak semuanya memiliki habitat yang sama di sini.

Karena, beberapa jenis burung sikatan ada yang merupakan jenis burung migrasi yang hanya berkunjung ke hutan kita saat setahun sekali saja. Seperti halnya burung sikatan hiru putih ini.

Daerah Persebaran Burung Sikatan Biru Putih

Burung Sikatan Biru Putih

youtube.com

Burung sikatan biru putih adalah salah satu dari jenis burung sikatan yang diketahui telah rutin mengunjungi hutan Indonesia ketika musim dingin turun di negara asalnya.

Burung sikatan biru putih ini bermigrasi tujuannya tak lain hanya untuk menghindar sementara waktu dari habitat asalnya. Sebab, saat itu habitatanya ditutupi musim dingin serta mereka memutuskan untuk pergi mencari daerah yang beriklim tropis.

Tak hanya itu saja, negara asal yang menjadi tempatnya berkembangbiak burung ini yaitu berada di negara Tiongkok, Rusia.

Selain itu juga ada di bagian utara Korea, Jepang, dan bagian selatan Korea.

Untuk tempat migrasinya juga luas yaitu mencakup negara Laos, Vietnam, Filipina, Taiwan, dan Indonesia.

Habitat dan Makanan Sikatan Biru Putih

Apabila di Indonesia yang umumnya dijadikan tempat tinggalnya dalam waktu sementara, biasanya burung ini mendiami di sekitar area Sumatera, Kalimantan, dan Jawa.

Adanya jenis burung ini di alam liar juga ada di area dataran tinggi dengan rentang ketinggian mencapai 1400 meter di atas permukaan laut.

Untuk wilayah hutan di pegunungan yang kerap dikunjungi pada umumnya berada di hutan primer dan hutan sekunder.

Kemudian, untuk pakan yang dikonsumsinya setiap hari disantapnya cukup beragam. Diantaranya mulai dari buah-buahan dan aneka jenis serangga yang memiliki ukuran yang kecil.

Ciri Khas Burung Sikatan Biru Putih

Ciri Khas Burung Sikatan Biru Putih
mautaucara.blogspot.com

Ciri khas burung sikatan biru putih (Cyanoptila Cyanomelana) yaitu memiliki ukuran sedang dengan panjang kurang lebih sekitar 17 cm.

Corak warna bulunya juga terlihat cerah dengan warna yang memiliki variasi seperti biru tua, hitam, dan juga warna putih.

Sedangkan untuk sebagian besar badannya mulai dari atas kepala, tenggorokan, dada, tengkuk punggung, sayap, dan ekornya ditutupi dengan warna biru tua.

Warna hitam juga tampak bercampur dengan corak warna biru tua yang ada pada tubuhnya.

Diantaranya seperti di bagian dekat alis belakang mata, sisi belakang punggung, sayap, dan juga pada bagian ekornya. Kemudian, warna putih juga bisa menutupi area sisi pangkal ekor, perut, dan juga pada bagian tunggirnya.

Ciri khas burung sikatan biru putih lainnya adalah bentuk tubuhnya yang tampak agak besar dengan ekor yang lumayan lebar.

Untuk bagian paruh burung ini berwarna hitam pekat berukuran sedang dan tampak agak tebal.

Untuk matanya terlihat bulat dengan corak warna hitam pekat. Dan kakinya yang berwarna hitam pekat.

Ukuran kakinya juga sedang dan tampak agak tebal dengan kuku yang cukup tajam.

Kicauan Sikatan Biru Putih

Ciri khas burung sikatan biru putih ini yaitu memiliki suara kicauan yang cukup nyaring dengan volume yang tidak terlalu tinggi. Kicauannya juga memiliki tempo yang sedang dengan bunyi sedikit cepat.

Tinggalkan Komentar