Mengenal Lebih Dekat Burung Sikatan Emas dan Daerah Persebarannya

Untuk para pecinta burung kicauan pastinya sudah banyak mengenal jenis burung kicauan. Jenis burung kicauan yang terdapat di Indonesia memang banyak sekali.

Salah satunyaburung kicauan yang dipelihara para pecinta burung kicau adalah burung sikatan. Selain burung sikatan belang, ada juga jenis burung sikatan yang banyak dipelihara, yaitu burung sikatan emas.

Jenis sikatan emas ini pada umumnya masih kerabat dekat dengan burung Tledekan Laut serta juga Tldekan Gunung.

Untuk karakteristik dari bagian fisik burung tledekan jenis ini tentu saja dapat di lihat dari warna bulunya yang banyak di dominasi warna bulu kuning, hitam dan juga putih.

Di sebagian daerah tentu saja untuk sebutan dari burung ini begitu berbeda. Di daerah Jawa Timur jenis burung kicau ini dijuluki dengan burung Tledekan Kembang.

Akan tetapi, pada dasarnya sebutan untuk burung jenis ini sering dinamakan dengan sebutan sikatan emas.

Daerah Persebaran Sikatan Emas

 Burung Sikatan Emas
Burung Sikatan Emas

Untuk wilayah penyebaran burung sikatan emasini migrasi dari negara kita tersebar berkembangbiak di negara Mongolia bagian timur, Transbaikalia bagian timur, Rusia bagian tenggara sampai dengan bagian selatan.

Bahkan dapat sampai ke negara Cina bagian timur dan juga ke bagian tengah. Jepang bagian barat dan juga Korea. Sewaktu musim dingin datang, burung ini banyak bermigrasi ke bagian negara Cina bagian selatan. Ada juga di Sunda besar hingga Asia bagian tenggara.

Karakteristik Sikatan Emas

Burung Sikatan Emas memiliki nama latin Ficedula Zanthopygia ini termasuk jenis burung yang memiliki tubuh yang ukurannya mungil.

Ukuran tubuh burung ini hanya kurang lebih sekitar 13 cm dengan terdiri dari tiga jenis warna yang menyelimuti tubuhnya. Warna-warna yang terlihat di tubuh burung Sikatan Emas yaitu hitam, putih, dan juga warna kuning.

Untuk bagian atas tubuhnya mulai dari kepala, pipi, sayap, punggung, dan juga pada bagian ekornya terlihat berwarna hitam pekat.

Warna putih terlihat menyelimuti tubuh yang ada pada bagian perut dekat tunggir, sisi pangkal dan ujung sayap, alis dekat mata, dan sedikit di ujung ekornya.

Kemudian yang berwarna kuning terlihat di bagian punggung dekat ekor, tenggorokan, dada, dan juga perutnya. Dengan tubuh yang tidak terlalu besar ditambah pula ragamnya warna pada burung Sikatan Emas menjadikan tampilannya sangat terlihat menarik.

Perilaku Burung Sikatan Emas

Perilaku Burung Sikatan Emas
Perilaku Burung Sikatan Emas

Pada saat burung sikatan ini berada di hutan, Sikatan Emas akan berdiam diri di sekitar semak belukar dan hutan rimbun yang masih banyak terdapat pepohonan.

Burung yang memiliki tubuh mungil bisa dikatakan sedikit pemalu dengan hanya memunculkan kicauannya serta bersembunyi dibalik lebatnya pepohonan.

Makanan burung yang satu ini yaitu bisa menyantap buah-buahan yang memiliki ukuran kecil dan serangga kecil yang mudah ditemukan pada waktu berada di hutan.

Sedangkan ciri kicauannya terdengar cukup merdu dengan mengeluarkan suara seperti pirip…pirip yang diselingi kicauan yang bunyinya titt….

Pada waktu berkicau pada umumnya membunyikan nada yang bertempo pendek. Setelah itu berhenti beberapa detik. Kemudian untuk burung akan mengulanginya kembali dan juga akan berhenti kembali hingga tempo waktu yang agak lama.

Meskipun burung Sikatan Emas belum begitu populer di antara para pencinta burung kicauan, akan tetapi tak ada salahnya untuk Anda untuk memeliharanya.

Sebab jika dirawat dengan baik pada tempo waktu yang tertentu pastinya kicauan burung Sikatan Emas ini akan terdengar semakin merdu terdengar dan bisa dipergunakan untuk memaster burung kicauan jenis yang lainnya

Tinggalkan Komentar