Mengetahui Ciri Khas Burung Sikatan Sunda dan Populasinya

Jenis burung sikatan memang ada banyak sekali, namun apakan anda tau ciri khas burung sikatan sunda yang juga merupakan jenis burung sikatan yang ada di Indonesia.

Memang belum banyak yang mengenal, sebab sebagian besar dari merek banyak yang lebih gemar memelihara sikatan gunung.

Meskipun masih kurang populer di kalangan para pecinta burung kicauan, bnamun, populasi burung ini ternyata sudah semakin menurun.

Karena populasi burung sikatan sunda ini yang ada di hutan telah diketahui mengalami penurunan drastis. Hingga burung ini dinyatakan rentan punah.

Habitat Burung Sikatan Sunda

Burung Sikatan Sunda
jitunews.com

Burung sikatan sunda (Cyornis caerulatus ) ini untuk habitat hidupnya hanya terbatas di Pulau Sumatera dan Kalimantan saja.

Ketika hidup di alam liar, pada umumnya burung sikatan sunda ini akan mendiami hutan yang ada di dataran rendah di sekitar pesisir pantai ataupun sungai.

Burung ini tidak pernah pergi dari habitatnya, sebab burung ini termasuk jenis burung endemik.

Untuk jenis makanan utama dari burung bersuara merdu ini yaitu berbagai jenis serangga.

Diantaranya seperti jangkrik maupun belalang. Pada saat burung sikatan ini hendak memburu serangga, pada umumnya akan berdiri di atas tenggeran batang pohon yang rendah.

Populasi burung sikatan sunda yang semakin menipis di alam liar ini merupakan dampak dari rusaknya habitat yang ditinggalinya.

Habitat burung siktan sunda yang sudah rusk ini cukup berpengaruh buruk, sebab ia tidak akan pergi jauh meninggalkan tempat tinggalnya.

Terlebih lagi ketika hutan yang rusak itu dikarenakan terbakar, dengan demikian bisa membunuh burung sikatan sunda yang ada ditempat tersebut.

Tak hanya itu, burung sikatan sunda yang sudah mulai langka ini bisa juga dipengaruhi oleh perburuan yang dilakukan dalam jumlah yang tidak sedikit.

Ciri Khas Burung Sikatan Sunda

Ciri Khas Burung Sikatan Sunda
omkicau.com

Ciri khas burung sikatan sunda ini memang hampir mirip dengan burung sikatan gunung atau dengan burung sikatan cacing.

Ukuran tubuhnya memang agak kecil, diantaranya yaitu hanya sekitar 14 cm dengan terdapat perbedaan warna antara jantan dan juga yang betinanya.

Ciri khas burung sikatan sunda yang mencolok untuk burung yang berjenis kelamin jantan ini yaitu terdapat warna biru mengkilap di bagian atas tubuhnya.

Yaitu mulai dari bagian kepala, tengkuk, punggung, sayap, ekor, dan juga pada bagian tunggirnya.

Di bagian bawah tubuhnya sebagian besar dipenihi oleh warna merah kecokelatan yang agak kekuningan yang terlihat pada bagian tenggorokan, dada, perut, sampai dengan bagian pangkal tunggirnya.

Lalu untuk ciri khas burung sikatan sunda yang betina sebagian besar bulunya dengan warna cokelat. Yang mana, terlihat jelas pada bagian keseluruhan kepala, tengkuk, serta pada bagian kedua sayapnya.

Warna biru juga terlihat pada bagian keseluruhan punggung hingga mengarah pada bagian ekor atasnya.

Sedangkan untuk bawah tubuhnya dari bagian tenggorokan, dada, higga pada bagian perut berwarna merah kecokelatan. Yang mirip dengan yang berjenis kelamin jantan.

Kicauan Burung Sikatan Sunda

Untuk ciri khas kicauan dari burung sikatan sunda ini memang terdengar agak melengking mirip dengan bunyi siulan.

Meskipun burung sikatan sunda ini memiliki kicauan yang monoton, burung ini suaranya juga bisa untuk dijadikan masteran burung kicauan yang lainnya.

Kicauan burung sikatan sunda ini memang hanya diulang dengan cara terus menerus dengan nada yang sama.

Ciri khas burung sikatan sunda dengan kicauan yang dibunyikannya pun pada umumnya bervolume lumayan kencang dan temponya pun juga terdengar cukup panjang.

Tinggalkan Komentar