Ciri Khas Burung Sikatan Kepala Abu dan Daerah Persebarannya

Jenis burung sikatan memang sudah populer sebagai burung yang memiliki kicauan merdu dan juga nyaring seperti halnya suara seruling. Salah satu jenisnya adalah burung sikatan kepala abu. Ciri khas burung sikatan kepala abu ini juga bisa diketahui dari kicauannya.

Dengan kicauan khas yang dimiliki maka menjadikan banyak orang-orang yang mengenal serta memelihara jenis burung sikatan ini.

Tak hanya itu saja, jenis burung sikatan yang hidup di alam liar memang begitu beragam dan tersebar. Persebarannya tidak hanya di Indonesia, namun juga tersebar di negara lainnya.

Salah satu jenis burung sikatan yang bisa anda pelihara yaitu jenis burung sikatan kepala abu ini.

Ciri Khas Burung Sikatan Kepala Abu

Ciri Khas Burung Sikatan Kepala Abu
flickr.com

Ciri khas burung sikatan kepala abu ini agak berbeda dari jenis burung sikatan yang lainnya.

Perbedaan itu bisa diamati dari warna tubuhnya yang tidak terdapat warna biru tua mirip burung sikatan gunung.

Burung sikatan kepala abu ini memiliki warna yang terdiri dari tiga jenis. Diantaranya yaitu yakni abu-abu kehitaman, kuning, dan hitam.

Warna abu-abu sedikit hitam bisa terlihat menutupi di bagian kepala mulai jambul, pipi, tengkuk, tenggorokan, hingga bagian dadanya.

Sedangkan untuk warna kuning terlihat dominan menutupi di hampir seluruh tubuhnya.

Diantaranya mulai dari bagian bawah badan, sayap, punggung, serta pada bagian atas ekor.

Untuk warna hitam ini tampak pada bagian sayap dan bawah ekor yang mirip garis lurus horizontal.

Ciri khas burung sikatan kepala abu (Culicicapa ceylonensis) selanjutnya yaitu memiliki postur tubuh yang berukuran cukup kecil hanya sekitar 12 cm saja.

Bulu yang ada bagian kepalanya terlihat lebih halus serta akan tegak berdiri ketika terkena angin maupun saat akan berkicau.

Tak hanya itu saja, bagian matanya yang berwarna hitam juga punya ukuran yang lumayan agak besar dan dilingkari iris berwarna putih.

Untuk bagian kornya juga terlihat berukuran cukup panjang dan juga bisa mengembang pada waktu burung akan terbang atau berkicau.

Daerah Persebaran Burung Sikatan Kepala Abu

Burung sikatan abu ini daerah persebarannya yaitu terdapat di berbagai negara dunia mulai dari Pakistan, Tiongkok, India, Thailand, Sri Lanka, Myanmar, serta di wilayah Malaysia.

Kemudian untuk di Indonesia, daerah persebarannya juga ada di beberapa pulau yang ada seperti Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali, serta di Flores.

Pada saat berada di alam liar, burung yang memiliki kepala berwarna abu-abu ini pada umumnya menghuni hutan yang ada di dataran tinggi.

Bisa juga menghuni di area pegunungan yang ketinggiannya mencapai sekitar 2000 meter di atas permukaan laut.

Kemudian untuk karakter burung ini yaitu lincah dan aktif bergerak dengan terbang dari satu pohon ke pohon lain.

Gerakan tersebut dilakukan untuk memburu makanannya seperti halnya serangga kecil.

Pada saat sedang musim berkembangbiak tiba yang berlangsung ketika bulan Juli, pada umumnya burung betina bisa mengerami telur yang jumlahnya sebanyak 3 butir.

Kicauan Burung Sikatan Kepala Abu

Burung Sikatan Kepala Abu
pratapapa81.wordpress.com

Untuk bunyi kicauan burung sikatan kepala abu ini terdengar merdu dan nyaring.

Tak hanya itu saja, kicauan burung yang ukuran tubuhnya mungil ini memiliki volume yang agak tinggi dan terdengar melengking. Meski kicauannya terbilang monoton, namun banyak juga yang memelihara jenis burung ini.

Ciri khas burung sikatan kepala abu ini berkicau seringnya melakukan pengulangan nada dengan terus menerus atau memiliki kicauan yang monoton.

Tinggalkan Komentar