Ciri Khas Burung Kenari Cinnamon dan Keunikannya

Burung kenari adalah salah satu jenis burung kicauan bertubuh mungil yang memiliki suara yang lantang dan juga merdu. Selain itu, bulunya juga tampak cantik. Oleh sebab itu, banyak orang yang memelihara burung kenari ini.

Jenis burung kenari juga bermacam-macam. Setiap jenisnya memiliki keunikan dan kelebihan masing-masing. Warna burung kenari dan motif bulu burung kenari juga bervariasi. Salah satu jenis burung kenari yang banyak diminati adalah burung Kenari Cinnamon. Ciri khas burung Kenari Cinnamon ini sangatlah unik.

Kenari Cinnamon merupakan salah satu spesies dari burung Kenari yang dinilai mempunyai beberapa keunikan yang menjadikannya terlihat beda dari spesies kenari yang lain.

Keunikan yang dimiliki oleh burung Kenari Cinnamon tersebut beraneka ragam, diantaranya mulai dari warna bulunya, postur tubuh, sampai dengan suara yang dikeluarkannya.

Ciri Khas Burung Kenari Cinnamon dan Keunikannya
youtube.com

Burung kenari jenis ini memiliki warna bulu yang sangat khas yaitu coklat kemerahan yang sangat mirip dengan kayu manis sehingga disebut dengan nama Cinnamon.

Burung ini juga dikatakan cenderung lebih langka apabila dibandingkan dengan jenis burung kenari yang lainnya. Akan tetapi tidak berarti Kenari Cinnamon ini tidak cukup populer.

Perlu anda ketahui, ternyata kepopuleran dari burung Kenari Cinnamon ini juga sejajar dengan Kenari Norwich dan juga burung Kenari Belgia.

Untuk mengembangkan atau memperbanyak anakan dari Kenari Cinnamon yang cukup langka ini, maka pada tahun 1900 telah ada proses penyilangan perkawinan dengan jenis kenari yang lainnya.

Namun, untuk hasil anakan tersebut pada akhirnya dinyatakan menjadi spesies burung kenari yang berbeda. Sebab ciri khas burung Kenari Cinnamon yang dihasilkan ini memiliki karakteristik yang berbeda dengan induknya.

Ciri Khas Burung Kenari Cinnamon

Telah diketahui bersama, jika burung Kenari Cinnamon mempunyai warna bulu yang khas mirip seperti kayu manis. Tak hanya itu saja, ciri khas burung Kenari Cinnamon yang lain yaitu dari warna bulunya. Inilah yang menjadikan burung ini unik sebab mempunyai tekstur yang sangat halus.

Tekstur dari bulu yang dimilikinya ini tidak semata mata karena perawatan khusus, akan tetapi karena bawaan dasar yang dimilikinya. Harus anda ingat, jika walaupun burung ini punya bulu yang halus, namun perawatan yang benar tetap harus dilakukan.

Tujuannya tak lain agar kualitas bulunya tidak menurun. Keunikan lain yang ada dari bulu burung Kenari Cinnamon ini yaitu berupa bulunya yang tebal.

Inilah yang menjadikan kepakan sayap dari burung Kenari ini menjadi terlihat sangat indah. Sebab, perpaduan warna bulu serta teksturnya yang terlihat sempurna.

Keunikan Burung Kenari Cinnamon

Keunikan Burung Kenari Cinnamon
swanseaglostersociety.weebly.com

Keunikan dari burung Kenari Cinnamon ini juga bisa diamati dari postur tubuhnya. Untuk burung Kenari Cinnamon ini mempunyai ukuran tubuh yang konsisten. Diantaranya yaitu antara 15 sampai dengan 16 cm saja.

Burung ini terlihat mungil di beberapa bagian, antara lain yaitu pada bagian paruh, ekor, dan sayapnya yang memiliki bentuk cukup pendek. Sehingga, bentuk tubuh dari burung Kenari Cinnamon ini tampak bulat dengan bagian dada yang terlihat bidang.

Keunikan burung Kenari Cinnamon selanjutnya yaitu pada bagian suaranya. Maka dari itu, banyak pecinta burung Kenari yang tertarik dengan keindahan suaranya. Sebab, suaranya ini dianggap lebih merdu dari pada dengan jenis burung Kenari lainnya.

Jika anda memlihara burung Kenari Cinnamon ini, sebaiknya anda merawatnya dengan baik dan benar. Tujuannya supaya burung Kenari Cinnamon bisa memiliki kualitas yang bak dan tampilan yang cantik.

Tinggalkan Komentar