Ciri Khas Burung Anis Timor Endemik Dari Nusa Tenggara Timur

Burung anis adalah jenis burung kicauan yang sudah banyak dikenal dan dipelihara oleh para pecinta burung kicauan yang ada di berbagai wilayah. Selain itu, jenis burung anis ini juga sering diikutkan dalam acara perlombaan.

Biasanya jenis burung anis yang banyak dipeliharav yaitu burung Anis Merah dan Anis Kembang. Padahal untuk jenis burung Anis yang terdapat di hutan kita juga sangatlah beragam.

Kemudian keseluruhannya memiliki kicauan merdu dan juga enak untuk didengar telinga. Dan salah satu jenis burung Anis yang secara penampilan lebih mirip kepada Anis Kembang dan juga merupakan burung endemik yaitu burung Anis Timor.

Daerah Persebaran Burung Anis Timor

Daerah Persebaran Burung Anis Timor
burungocehan.link

Sebelum mengulas tentang ciri khas burung Anis Timor, terlebih dahulu kita ulas mengenai daerah persebaran dari burung Anis Timor berikut. Burung Anis Timor memiliki daerah persebaran yang bisa dikatakan cukup terbatas hanya di wilayah Nusa Tenggara Timur.

Di NTT, pada umumnya burung yang asalnya dari keluarga Turdidae ini hidup di Pulau Roti, Pulau Timor. Selain itu, burung ini juga hidup di Pulau Wetar, Barbar, Romang, dan Damar.

Untuk jenis burung Anis Timor ini juga gemar menghuni hutan lebat serta di area dekat pemukiman masyarakat. Oleh sebab itu, masyarakat NTT telah banyak yang mengenal burung Anis Timor yang juga memiliki sebutan Anis Cendana.

Ciri Khas Burung Anis Timor

Ciri Khas Burung Anis Timor
burungnusantara.com

Ciri khas burung Anis Timor (Zoothera peronii) ini diantaranya mempunyai ukuran tubuh yang tak kalah berbeda dengan burung Anis Kembang. Sedangkan untuk panjang tubuhnya kurang lebih yaitu sekitar 20 cm dengan warna tubuh terdiri dari hitam, putih, dan juga warna merah karat.

Untuk warna hitam juga terlihat pada bagian pipi, sayap, dan juga pada bagian ekornya. Sedangkan untuk warna putih juga terlihat pada bagian pipi, area dekat mata, tenggorokan.

Warna putih juga tampak pada kedua sayap, perut, dan area tunggir hingga pada bagian pangkal ekornya. Ciri khas burung Anis Timor selanjutnya yaitu adanya warna merah karat yang terliat menutupi tubuh yang ada pada area kepala atau mahkota, dada. Kemudian juga ada di sisi samping perut, punggung depan dan belakang, serta ekornya.

Kicauan Burung Anis Timor

Mengenai ciri khas burung Anis Timor jika dilihat dari suara yang dikeluarkan bahwa suara burung Anis Timor tergolong merdu. Sebab, burung ini mampu mengeluarkan kicauan seperti halnya suara siulan.

Tak hanya itu saja, tempo kicauannya juga tergolong rapat serta burung ini berkicau pada durasi yang cukup lama. Kurang lebih yaitu hampir tiga menit tanpa memberikan jeda yang terlalu lama.

Burung Anis Timor termasuk salah satu jenis burung kicauan yang rajin berkicau atau dikenal gacor. Akan tetapi, variasi kicauannya juga masih kalah dengan burung Anis Merah. Untuk masalah volumenya pun juga tidak terlalu tinggi.

Namun, untuk burung Anis Timor ini pas sekali untuk dijadikan sebagai masteran bagi burung kicauan yang rajin berkicau dan memiliki kicauan yang bervariasi.

Populasi Burung Anis Timor

Perlu anda ketahui, jika populasi burung Anis Timor ini sudah mulai terancam dengan daerah persebaran yang terbatas. Mulai rusaknya hutan yang menjadi tempat tinggalnya merupakan salah satu penyebab rusaknya populasi burung ini.

Dengan demikian, pemburuan liar terhadap jenis burung ini sangatlah dilarang. Sebaiknya anda bisa melestarikan habitatnya atau bisa menangkarkan jenis burung ini agar tidak punah.

Tinggalkan Komentar