Mengetahui Ciri Khas Burung Koak Maling dan Makanannya

Burung Koak Maling (Nycticorax nycticorax) adalah salah satu jenis burung Koak yang juga disebut dengan burung Koak Malam. Jenis burung ini memang dikenal memiliki suara yang nyaring. Ciri khas burung Koak Maling ini mirip dengan burung kuntul sehingga disebut dengan Kuntul Malam.

Ciri Khas Burung Koak Maling

hbw.com

Ciri khas burung Koak Maling ini mempunyai ukuran badan yang besar serta terlihat seperti halnya ayam unggas. Badannya sebagian besar juga terselimuti oleh bulu yang memiliki warna belang.

Diantaranya pada bagian atas berwarna putih, abu-abu serta ada warna biru. Ciri khas burung Kowak Maling selanjutnya yaitu pada bagian bawah berwarna putih. Kepalanya juga berwarna belang, diantaranya pada bagian bawah putih, kemudian untuk bagian atas memiliki warna biru

Ciri khas burung Kowak Maling ini mirip dengan burung Ara Timor, yaitu pada bagian mata yang berwarna merah. Kemudian, untuk bagian kakinya berwarna kuning.

Burung ini juga punya paruh yang cukup runcing dan panjang yang berwarna hitam. Selain itu juga punya dua lembar bulu yang tampak seperti kuncir yang ada di bagian kepala.

Habitat Burung Koak Maling

commons.wikimedia.org

Burung Koak Maling ini ternyata hampir bisa ditemukan di seluruh wilayah yang ada di dunia. Burung ini pada umumnya akan membuat sarang yang ada di semak-semak yang rendah.

Terkadang juga membuat sarangnya di atas pohon di hutan bakau yang ada di sepanjang pantai. Terkadang juga ada di hutan-hutan rawa serta berada di pulau yang kecil.

Burung ini juga kerap menyusun sarangnya yang ada di dekat sarang jenis burung lain seperti halnya pada burung bangau dan juga burung jenis kuntul.

Perkembangbiakan Burung Kowak Maling

Musim bertelur dari jenis burung ini pada umumnya terjadi pada bulan Februari sampai dengan bulan Juli. Burung ini juga akan menyusun sarang yang memiliki ukuran yang kecil yang dapat untuk menampung kurang lebih sekitar 3 sampai dengan 4 butir telur.

Untuk sarang burung ini juga terlihat mirip dengan sarang burung kuntul. Perbedaannya pada sarang burung Koak Maling ini lebih tebal dan kuat.

Telur dari burung Koak Maling ini juga mirip dengan telur yang dihasilkan oleh burung Kuntul. Diantaranya sama-sama berwarna hijau muda kebiru-biruan.

Untuk anakan dari burung Koak Maling yang usianya muda dan juga belum bisa terbang pada umumnya berkeliaran pada sekitar sarang. Ini pastinya juga menjadi sangat berbahaya jika sarang dari burung ini berasa di atas pohon yang tinggi.

Sebab, anakan burung yang terjatuh dari atas pohon dimungkinkan akan mati. Sebaba akan langsung jatuh ke tanah maupun juga tersangkut ranting. Keadaan yang seperti itu induk burung tidak akan bisa menolong. Yang mana, akhirnya anak burung Koak Maling ini bisa mati kelaparan.

Makanan Burung Koak Maling

Burung Koak Maling pada umumnya akan mencari mangsa pada saat senja mulai tiba. Selanjutnya dia akan mengintip mangsanya di dalam gelapnya malam secara diam-diam. Namun, ketika siang hari burung ini juga akan mencari makan. Burung koak maling ini merupakan jenis burung kanibal yang sangat ganas.

Apabila ada sarang burung yang ditinggal sang induk, kenudian burung ini akan mendekati sarang itu, kemudian mencari anak burung yang ditinggal untuk dimakan.

Burung ini disebut dengan Koak Maling sebab dia memiliki kebiasaan mencuri anak burung dari jenis burung lain. Perlu anda tahu jika burung ini juga suka mencuri anak burung dari burung sesama jenis.

Tak hanya suka makan anak burung, burung Koak Maling juga mencari makanan lain seperti katak, ikan, kadal, serta tikus.

Tinggalkan Komentar