Ciri-ciri Lovebird Bermental Fighter dan Cara Memilihnya

Lovebird adalah burung kicauan yang tampak menarik, baik dari segi fisiknya, suaranya, maupun bentuk dan warnanya. Banyak orang yang membeli lovebird di pasaran untuk dijadikan burung peliharaan di rumah, untuk lomba kicauan dan juga untuk dinikmati keindaan bulunya.

Dengan begitu saat membelinya anda harus bisa memilih yang sesuai. Apabila anda memelihara lovebird hanya untuk dijadikan pajangan saja, maka sebaiknya anda memilih lovebird yang punya bulu yang memiliki warna menarik serta indah untuk dipandang mata.

Ciri-ciri Lovebird Bermental Fighter
Ciri-ciri Lovebird Bermental Fighter

Namun apabila anda memelihara lovebird yang tujuannya untuk dijadikan burung lomba, maka sebaiknya anda harus memilih lovebird yang bermental fighter serta memiliki kemampuan yaitu ngekek panjang.

Ciri-ciri lovebird bermental fighter selain bisa kita amati dari kualitas suara kicauan dan juga tingkah laku, bisa juga anda amati dari fisiknya.

Memang jika dilihat sekilas, lovebird yang biasa dengan lovebird yang memiliki mental fighter sepertinya sama saja. Terutama untuk pecinta lovebird yang masih pemula yang belum memiliki jam terbang, pastinya akan merasa kesulitan di dalam membedakannya.

Namun, untuk pecinta sejati burung lovebird, hanya dengan melihat sekilas saja mereka sudah akan bisa mengetahui apakah lovebird itu memiliki mental fighter atau tidak bermental fighter.

Ciri-ciri lovebird Bermental fighter

Yang perlu anda di dalam mengetahui ciri-ciri lovebird bermental fighter serta memiliki suara ngekek panjang ini ternyata tidak bisa kita tentukan jika dilihat berdasarkan warna burung.

Apa saja warna burung lovebird, pasti ada yang bemental fighter dan ada yang bermental biasa saja. Akan tetapi, kebanyakan lovebird yang diikut sertakan dalam acara lomba yaitu lovebird yang berwarna hijau. Untuk lovebird warna hijau tersebut bahkan juga paling banyak kita jumpai di pasaran.

Ciri-ciri lovebird bermental fighter yang paling menonjol yaitu bisa dilihat dari bentuk sayap dan juga dilihat dari bentuk bagian ekor. Lovebird yang bermental fighter pada umumnya memiliki bentuk sayap menyilang serta terlihat agak melengkung keatas.

Lovebird Siap Tarung
Lovebird Siap Tarung

Kemudian untuk bentuk ekornya lurus kebawah yang tampak sejajar dengan kaki. Dengan demikian, anda jangan memilih lovebird yang punya bentuk ekor yang mengarah ke belakang.

Lovebird ketika ngekek pada umumnya akan memainkan ekornya serta akan terlihat seperti melambai-lambai. Dengan begitu untuk lovebird yang ekornya turun kebawah dengan membentuk huruf V ketika ngekek akan terlihat indah sekali seperti halnya tangan yang melambai-lambai ketika memanggil seseorang.

Lain halnya dengan lovebird pada umumnya yang tidak fighter, ekornya pada umumnya akan terlihat menjulur kebelakang.

Ciri-ciri lovebird bermental fighter berikutnya yaitu bisa kita lihat pada bagian leher. Pada umumnya lovebird fighter ini punya leher yang besar untuk dijadikan tanda bahwa ia punya nafas yang panjang. Akan tetapi ketika lovebird kaget atau terancam, lehernya terlihat memanjang serta gagah.

Tips Memilih Lovebird Bermental Fighter

Ciri-ciri lovebird bermental fighter tak hanya bisa dilihat dari bentuk sayap, ekor serta leher, namun dapat ditentukan dari kualitas suara. Lovebird fighter pada umumnya cenderung cerewet dan kerap berkicau.

Bisa juga anda memilih lovebird yang selalu ngriwik. Terutama untuk lovebird yang masih anakan yang pada umumnya belum mempunyai kemampuan ngekek panjang, namun sudah terlihat dari sifatnya yang cerewet serta gemar ngeriwik.

Anda bisa memilih Lovebird bermental fighter dengan melihat garis keturunan dari burung tersebut.

Tinggalkan Komentar