Ciri Burung Anis Macan dan Daerah Persebarannya

Burung Anis Macan termasuk salah satu jenis burung Anis yang mempunyai kualitas suara kicauan yang begitu indah. Meskipun burung ini kalah populer dengan burung kicau Anis Kembang serta burung kicau Anis Merah.

Namun pada fakta kualitas suara Burung Anis Macan benar – benar tidak kalah bagus jika dibandingkan dengan Burung Anis kedua jenisnya tersebut.

Anis Macan ini juga memiliki nama latin Zoothera Dohertyi atau dapat disebut pula dengan Burung Anis Sisik dan juga dikenal di luar negeri dengan sebutan Scally Thrush.

Ciri Burung Anis Macan
Ciri Burung Anis Macan

Kemudian untuk kelebihan dari burung Anis Macan ini sendiri antara lain yaitu ciri burung anis macan yang mempunyai bentuk tubuh yang cantik dan bagus dilihat.

Kemudian yang paling penting memiliki khualitas suara yang pastinya bisa diandalkan. Lalu juga tidak berbeda jauh dengan kualitas dari suara kicauan Burung Anis Kembang dan juga Burung Anis Merah.

Sedangkan untuk Kelebihan dari jenis burung ini adalah harga dari Anis Macan Bakalan ataupun anis yang sudah dewasa yang lebih murah daripada harga burung anis jenis yang lainnya.

Jadi, ini sangat memudahkan para pecinta Burung Kicauan di Indonesia untuk mendapatkan dan juga memeliharanya.

Habitat Burung Anis Macan

Habitat Burung Anis Macan
Habitat Burung Anis Macan

Lalu untuk Habitat Burung Anis Macan sendiri kebanyakan ada pada kawasan pulau Nusa Tenggara, Sumba dan juga berada di Timor. Jenis burung ini juga sangat senang sekali hidup di Hutan liar.

Namun, menurut dari informasi terbaru bahwa Burung Anis Macan ini sudah mengalami penurunan dari jumlah dan bisa dibilang kalau spesies ini masuk kedalam daftar Burung Kicauan yang hampir punah.

Pastinya karena penangkapan liar ataupun pembakaran hutan yang menjadikan area Habitat mereka rusak. Oleh sebab itu selalu diingatkan supaya selalu menjaga kelastarian hutan liar supaya burung burung kicauan tidak kehilangan habitat asli mereka.

Ciri Burung Anis Macan

Sedangkan untuk Ciri khas Burung Anis Macan sendiri memiliki warna tubuh yang kebanyakan berwarna coklat. Akan tetapi pada bagian bawahnya berwarna putih dan juga hitam.

Kemudian memiliki sisik sisik unik pada tubuhnya dengan warna kuning yang ada pada bagian tepi bulu. Burung Anis Macan ini pun juga mempunyai paruh yang berwarna cokelat gelap.

Lalu pada bagian kaki berwarna merah jambu dan yang pastinya memiliki khualitas suara kicauan yang begitu bagus. Jadi burung ini sangat diminati ataupun dicari oleh para pecinta burung kicauan di Indonesia.

Untuk saat ini habitatnya juga sudah mulai terancam oleh perusakan hutan dan penangkapan liar. Akan tetapi belum ada laporan pasti mengenai berapa jumlah populasi, dan besarnya ancaman terhadap jenis burung ini.

Perbedaan Anis Macan Jantan dan Betina

Untuk yang Jantan dan juga yang betina tentunya ciri pada bagian fisiknya tidak akan serupa satu sama lainnya. Untuk ciri burung anis macan yang berjenis kelamin jantan yaitu sebagai berikut ini

  • Bentuk matanya yang menonjol keluar.
  • Memiliki warna bulu yang terlihat lebih mengkilap bila di bandingkan dengan yang betina.
  • Pada bagian ekornya cenderung memiliki warna hitam agak abu.
  • Cara berdirinya yang terlihat tegak.
  • Bagian paruhnya memiliki warna hitam pekat.

Dengan mengetahui ciri burung anis macan tersebut, nantinya akan memudahkan anda yang ingin memelihara atau beternak burung anis macan ini. Karena di dalam memelihara burung anis macan pastinya penting bisa tau ciri burung anis macan jantan dan yang betina.

Tinggalkan Komentar