Cara Ternak Burung Kenari Af yang Baik dan Benar

Burung kenari AF termasuk jenis burung kenari yang banyak dicari oleh para penghobi kenari (kenari mania). Burung kenari AF ini banyak sekali diminati oleh para pecinta burung kicauan karena memang memiliki banyak sekali keunggulan jika dibandingkan dengan jenis yang lainnya.

Salah satu faktor mengapa burung kenari AF banyak peminatnya yaitu karena bentuk tubuhnya yang lebih kecil dan mungil dari pada dengan jenis kenari lain. Sesui dengan pengamatan serta pengalaman jika burung kenari yang lebih kecil pada umumnya memiliki mental yang kuat.

Dengan demikian akan sangat rajin dan suka gacor dibandingkan dengan kenari yang berukuran besar darinya. Namun, meskipun demikian dalam sebuah perlombaan kenari, ternyata ukuran tubuh tidak begitu diperhatikan.


burungmasbejo.blogspot.com

Sebab pada umumnya jika yang dinilai dari segi fisik, maka yang dinilai bukan besar maupun kecilnya bentuk tubuh kenari. Namun yang dinilai yaitu dari keindahan bentuk kenari dan juga kelincahannya.

Yang pasti untuk sebuah pelombaan, biasanya yang dinilai adalah kenari harus bisa bernyanyi dengan kicauannya yang indah, gayanya yang bagus dan unik. Selain itu juga dengan volume suaranya yang lantang dan keras, serta semakin gacor.

Cara Ternak Burung Kenari Af

Karena keunggulannya maka banyak orang yang ingin mencoba ternak burung kenari AF ini. Cara ternak burung kenari AF ini juga tidak berbeda dengan beternak burung kenari yang lainnya.

Perawatan Burung Kenari

Yang paling penting diterapkan dalam cara ternak burung kenari AF yaitu dengan mengetahui cara perawatan yang tepat. Sebab, untuk memelihara burung Kenari sama halnya pada saat anda merawat anak sendiri.

Guna memaksimalkan pertumbuhan dan kualitas Kenari perlu nutrisi serta vitamin yang tepat. Anda semua bisa memberikan makanan burung Kenari dengan pakan campuran biji-bijian yang bernutrisi.

Untuk menambah nutrisi bisa anda silang dengan sayuran danjuga kroto.Untuk Kenari yang mulai bertelur vitamin yang biasanya digunakan peternak burung yaitu ferti-vit fungsinya supaya telur tidak kosong atau tidak menghasilkan anakan.

Cara ternak burung kenari AF selanjutnya yaitu dengan pemilihan letak kandang. Usahakan kandang juga berada pada tempat sunyi dan bebas dari serangga. Hal ini bertujuan untuk menghindari stres pada burung pada saat sedang proses perkawinan.

Penjodohan Burung Kenari AF

Proses perjodohan Kenari ini terkadang juga susah untuk dilakukan. Yang harus anda perhatikan adalah usia burung Kenari sudah cukup. Yaitu 6 bulan untuk kenari betina dan 8 bulan untuk yang berjenis kelamin jantan.

solusinya.net

Lain halnya dengan burung kenari Yorkshire yang memerlukan waktu 1 tahun. Jangan langsung menaruh kenari pada satu sangkar. Akan tetapi, taruhlah yang beda sangkar yang didekatkan pada pagi hari. Pada umumnya, burung Kenari yang cocok antara jantan dan betina yaitu pada saat sudah saling memanggil. Yaitu sudah mau berkicau bergantian antara jantan dan yang betina.

Siapkan Sarangnya

Jika telah berjodoh, cara ternak kenari AF selanjutnya pada saat sore harinya letakkan pada satu kandang yang telah ditaruh serabut. Tanda indukan yang sudah akan bertelur yaitu pada saat burung kenari jantan mulai membuat sarang.

Untuk proses bertelur pada umumnya terjadi pada hari ke 6-9 sesudah perjodohan. Anda bisa memisah induk jantan dari betina sesudahbetina bertelur antara 2 sampai dengan 3 butir. Tujuannya tak lain untuk menghindari anakan mati terinjak burung yang jantan.

Telur – telur burung kenari akan menetas pada hari ke 14. Dan ketika npengeraman usahakan suhu sekitar kandang tersebut hangat. Hal ini bisa dibantu dengan menambahkan lampu. Anakan uyang usia 20an hari berarti telah siap di letakkan pada kandang yang berbeda. Dan untuk Indukan burung kenari ini bisa diternakkan lagi.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.