Cara Mudah Mengatasi Burung Cendet Monting dan Salto di Lapangan

Cendet termasuk burung kicau yang agresif dan juga sulit untuk dikendalikan. Terkadang saat burung cendet dilombakan malah mengeluarkan perilaku negatif sperti monting atau polah dan dan juga salto.

Sedangkan kelakuan yang seperti itu bisa mengurangi penilaian juri. Walaupun cendet yang seperti ini tidak semua, tapi cendet yang monting dan salto lebih banyak ditemui.

Kebiasaan cendet yang seperti ini seharusnya diperhatikan secara khusus dan mencoba berbagai cara untuk mengatasi burung cendet monting dan salto.

Ketika di gantangan, burung ini terkadang tidak mau diam di satu titik pangkringan. Burung kerap terlihat melompat, ngeruji, dan kadang kala juga. Dengan demikian bisa dipastikan jika nilainya akan turun.

Burung Cendet Monting dan Salto

Burung Cendet Monting dan Salto
Burung Cendet Monting dan Salto

Untuk anda yang sudah mahir dalam memelihara cendet, permasalahan seperti monting dan salto tidaklah menjadi masalah.

Bahkan dengan polahnya, burung tersebut bisa dipastikan termasuk jenis burung yang sangat bagus, dari materi maupun mental.

Pada umumnya, burung yang suka melakukan monting merupakan jenis burung yang mempunyai materi istimewa.

Sedangkan monting untuk burung seperti ini adalah wajar sebab untuk mengambil napas kembali setelah habis dipakai dalam mengeluarkan materi tembakan dan roling yang tidak putus-putus.

Sebagaimana kita ketahui bahwa materi tembakan pada burung apapun, termasuk cendet, memerlukan tenaga yang ekstra dan napas yang lebih.

Karenanya, jika cendet mengeluarkan senjata pamungkas seperti ini, burung kerap kali kehabisan napas dan tenaga.

Bahkan terkadang burung cendet melakukan ngetem (berhenti sejenak) namun selanjutnya akan main kembali dengan rol tembaknya.

Hal ini dipengaruhi karena cendet merasa kehilangan tenaga serta napas. Dalam mengembalikan kondisinya, burung harus melakukan monting dan salto, bahkan ngetem.

Mengatasi Burung Cendet Monting dan Salto

Mengatasi Burung Cendet Monting dan Salto
Mengatasi Burung Cendet Monting dan Salto

Dalam mengatasi burung cendet monting dan salto, tentu saja tidak akan bisa. Apabila Anda terpaksa melakukannya, seperti halnya Anda berusaha untuk mencegah supaya cendet tidak mengeluarkan materi mewahnya.

Sebab apabila cendet tidak salto termasuk tanda dari napas cendet yang normal-normal saja. Selain itu juga tidak membawakan materi tembakan.

Oleh sebab itu, anda harus memahami bahwa sepanjang cendet membawakan materi tembakan, sepanjang itu pula cendet melakukan polah.

Namun terdapat beberapa cendet yang memiliki materi istimewa dengan rol yang sangat bagus dan tembakan yang panjang-panjang, burung tetap saja diam di satu titik.

Tetapi demikian, untuk menjumpai burung dengan tipe aman, namun materi istimewa ini akan sulit. Jika dijumpai, kadang kala dampaknya yaitu sering mengalami ngetem.

Akan tetapi apabila Anda bisa menyetelnya dengan baik, burung dengan tipe seperti ini bisa jadi berpeluang mendulang poin penuh setiap kali digantangkan di lapangan.

Mengatasi Dengan Main Basah

Cara yang paling tepat dilakukan dalam mengatasi burung cendet monting dan salto yaitu mengurangi dengan main basah.

Main basah yaitu dilakukan dengan cara membuat burung tampil di lapangan dengan bulu basah dalam kondisi sesudah disemprot terlebih dahulu sebelumnya.

Cara mengatasi burung cendet monting ini harus dilakukan dengan baik. Misalnya saja bulu burung tidak terlalu basah, hal tersebut tidak akan mengurangi performa dan materi burung.

Anda bisa menyemprotnya dan dilakukan kapan dan di mana saja. Akan tetapi kebanyakan cendet mania akan memandikan burung di lapangan.

Dan satu atau dua sesi sebelum sesi cendet. Hal ini tujuannya supaya burung tampil dalam kondisi yang tidak terlalu basah.

Dengan begitu bisa terhindar dari didis di lapangan. Hal ini pun bisa menjadikan burung untuk tampil lebih maksimal.

Tinggalkan Komentar