Cara Menyilangkan Lovebird Agar Memiliki Anakan Yang Bagus

Lovebird adalah jenis burung yang memiliki warna cantik dan banyak digemari. Jenis lovebird ini di indonesia juga ada yang dipelihara untuk di jadikan sebagai burung kontes atau jenis burung rumahan.

Maka dari itu, walaupun sesungguhnya habitat aslinya yaitu berada di mancanegara akan tetapi di indonesia jenis burung love bird yang memiliki suara merdu dan warna cantik ini banyak di pelihara untuk dilombakan di tanah air kurang lebih mulai tahun 1985.

Dan burung lovebird ini juga termasuk salah satu jenis burung hias yang dinilai dari keelokan warna dari bulunya yang sudah berfariasi.

Cara Menyilangkan Lovebird
Cara Menyilangkan Lovebird

Lovebird yang memiliki warna cantik bisa anda jumpai dan anda bisa melihat pada love bird muka salem, lovebird kacamata topeng dan juga lovebird kacamata fischer yang mudah sekali di dapati dan juga dipelihara.

Kemudian dari 3 jenis tersebut di habitat alami populasinya sudah mulai sejak menyusut. Maka dari itu, lovebird muka salem sering sekali asalnya alami dari hasil mutasi.

Dan mutasi itu terjadi sebab para pecinta dan juga para penangkar melakukan penyilangan agar bisa menghasilkan rarna yang bervariasi dan cantik.

Variasi Warna Lovebird

Variasi Warna Lovebird
Variasi Warna Lovebird

Untuk mendapatkan anakan lovebird yang bagus serta bervariasi, sebaiknya kita harus memilih indukan yang juga baik. Misalnya sekarang ini di pasaran, anakan lovebird lutino dan biru mangsi maupun lovebird violet punya harga yang cukup tinggi dan paling stabil.

Dengan demikian pecinta lovebird mencoba supaya hasil ternak bisa punya anakan lutino serta biru mangsi. Sebab indukan nantinya akan mewariskan sifat kepada anakannya.

Sehingga jika kita ingin punya anakan lutino yang banyak, maka sebaiknya memiliki sepasang indukan lutino atau salah satu indukannya yaitu jenis lutino. Berikut ini cara menyilangkan lovebird agar hasilnya bagus.

Cara Menyilangkan Lovebird Agar Hasil Bagus

Cara menyilangkan lovebird yang bagus harus anda lakukan untuk memperoleh anakan yang baik. Persilangan lovebird untuk menghasilkan anakan yang bagus yaitu dengan cara kita sendiri yang mencari indukan yang dinilai bagus juga.

Apabila kita menginginkan kualitas dari segi warnanya, sebaiknya kita memiliki kualitas warna indukan yang dinilai cukup bagus. Diantaranya warna lovebird yang harganya terbilang tinggi seperti lovebird albino, batman, serta yang paling mahal sekarang ini yaitu jenis biola.

Langkah menelurkan love bird yang bermutasi merupakan hal yang tidak mudah. Misalnya induk, harus mengambil gen mutasi. System memperoleh induk juga sama seperti itu.

Bahkan membutuhkan waktu bertahun-tahun melintasi serangkaian penangkaran. Karena itu, para pehobi di tanah air lebih memastikan induk pembawa gen mutasi yang terdapat pada love bird tersebut.

Kemudian cara menyilangkan lovebird lutino, peluang paling besar yaitu untuk cara mengawinkan jantan hijau normal bersama dengan burung betina lutino.

Dengan langkah tersebut kita akan memperoleh peluang untuk anak lutino yang memiliki ciri dengan warna mata merah dalam masa generasi pertama dan kita akan memperoleh 40 sampai dengan 50%.

Dari beberapa persilangan itu kita akan mendapatkan love bird albino semakin sulit meski langkahnya udah ada. Yaitu dengan cara mengawinkan betina lutino yang kelihatan dari silangan betina warna biru bersama jantan lutino. Kemudian juga yang jantan dari persilangan betina lutino dan juga jantan biru .

Dengan cara menyilangkan lovebird tersebut, maka anda bisa mendapatkan generasi lovebird dengan kualitas warna yang cantik.

Tinggalkan Komentar