Cara Menjinakkan Burung Pleci Kecial Lombok Paling Mudah

Indonesia memiliki beragam burung asli yang tidak bisa dijumpai di negara lain. Dan bahkan terkadang jenis burung yang dimilikinya hanya terdapat pada satu daerah atau pulau saja.

Salah satu jenis burung tersebut adalah burung Pleci Kecial Lombok, atau sering disebut Pleci Kuning Lombok. Yang mana, jenis burung ini semakin digemari sejumlah para pecinta burung kicauan yang ada di Indonesia.

Sebetulnya burung ini juga termasuk salah satu subspesies maupun ras dari burung kacamata perut kuning / lemmon-bellied white eye (Zosterops chloris).

Daerah Persebaran Burung Pleci Kecial Lombok

Karena merupakan ras atau subspesies dari kacamata perut kuning, jenis burung Pleci Kecial Lombok (Zosterops chloris maxi) hanya dijumpai di dua pulau yang berdekatan. Dantaranya yaitu Pulau Lombok (Nusa Tenggara Barat) serta Nusa Penida (Bali).

Ciri Khas Burung Pleci Kecial Lombok

hbw.com

Kecial Lombok / Pleci Kuning Lombok, yang akhir-akhir ini banyak disukai oleh pecinta burung Pleci yang ada di Indonesia. Dan sebetulnya sudah lama menjadi burung lomba yang ada di Pulau Lombok. Setiap sore, atau setiap akhir pekan, masyarakat juga kerap menguji kualitas dari burung yang dipeliharanya.

Apabila membeli burung Pleci Kecial dari bahan ombyokan pada umumya burung cenderung masih giras dan takut pada saat kita dekati.

Cara Menjinakkan Burung Pleci Kecial Lombok

hbw.com

Untuk menjadikan burung Pleci Kecial Lombok lebih tenang dan tidak giras dibutuhkan beberapa waktu untuk melatihnya dengan terapi penjinakkan. Cara menjinakkan burung Pleci Kecial Lombok ini bisa terbilang cukup mudah.

Pleci kecial lombok mempunyai penampilan serta suara yang berbeda jika dibandingkan dengan jenis burung kacamata yang lainnya. Dengan memiliki ukuran tubuh yang lebih besar serta juga suara nada call yang terdengar lebih terdengar keras seperti anak ayam. Hal ini pastinya sangat berbeda dibandingkan dengan burung kacamata yang lainnya.

Pemberian Pakan Pleci

Demikian halnya dalam hal cara menjinakkan burung Pleci Kecial Lombok dan cara perawatan harian atau dalam hal pakan. Pleci kecial lombok ini sebaiknya diberikan pakan yang porsinya lebih besar juga dari pada dengan jenis burung Pleci yang lainnya.

Kemudian, apabila anda semua memiliki burung Kecial lombok yang masih giras, sebaiknya anda segera melakukan cara menjinakkan burung Pleci Kecial Lombok dengan baik dan benar.

Pada saat anda melakukan pengembunan pagi, anda bisa mencoba melepas cepuk pakan dan juga minumnya. Dan sesudah pengembunan, semprot burung dengan sprayer hingga burung tersebut basah kuyup.

Dalam kondisi yang basah tersebut, anda bisa memberikannya ulat hongkong putih atau jangkrik kecil yang telah dibersihkan kaki-kakinya dengan memakai lidi panjang.

Apabila anda mencopot pakan dan minuman pada waktu penjemuran, diharapkan burung menjadi lapar kemudian mau menyambar pakan yang diberikan dengan menggunakan lidi tersebut.

Cara menjinakkan burung Pleci Kecial Lombok dengan cara meloloh dengan menggunakan lidi panjang ini sangatlah tepat untuk melatihnya lebih jinak.

Dan pada saat burung sudah mau menyambar pakan yang kita ulurkan, anda bisa memendekkan lidi tersebut setiap harinya hingga kita bisa langsung memberikan pakan tersebut dengan memakai tangan kita langsung.

Apabila Pleci anda sudah mau menyambar pakan dari tangan kita langsung, berarti burung sudah bisa lebih jinak dan tidak takut lagi dengan manusia.

Anda bisa menerapkan cara ini sabar dan konsisten, pada umumnya tidak sampai memakan waktu 3 minggu, perilaku giras pada burung Pleci Kecial lombok nantinya akan menurun dan mulai tenang.

Tinggalkan Komentar