Cara Menjinakkan Burung Gereja Liar

Kesulitan menangkap burung gereja liar? Berikut cara menjinakkannya!

Burung gereja merupakan burung yang banyak dipelihara oleh para pencinta burung untuk dijadikan master yang dimanfaatkan untuk melatih aneka burung lainnya. Sebagian pencinta burung memilih menggunakan master dalam bentuk mp3, tetapi sebagian lainnya lebih suka menggunakan burung gereja yang sudah dirawat menjadi burung master.

Burung gereja banyak ditemukan di area penggilingan padi atau dibeli secara ombyokan di pasar burung. Burung gereja memiliki karakter gesit dan tidak mudah dijinakkan, oleh karena itu diperlukan trik khusus untuk menjinakkan burung ini. Berikut cara menjinakkan burung gereja liar yang bisa Anda coba:

  • Pancing dengan Beras

Beras – pixabay.com

Untuk memancing burung gereja liar yang berkeliaran di sekitar pekarangan, Anda bisa mencoba menggunakan segenggam beras untuk menarik perhatiannya. Sebagian pencinta burung telah mencoba trik ini dan berhasil menangkap burung gereja liar.

  • Posisikan Sangkar di Tempat yang Tenang dan Nyaman

Sangkar Burung – pixabay.com

Letakkan sangkar burung gereja di tempat yang tenang dan nyaman. Hal ini dapat berpengaruh positif terhadap kondisi psikologis si burung. Meletakkan sangkar di tempat yang tidak terlalu ramai oleh lalu lalang orang dapat memudahkan burung gereja dalam beradaptasi dari alam liar ke kehidupan di dalam sangkar.

  • Berikan Makanan yang Bergizi secara Rutin

Jagung – pixabay.com

Burung gereja biasa memakan biji-bijian. Anda bisa memberinya makan padi atau biji jagung. Selain itu, Anda harus memberinya minum dan makanan tambahan secara teratur. Mengenai cara pemberian makan pada burung gereja, sebaiknya Anda memberikannya dengan cara meloloh atau menyuapinya. Hal ini bertujuan agar si burung tahu siapa tuan yang merawatnya sehingga burung tersebut lebih mudah dijinakkan.

Saat meloloh burung gereja, sebaiknya Anda bersiul-siul. Hal ini dapat membantu burung gereja merekam siulan Anda dan nantinya lebih mudah saat dilatih menjadi burung masteran.

  • Mandikan Burung Gereja Secara Teratur

Burung gereja – pixabay.com

Burung gereja perlu dimandikan secara teratur setiap pagi dan sore hari. Anda bisa menggunakan spray atau semprotan untuk memandikannya. Memandikan burung dapat mencegah serangan kutu dan penyakit. Selain itu, saat memandikan burung juga bisa menjadi saat yang bagus untuk pendekatan, yaitu dengan mengelus-elus kepalanya secara lembut dan penuh kasih sayang.

  • Jauhkan dari Hewan Lain

Burung Gerejav-pixabay.com

Burung gereja pada dasarnya memiliki karakter mudah panik yang ditunjukkan dengan terjadinya kelabakan jika didekati hewan lain. Oleh karena itu, jauhkan burung ini dari anjing, kucing, maupun burung gereja lainnya. Mengapa burung gereja liar yang siap dimasterkan harus dijauhkan dari burung gereja lain padahal mereka sejenis? Karena burung gereja dikhawatirkan mudah terpengaruh dan muncul kembali sifat liarnya.

Burung gereja biasa memakan biji-bijian. Anda bisa memberinya makan padi atau biji jagung. Selain itu, Anda harus memberinya minum dan makanan tambahan secara teratur. Mengenai cara pemberian makan pada burung gereja, sebaiknya Anda memberikannya dengan cara meloloh atau menyuapinya. Hal ini bertujuan agar si burung tahu siapa tuan yang merawatnya sehingga burung tersebut lebih mudah dijinakkan.

Saat memilih burung gereja untuk dijadikan masteran, jangan lupa memilih burung gereja berjenis kelamin jantan. Hal ini dikarenakan burung gereja jantan lebih senang berkicau dan memiliki suara kicau yang khas. Untuk memudahkan Anda membedakan burung gereja jantan dan betina, Anda dapat memperhatikan corak pada tubuhnya. Burung gereja jantan memiliki warna kepala yang lebih gelap dan bercak di pipi yang lebih pekat, sedangkan burung gereja betina memiliki corak kepala dan bercak di pipi yang agak memudar.

Anda juga sebaiknya memilih burung gereja yang masih anakan atau piyik jika ingin melatihnya menjadi master. Burung gereja yang dipelihara sejak kecil cenderung lebih jinak dan menurut kepada tuannya.

Demikian ulasan mengenai cara menjinakkan burung gereja liar. Semoga bermanfaat dan selamat memasterkan burung gereja Anda.

Tinggalkan Komentar