Mengenal Berbagai Jenis Ekstra Fooding Untuk Burung Kacer

Burung kacer merupakan burung kicau yang punya performa yang cukup bagus. Akan tetapi semua itu tak lepas dari perawatannya sehari hari.

Agar bisa mendapatkan burung kacer yang bagus dan berkualitas berikanlah ekstra fooding untuk dijadikan sebagai sebagai sumber protein utama yang berperan untuk mendongkrak stamina dan birahi Kacer.

Sebab jika tidak diberikan ekstra fooding (EF), Kacer tidak akan memiliki performa yang baik. Berikut ini jenis ekstra fooding untuk burung kacer yang bisa anda berikan.

Ekstra Fooding Untuk Burung Kacer

Ekstra Fooding Untuk Burung Kacer
Ekstra Fooding Untuk Burung Kacer

Jangkrik

Jangkrik merupakan ekstra fooding untuk burung kacer yang wajib anda berikan untuk semua tipe Kacer. Dengan diberikan jangkrik nanatinya karakter fighternya akan menjadi semakin kuat.

Namun akan lebih baik jika menggunakan jangkrik alam, sebab kandungan proteinnya lebih tinggi dari jangkrik broiler.

Ulat hongkong (UH)

Ekstra fooding berupa ulat hongkong ini diperlukan untuk Kacer yang fighter rendah. Ulat hongkong bisa untuk menaikkan tensi Kacer supaya mudah emosi.

Jadi bisa agresif dan responsif dengan keberadaan Kacer lain yang ada di sekitarnya.

Ulat hongkong juga bisa untuk menghangatkan tubuh kacer ketika cuaca dingin. Sebab sifatnya yang panas, ulat hongkong dapat dimanfaatkan pada saat Kacer mabung untuk mempercepat rontoknya bulu-bulu Kacer. Pakailah ulat hongkong yang masih berwarna putih.

Belalang

Belalang merupakan ekstra fooding untuk burung kacer yang terbaik. Sebab kandungan proteinnya yang lebih tinggi jika dibandingkan ekstra fooding yang lainnya.

Belalang juga baik sekali jika digunakan untuk Kacer yang lambat panas/kurang fighter. Akan tetapi jika sulit untuk mendapatkannya, belalang ini juga bisa kita jadikan sebagai ekstra fooding alternatif saja.

Kroto

Kroto juga termasuk jenis pakan yang sangat diperlukan untuk Kacer yang temprament/tipe fighter tinggi.

Sebab sifat kroto yang dingin fungsinya untuk meredam emosi Kacer yang terlalu tinggi. Pakan berupa kroto ini sangat efektif untuk dijadikan penambah energi yang besar untuk Kacer.

Sebab kandungan proteinnya yang tinggi. Pilihlah kroto yang bersih dan masih segar.

Ulat Daun Pisang

Ulat daun Pisang
Ulat daun Pisang

Ulat yang hidup di dalam daun pisang yang menggulung ini sangat baik untuk digunakan sebagai menu makanan pada burung Kacer yang over emosi/tipe fighter tinggi.

Sebab di dalam ulat ini ada kandungan airnya yang sangat bermanfaat untuk mendinginkan suhu tubuh Kacer yang terlalu fighter.

Di dalam ulat daun pisang juga terdapat kandungan protein yang cukup tinggi dan tentunya juga bagus sekali untuk mendongkrak stamina Kacer.

Ulat daun pisang juga bisa digunakan untuk ekstra fooding (EF) altetnatif untuk Kacer. Sebab tidak mudah untuk mendapatkannya.

Sebelum dipakai bersihkan dulu serbuk putih yang ada di permukaan ulat daun pisang menggunakan air sampai bersih.

Ulat Bambu

Ulat bambu juga memiliki manfaat yang besar untuk Kacer yang sedang dalam kondisi over birahi (OB), manfaatnya hampir sama dengan ulat daun pisang.

Ulat ini juga bisa anda dapatkan dengan mudah. Sebab banyak dijual dikios-kios burung. Dengan demikian ulat bambu bisa digunakan kapan saja kita membutuhkannya.

Cacing

Cacing juga bisa kita jadikan sebagai ekstra fooding alternatif untuk burung Kacer yang memiliki tipe fighter tinggi.

Dan fungsinya untuyaitu bisa untuk menurunkan tensi Kacer yang emosinya meluap-luap dan juga bisa untuk menurunkan birahi Kacer.

Sebelum memberikan cacing terlebih dulu bersihkan dulu kotoran yang ada didalam perut cacing.

Tinggalkan Komentar