Cara Menjinakkan Burung Cendet Tangkapan Hutan

Burung cendet merupakan burung kicauan yang banyak dipelihara oleh para pecinta burung kicauan. Ciri khas burung cendet yang banyak disukai oleh para kicaumania adalah suaranya yang lantang dan juga pandai menirukan suara kicauan burung yang lain.

Burung cendet juga termasuk salah satu burung yang punya ukuran tubuh kecil dan suara asli dari burung ini mungkin kurang bervariasi jika didengarkan, akan tetapi, burung ini punya kemampuan untuk menirukan berbagai macam suara burung lainnya.

Dan jika anda mengetahui cara merawat burung cendet dengan baik, maka burung tersebut akan bisa menghasilkan suara yang bagus dan juga gacor.

Jika burung cendet yang anda peroleh adalah hasil tangkapan hutan, biasanya burung tersebut dalam kondisi giras. Untuk memeliharanya anda harus menjinakkan burung cendet bakalan hutantersebut.

Cara Menjinakkan Burung Cendet
Cara Menjinakkan Burung Cendet

Cara merawat dan menjinakkan burung cendet muda hutan berbeda jika dibandingkan cara merawat cendet trotolan. Apabila cendet trotolan, pastinya akan mudah jinak sebab telah anda pelihara dan diloloh sejak kecil.

Akan tetapi, untuk bakalan cendet muda hutan yaitu burung cendet dewasa hasil tangkapan hutan yang sering hidup dihutan liar dan pastinya tidak terbiasa dengan manusia.

Oleh sebab itu, dibutuhkan perawatan khusus. Sebab burung cendet bakalan muda hutan lebih rentan stress dan juga mudah mati,apabila anda salah di dalam perawatannya.

Cara Menjinakkan Burung Cendet Bakalan Hutan

Bakalan burung cendet muda hutan pada umumnya akan sangat giras dan juga takut dengan manusia. Sebab mereka terbiasa hidup di area hutan serta mencari makan sendiri.

Maka dari itu, tak heran apabila burung cendet muda hutan sering ngelabak serta menabrak jeruji kandang. Jadi mengakibatkan bulu-bulunya kerap rusak dan ada luka pada bagian atas paruh.

Hal ini bisa terjadi apabila anda tidak mengetahui dengan benar cara merawatnya. Namun, apabila anda mengetahui cara menjinakkan burung cendet bakalan muda hutan tersebut, pastinya burung cendet akan tetap mulus, gacor, dan juga tidak takut dengan manusia lagi.

Beri Kandang Yang Tepat

Untuk cara menjinakkan burung cendet, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah anda harus membuat burung cendet terbiasa hidup pada kandang.

Sehingga tidak takut dengan manusia serta lingkungan sekitar. Anda sebaiknya memberi full kerodong tebal atau kerodong berlapis.

Kemudian taruh burung di dalam rumah atau pada ruangan yang tenang kurang lebih selama 1 minggu. Supaya, burung mulai beradaptasi dengan kandang, wadah pakan, serta lingkungan.

Berilah Makanan Tambahan

Makanan Burung Cendet
Makanan Burung Cendet

Berikan makanan tambahan berupa ulat kandang lalu di campur dengan voer untuk melatih supaya burung nantinya dapat terbiasa makan voer.

Sebab pada saat dialam bebas pastinya burung tidak pernah makan voer, berikan juga air minum yang cukup.

Berikan juga makanan tambahan jangkrik dengan memakai tusuk sapu lidi supaya burung mulai mengenali anda sebagai pemiliknya.

Jumlahnya tidak harus banyak-banyak, cukup dengan 2 ekor pada tiap pagi, sore, serta menjelang tidur (malam hari).

Anda bisa mengecek keadaan pakan, entah itu ulat kandang, voer, ataupun air minum. Apabila sudah mulai habis tambahkan kembali jangan biarkan sampai kehabisan.

Pemandian

Anda bisa melakaukan hal tersebut setidaknya selama 10 hari kebelakang. Sebab pada umumnya dalam waktu 10 hari burung sudah mulai terbiasa dengan lingkungan dan pakan. Setelah itu anda bisa memandikannya.

Anda bisa memandikan burung cendet sebanyak 2 kali dalam satu minggu. Bisa anda mandikan dengan spray kemudian gantangkan di luar rumah.

 

Tinggalkan Komentar