Penyebab Lovebird Sering Keluar Glodok Pada saat Mengeram

Untuk para penangkar Lovebird pastinya sering menjumpai masalah seperti perilaku lovebird yang sedang mengeram akan tetapi Lovebird sering keluar glodok. Perilaku yang demikian harusnya diperhatikan dengan baik, apalagi untuk yang pemula.

Indukan Lovebird yang mengeram tapi kerap keluar glodok bisa dikatakan termasuk tanda-tanda dia tidak betah berada di glodoknya yang dalam waktu lama. Hal seperti itu tentu saja akan berpengaruh pada telurnya atau anakan Lovebird.

Glodok merupakan kotak sarang yang yang dibuat para pemilik Lovebird untuk membantu lovebird menempatkan serta mengerami telurnya. Pada umumnya, burung Lovebird yang sedang memiliki telur akan selalu ada di glodok untuk mengerami telurnya.

Apabila keluar, mungkin hanya sebentar untuk makan dan minum. Atau terkadang karena ingin mengepakkan sayapnya. Namun, jika sering maka sangat tidak baik untuk kualitas telur yang dimilikinya.

Penyebab Lovebird Sering Keluar Glodok Saat Mengeram

Penyebab Lovebird Sering Keluar Glodok Pada saat Mengeram
kicau.info

Terdapat beberapa faktor penyebab Lovebird sering keluar glodok meskipun dia memiliki kewajiban untuk mengerami telurnya.

Biasanya perilaku seperi ini karena adanya gangguan yang menjadikan dia merasa tidak nyaman atau merasa tidak betah berada dalam glodoknya dan memilih untuk keluar.

Sedangkan untuk penyebab Lovebird sering keluar glodok ketika sedang mengeram adalah sebagai berikut:

Pemilik Sering Membuka Glodok

Perilaku membuka glodok pada saat Lovebird sedang mengerami telurnya ini dapat menjadikan Lovebird itu merasa tidak aman serta merasa stres. Dengan demikian bisa keluar dari dalam glodoknya.

Lovebird juga menilai jika kebiasaan itu merupakan gangguan yang ada pada dirinya serta telur-telurnya. Anda dapat memberikan kebebasan bagi lovebird untuk mengerami telurnya dengan menjaga rasa ingin tahu pemiliknya.

Lingkungan Sekitar Terlalu Berisik

Terkadang, Lovebird mengeram kerap keluar glodok sebab burung itu tidak betah dengan kondisi luar glodok yang keadaannya sangat berisik.

Lovebird juga merasa tidak nyaman serta adanya suara-suara berisik. Dengan demikian dia memutuskan untuk keluar dari glodoknya.

Anda bisa menempatkan Lovebird yang sedang mengeram pada tempat yang tidak dilewati oleh banyak orang. Anda bisa memberikan ruangan yang nyaman dan lingkungan yang sepi. Dengan demikian, Lovebird fokus dalam mengerami telurnya.

Anda bisa menaruhnya di belakang rumah yang jarang dilewati orang, lalu anda dapat beri tanda khusus untuk tidak menciptakan kegaduhan.

Gangguan Dari Jantan Over Birahi

Lovebird Sering Keluar Glodok
arenahewan.com

Penyebab Lovebird keluar dari glodok juga bsa karena gangguan yang jantan. Kesalahan peternak pemula yaitu betina dan jantan pada saat sedang mengerami telurnya tidak dipisahkan.

Jantan yang sedang mengalami over birahi mungkin bisa jadi mengganggu yang berjenis kelamin betina yang berada di dalam glodok. Sedangkan untuk gangguan semacam itu akan menjadikannya keluar dari glodok sebab merasa tidak nyaman.

Maka dari itu, sebaiknya anda sebagai pemilik segera memisahkan jantannya jauh dari betina. Ini merupakan cara efektif selain tidak memberikan makanan Lovebird supaya cepat birahi seperti halnya sayuran seperti kangkung.

Suhu Glodok Terlalu Panas

Penyebab Lovebird sering keluar glodok saat mengeram yaitu suhunya yang terlalu panas. Suhu memang berpengaruh sekali terhadap kenyamanan lovebird yang ada di dalam glodok.

Suhu ketika musim kemarau memang terasa sangat panas serta menjadikan Lovebird merasa gerah untuk tetap berapa di dalam glodok. Hal tersebut bisa menjadikan para peternak menjadi gagal beternak Lovebird.

Jika anda ternak Lovebird, sebaiknya anda menempatkan Lovebird tersebut pada tempat yang mempunyai sirkulasi udara yang lancar. Bisa juga anda tempatkan di tempat yang mempunyai angin yang terasa sepoi-sepoi.

Tinggalkan Komentar