Cara Mengobati Jamur Pada Burung Kenari Paling Ampuh

Dalam memelihara burung kenari, terkadang para pemelihara mengalami berbagai macam permasalahan yang mengganggu kesehatan atau performa dari kenari. Diantaranya seperti halnya permasalahan jamur pada burung kenari. Maka dari itu, sebagai pemelihara kita perlu mengetahui bagaimana saja cara mengobati jamur pada burung kenari.

hewanpeliharaan.org

Sebab, permasalahan yang seperti ini akan menjadi hal yang menjadikan para peternak menjadi semakin cemas dan risau. Terlebih lagi apabila burung kenari kesayangan anda menjadi burung yang terjangkit beragam penyakit. Diantaranya yaitu seperti masalah infeksi jamur didaerah kaki.

Cara Mengobati Jamur Pada Burung Kenari

Nah, untuk anda yang menjumpai permasalahan seperti adanya jamur pada burung kenari, berikut ini adalah cara mengobati jamur pada burung kenari paling ampuh yang bisa anda coba.

1. Mengeluarkan Kenari Dalam Sangkar

Untuk cara yang pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan cara mengeluarkan kenari yang terinfeksi jamur terlebih dahulu dari sangkar mereka. Namun, supaya burung kenari menjadi lebih tenang dan merasa aman, sebaiknya kenari diusap terlebih dahulu dengan usapan yang lembut dan menenangkan.

Sesudah burung yang terinfeksi jamur tersebut merasa lebih nyaman dan tenang sampai tidak melakukan beberapa gerakan yang menyulitkan untuk melakukan tindakan yang selanjutnya. Maka usaplah pada bagian sela kaki dari burung kenari yang diinfeksi oleh jamur tersebut. Sampai kotoran apapun yang menempel bisa terbuang.

2. Cuci dan Keringkan

Sebagai pemelihara atau peternak burung kenari, cara yang bisa anda lakukan untuk mengobati burung kenari yang mengalami infeksi jamur yaitu dengan mencuci dengan bersih pada bagian yang terkena infeksi.

sobatkicau.com

Selanjutnya pastikan daerah tersebut memang benar-benar bersih. Lalu, pakailah kapas maupun tisu yang bersih untuk kembali mengeringkan daerah yang sudah dicuci tadi.

3. Pakailah Salep

Pada saat anda semua sudah berhasil menyelesaikan masalah dalam mencuci dan mengeringkan bagian yang terkena infeksi, untuk cara berikutnya yang harus dilakukan adalah pemberian obat lini pertama. Obat-obatan yang bisa digunakan untuk mengobati jamur ini adalah obat oles berupa salep.

4. Gunakan Minyak

Cara mengobati jamur pada burung kenari selanjutnya yaitu dengan menggunakan minyak. Jika mungkin anda menjumpai permasalahan atau kesulitan di dalam menemukan para penjual salep tersebut, maka anda bisa menggunakan pengobatan dengan alternatif minyak.

Minyak pertama yang memiliki banyak sekali manfaat bagi pengobatan kenari yaitu dengan menggunakan minyak tanah. Caranya bisa dikatakan cukup mudah, yaitu hanya degan mengoleskan minyak tanah secukupnya pada bagian yang terinfeksi jamur. Setelah itu biarkan minyak tersebut mengering dengan sendirinya.

Jenis minyak selanjutnya yang juga dinilai sangat efektif dalam mengatasi maslah kenari yang terinfeksi jamur yaitu dengan menggunakan minyak tawon. Ini merupakan jenis minyak yang dapat ditemukan di pasaran dan juga mempunyai banyak sekali manfaat. Salah satunya yaitu untuk mengatsi kaki kenari yang terinfeksi berjamur.

5. Mandikan dan Jemur

Sesudah anda semua selesai di dalam mengatasi dan memberikan pertolongan pertama pada kenari yang terinfeksi tersebut. Maka hal paling penting yang sebaiknya dilakukan yaitu dengan cara memandikan kembali dan juga menjemur burung kenari tersebut. Anda semua dapat menggunakan cara semprot untuk memandikan kenari ini.

Anda bisa memandikannya dengan menggunakan spray yang diisi dengan air bersih dan semprotkan ke tubuh kenari dengan merata. Tunggu sampai burung kenari tersebut memang keadaannya tersiram air dengan merata dan badannya telah bersih. Setelah memandikan kenari dengan baik dan benar maka anda hanya perlu menjemur burung kenari tersebut.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.