Cara Mengenali Ciri Pleci Betina Siap Kawin Dengan Mudah

Banyak pecinta burung kicau yang menyatakan hampir semua burung kicau dapat dibudidayakan dan diternak. Oleh sebab itu, saat ini banyak sekali bermunculan usaha penangkaran berbagai jenis burung kicau seperti burung pleci. Untuk menangkarkan burung pleci tentunya anda juga harus mengetahui ciri pleci betina siap kawin agar bisa membudidayakannya.

Dengan mengenali apa saja ciri pleci betina siap kawin, maka anda bisa membudidayakan burung pleci dengan tingkat keberhasilan yang tinggi.

Namun tentunya ini harus dibarengi dengan kesabaran yang ekstra untuk melakukannya. Keberhasilan tersebut tidak lepas dari usaha dan kerja keras, serta bakat alami. Bila hanya asal-asalan dalam menjodohkan, kemungkinan besar tidak berhasil.

Hal lain yang harus anda ketahui adalah beternak pleci memerlukan persiapan dan juga persyaratan. Seperti ukuran kandang, jenis burung pleci, pakan burung dan perawatan, serta masih banyak lagi yang lainnya.

Kenali Ciri Pleci Betina Siap Kawin

ocehan-kenari.blogspot.com

Dalam memahami tingkah laku burung, pastinya memerlukan perhatian khusus dan juga pengalaman. Ada beberapa tanda khusus yang bisa dilihat dari perilaku burung pleci betina yang bisa dipahami. Seperti manusia, hewan juga mempunyai perilaku yang berbeda saat mengalami sesuatu.

Dalam siklus perkembangbiakan hewan dapat anda pantau secara manual atau bisa juga memakai tabel khusus. Untuk burung pleci, ada beberapa ciri yang menunjukkan bahwa pleci siap untuk melakukan fase perkawinan.

Berikut ini kami bagikan beberapa informasi mengenai ciri fisik dan juga tingkah laku burung pleci betina yang sudah siap untuk bertelur dan dikawinkan dengan pejantan yang sedang mengalami fase birahi.

Ciri Fisik

Jika kita melihat ciri-ciri fisik yang ditampilkan oleh burung pleci betina. Maka kita bisa melihat kurang lebih 3 ciri fisik yang menonjol. Yang pertama indukan pleci betina akan bertambah gemuk.

Di dalam fase penggemukan, maka tubuh pleci betina akan lebih besar dari ukuran yang biasanya. Pada fase ini pleci betina akan menyimpan banyak sekali lemak dan juga protein yang berguna untuk memproduksi telur.

Selanjutnya anda bisa memperhatikan bagian tulang belakang burung pleci. Biasanya tulang belakang pada burung pleci betina yang siap kawin akan terlihat semakin membesar.

Satu lagi ciri fisik yang bisa anda lihat pada burung pleci betina yang sudah siap kawin yakni bulunya tampak lebih halus dan cerah. Ini merupakan fase alami yang berguna untuk memikat pleci jantan seperti burung burung lain yang ada di alam liar.

Tingkah Laku Pleci Betina Yang Sudah Siap Kawin


kicau193.blogspot.com

Selain berbagai macam ciri fisik yang bisa kita lihat dari burung pleci betina yang menunjukkan tanda-tanda siap untuk kawin. Maka kita juga bisa mengetahui cirinya dari tingkah laku burung pleci betina tersebut. Burung pleci ini akan lebih sering menaikkan ekornya dan kadang akan tampak seperti menari.

Di samping itu, tanda-tanda pleci yang sudah siap bertelur biasanya akan keluar ketika pleci sudah benar-benar akan bertelur. Karena ketika kondisi ini terjadi telur yang ada di dalam perut pleci akan tampak membesar dan ini membuat pleci akan kesulitan untuk bernafas.

Tanda lain yang bisa kita lihat adalah burung pleci akan lebih sering merapikan bulunya supaya tampak halus dan rapi.

Dengan mengetahui berbagai macam ciri fisik maupun tingkah laku pada burung pleci betina yang sudah siap kawin dan bertelur. Maka hal ini bisa dijadikan sebagai patokan tersendiri bagi anda dalam melihat indukan pleci apakah sudah siap untuk bertelur atau belum.

Dari ciri pleci betina siap kawin maka anda bisa segera melakukan persiapan bila sudah menunjukkan tanda-tanda tersebut. Namun bila belum, anda bisa memberikan pasangan tersebut treatment yang bermanfaat untuk mempercepat pembuahan telur.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.

Tinggalkan Komentar