Cara Mengatasi Lovebird Giras dan Takut Manusia Dengan Cepat

Lovebird adalah salah satu jenis burung paruh yang memiliki kicauan yang khas dengan suara ngekeknya dan juga memiliki warna bulu yang indah dan menarik. Akan tetapi, apabila Lovebird giras dan takut orang sebaiknya harus dijinakkan supaya tidak keluar dari kontek burung pajangan.

Penyebab Lovebird giras dan takut manusia bisa jadi karena merupakan hasil lolohan dari induk. Selain itu kurang perawatan dari pemilik burung tersebut. Lain hannya dengan lovebird dan diloloh maupun dispet oleh pemiliknya ketika masih usia piyik.

Lovebird yang sering diloloh akan terbiasa dengan tangan manusia, dengan demikian, pada saat ussia dewasa akan menjadi dan bisa main dengan manusia saat masuk kandang umbaran.

Cara Mengatasi Lovebird Giras dan Takut Manusia

Cara Mengatasi Lovebird Giras dan Takut Manusia
Burung.web.id

1. Memandikan Lovebird

Memandikan lovebird ternyata dinilai bisa menjadikan Lovebird bisa menjadi lebih jinak. Cara ini juga bisa dilakukan untuk burung hasil tangkapan hutan yang masih sangat liar dan belum terbiasa dengan manusia.

Anda dapat memandikan lovebird dengan cara semprot dengan menggunakan sprayer dengan setelan sedang. Sebaiknya jangan terlalu embun serta sebaiknya juga tidak terlalu kencang.

Sebaiknya anda memandikan lovebird giras hingga basah kuyup, hingga Lovebird tidak terbang lagi serta bisa diam pada tangkringan untuk menikmati semprotan air..

Bisa juga anda memandikan lovebird menggunakan tangan, namun dibutuhkan kehati-hatian. Sebab, apabila tidak hati-hati burung dapat menjadi terlepas dan terbang bebas.

Namun, apabola anda lakukan cara ini dengan baik dan benar, hasilnya bisa lebih efektif untuk menjinakkan lovebird, jika burung berinteraksi sering dengan manusia secara langsung, otomatis bisa jinak.

Untuk pemandiannya bisa anda lkaukan dengan mengusap lovebird dengan air memakai tangan anda secara perlahan. Daalam pemandian tidak perlu berlama-lama, yang penting lovebird anda basah dengan menyeluruh.

2. Gantang Ditempat yang Ramai

Lovebir giras dan takut manusia bisa diletakkan burung pada tempat yang ramai dan sering dilalui manusia. Hal ini bertujuan supaya lovebird yang giras menjadi terbiasa dengan lingkungan yang ramai dan banyak orang yang lalu lalang.

Dengan demikian, lama kelamaan Lovebird tidak akan merasa takut dengan manusia lagi. Bahkan banyak juga pemelihara yang sengaja menggantangkan burungnya pada pinggir jalan raya yang kerap dilewati oleh mobil untuk melatih mental burung lovebird.

3. Sering Dipegang dan Dielus-elus

Menjinakkan Lovebird Giras
flybabiesaviary.com

Lovebird merupakan jenis burung kicauan yang suka dimanja dan juga diperhatikan. Burung lovebird juga begitu menyukai dengan elusan tangan yang lembut baik itu pada bagian kepala maupun pada bagian tubuh yang lainnya.

Apabila anda kerap memegang Lovebird anda dan kerap berinteraksi secara langsung dengannya, dengan demikian Lovebird peliharaan anda yang giras dan takut demgan menusia tersebut akan menjadi jinak.

4. Terapi Lapar

Menjinakkan Lovebird giras dan takut manusia bisa dilakukan dengan terapi lapar. Ini juga bisa digunakan untuk menjinakkan burung yang merupakan hasil tangkapan hutan.

Langkahnya yaitu anda bisa dengan mengambil wadah pakan serta bisa membersihkan kandang yang asalnya dari sisa-sisa pakan yang berceceran ketika pagi hari sekitar jam 7 hingga jam 9.

Tujuannya yaitu untuk menjadikan Lovebird giras itu bisa menjadi lapar, pada saat lovebird giras sudah mulai lapar, kasih pakan berupa millet putih atau biji-bijian lainnya.

Dalam memberikan makan sebaiknya langsung menggunakan telapak tangan anda. Dengan cara seperti ini lama kelamaan Lovebird yang giras bisa menjadi jinak dan juga tidak takut pada manusia lagi.

Tinggalkan Komentar