Ciri Khas Burung Cabai Emas dan Kebiasaan Hidupnya

Burung cabai adalah jenis burung kicauan yang ada di Indonesia yang memiliki ciri khas yaitu tubuhnya yang mungil.

Burung cabai juga tidak hanya ada satu jenis saja, akan tetapi burung cabai ini memiliki jenis yang berbagai macam yang bisa untuk kita jumpai.

Salah satu jenis burung cabai yang ada di Indonesia yaitu burung cabai emas. Ciri khas burung cabai emas ini juga bisa kita amati dari fisiknya mauoun daei corak warnanya.

Burung cabai emas (Dicaeum Annae) adalah salah satu jenis burung yang merupakan burung kicauan endemik asli Indonesia.

Adanya jenis burung ini di Indonesia hanya ada di dua daerah, diantaranya yakni di kawasan Sumbawa dan Flores.

Dengan sempitnya atau terbatasnya daerah yang menjadi tempat hidup burung kicauan endemik ini, maka bisa menjadikan keberadaannya pun tetap harus selalu diperhatikan.

Jangan sampai habitatnya rusak karena adanya perilaku merusak alam yang menjadi habitat hidupnya.

Walaupun, menurut informasi, bahwa persebaran atau populasi dari jenis burung ini masih belum mengalami resiko kepunahan yang bisa mengancam keberadaannya di alam liar.

Ciri Khas Burung Cabai Emas

Burung Cabai Emas
burungocehan.link

Untuk ciri khas burung cabai emas ini yaitu bisa diamati mulai dari ukuran badanya yang tergolong kecil, diantaranya yakni sekitar 10 cm saja.

Tak hanya di bagian atas tubuhnya saja yang tampak berwarna hijau ke zaitunan. Ciri khas burung cabai emas ini juga bisa dilihat dari bagian tenggorokan yang tampak berwarna putih.

Selanjutnya, pada dadanya juga terlihat warna keabu-abuan yang seperti dicoret-coret.

Apabila mengamati pada bagian dagu hingga pada bagian perutnya akan terlihat warna kekuningan yang tidak begitu terang. Namun, jika dilihat seperti diselimuti oleh warna keabu-abuan.

Untuk burung cabai emas yang kehiduoannya berada di alam liar, maka bisa diketemukan di suatu daerah hutan yang punya ketinggian tanah sekitar 1800 meter di atas permukaan laut.

Tak hanya itu saja, burung yang mempunyai ukuran badan yang kecil ini juga cukup sulit diketemukan. Terlebih di daerah yang mempunyai kondisi hutan yang telah rusak atau penanaman pohonnya yang jarang-jarang.

Jadi, burung cabai emas ini bisa dijumpai pada kondisi daerah yang kondisi hutannya masih lebat dan pastinya habitatnya juga jangan sampai rusak.

Makanan Burung Cabai Emas

Ciri Khas Burung Cabai Emas
anekainfounik.net

Pada umumnya, seperti yang telah kita ketahui, jika untuk jenis burung cabai pada umumnya jenis makananannya didominasi dengan makan buah-buahan sebagai pakan hariannya.

Dengan demikian, pastinya untuk orang yang memeliharanya harus tetap menyediakan buah-buahan setiap harinya kepada burung cabai emas ini. Supaya kondisi kesehatannya tidak terganggu.

Meskipun jenis burung ini juga daat diberi pakan serangga kecil sebagai pakan selingannya saja untuk penambahan nutrisi dalam tubuhnya.

Suara Burung Cabai Emas

Ciri khas burung cabai emas ini juga bisa dilihat dari suara yang dikeluarkannya. Untuk suara yang dikeluarkan ini terdengar cukup sederhana dengan bunyi nada seperti siulan yang bernada rendah.

Selain itu, untuk irama nada yang dikeluarkannya ini juga bisa terdengar datar dan ucapan siulannya pun juga tidak banyak.

Bahkan suaranya hanya mengalami pengulangan sampai beberapa kali saja. Namun, jika untuk jenis burung endemik dari wilayah timur Indonesia ini mendapatkan perawatan dan juga pelatihan sehari-hari yang baik dan tepat, maka ciri khas burung cabai emas ini bisa memiliki kicauannya bisa meningkat dan menarik bagi pendengarnya.

Tinggalkan Komentar