Cara Mengatasi Burung Kolibri Gembung dan Lesu

Kolibri merupakan jenis burung kicauan yang berukuran kecil dan memiliki suara yang lantang. Makanan dari burung ini berupa nektar atau madu.

Bagi pemelihara yang tidak bisa merawatnya dengan baik, biasamya burung kolibri ini mudah mati. Untuk anda yang hobi memelihara burung kolibri di rumah, dalam memelihara kolibri kita harus mengetahui ciri-ciri jika kolibri peliharaann yang sedang mengalami sakit.

Terdapat banyak hal yang mengakibatkan kolibri kita sakit seperti keadaan cuaca yang berubah-ubah.

Contohnya saja ketika panas tiba-tiba hujan, nutrisi kurang terpenuhi, kebersihan kandang yang tidak terjaga. Selain itu juga karena cara merawat yang salah.

Perawatan burung kolibri lain halnya dengan perawatan burung kecil seperti pleci. Apabila burung pleci setiap hari mandi semprot, akan tetapi pada burung kolibri jangan di mandikan semprot sebab dapat fatal akibatnya. Jenis makanannya pun juga lain, yang mana pakai voer dan tanpa voer.

Burung yang sehat tampak lincah dan ramping. Serta bulu nampak mengkilap dan sorot mata tajam. Berbeda sekali dengan burung yang gembung. Mata terlihat sayu, aktifitasnya jug berkurang lebih banyak diam.

Penyebab Burung Kolibri Gembung

Penyebab Burung Kolibri Gembung
Penyebab Burung Kolibri Gembung

Tanda yang pertama kolibri sakit yaitu pada bagian bulu terlihat gembung. Yang mana bulu tampak berdiri semua. Tanda yang seperti ini juga termasuk tanda awal apabila burung sedang sakit maka kita harus segera mengetahui jika burung peliharaan anda gembung.

Akan tetapi apabila cuaca sedang mendung atau dingin burung kolibri yang kondisinya sehat juga akan mengembangkan bulunya. Namun apabila kita mencoba menyentuh pada bagian tubuhnya, maka burung akan terbang dan itu pertanda burung hanya merasa kedinginan saja.

Cara Mengatasi Burung Kolibri Gembung

Cara Mengatasi Burung Kolibri Gembung
Cara Mengatasi Burung Kolibri Gembung

Burung yang terlihat kurang lincah, dan juga malas untuk terbang dan hanya diam dipangkringan saja itu juga pertanda jika burung tersebut gembung karena sakit. Pada umumnya burung hanya diam didekat pakan dengan sesekali minum.

Apabila sebagai pemelihara mengetahui kondisi burung yang seperti itu, maka anda harus segera mencari cara untuik mengatasi burung kolibri gembung dan lesu.

Apabil kita mengetahui tanda tanda yang kurang baik pada burung kolibri, maka kita harus selektif dalam menangani. Jangan terburu-buru dalam melakukan tindakan.

Ketahui terlebih dahulu penyebab bulu kolibri menjadi gembung. Bisa jadi burung tersebut sakit atau hanya kedinginan. Karena hal tersebut akan tampak sama.

Burung yang hanya kedinginan disebabkan oleh cuaca mendung atau ditempat yang teduh. Apabila dijemur maka burung akan kembali singset dan juga tampak lincah.

Salah satu mengatasi burung kolibri gembung yaitu dengan upaya agar burung tetap hangat. Caranya yaitu dengan cara menjemur atau menaruh ditepat yang terkena sinar matahari. Dan berikan madu supaya tubuh burung tetap merasa hangat.

Kemudian untuk burung yang sakit pada saat dijemur burung akan terlihat lincah. Akan tetapi pada saat burung diletakkan di tempat teduh maka burung bisa kembali ngembang serta akan tampak malas gerak.

Apabila burung kurus segera penuhi nutrisinya supaya bisa gemuk kembali. Berilah makanan yag bernutrisi dan tercukupi dalam sehari harinya.

Jika burung gemuk tapi ngembang hal itu bisa diyakini jik burung lagi sakit. Cara yang sebaiknya di lakukan yaitu dengan mengobatinya.

Anda bisa memberikannya antibiotik untuk burung secepatnya selama kurang lebih 5 hari sampai burung kolibri anda sembuh.

Jika kobdisi tubuhnya sehat maka bulunya tidak akan terlihat gembung lagi.

Tinggalkan Komentar