Inilah Manfaat Daun Mengkudu Untuk Burung Kenari

Burung kenari termasuk salah satu jenis burung kicau yang memiliki suara merdu dan panjang. Dengan begitu, menjadikan jenis burung ini lumayan banyak digemari oleh pecinta burung kicauan.

Salah satu cara yang dapat dilakukan di dalam memperoleh suara burung berkualitas pastinya memberikan pakan terbaik yang terdapat kandungan nutrisi tinggi. Salah satu jenis pakan tambahan untuk kenari yaitu daun mengkudu.

Manfaat Daun Mengkudu Untuk Burung Kenari

Manfaat Daun Mengkudu Untuk Burung Kenari
Manfaat Daun Mengkudu Untuk Burung Kenari

Daun mengkudu punya kandungan zat yang dipercaya bisa berkhasiat di dalam menyembuhkan penyakit burung kenari. Sebetulnya tidak hanya bermanfaat untuk burung kenari saja.

Para pecinta burung kicau juga sudah banyak yang memberikannya pada burung kicau yang lain. Banyak sekali manfaat yang didapatkan dengan memberikan daun mengkudu ini.

Kicau Kenari Semakin Merdu

Manfaat daun mengkudu tidak hanya untuk manusia, tapi kandungan nutrisi yang terdapat dalam daun mengkudu ini juga bermanfaat supaya kicau dari burung kenari peliharaan anda bisa semakin merdu dan juga melancarkan kicau burung ini.

Mengobati Suara Serak

Manfaat daun mengkudu untuk burung kenari yaitu menghilangkan suara serak.

Kandungan pada daun mengkudu ini pada umumnya juga dipakai para pemelihara burung kicau di dalam menyembuhkan suara kenari yang serak dan juga mengatasi infeksi yang terjadi dalam tenggorokan kenari. Terutama pada waktu hendak ikut lomba.

Melancarkan Pencernaan Kenari

Manfaat daun mengkudu untuk burung kenari lainnya yaitu untuk melancarkan pencernaan burung. Selain itu bisa untuk mengatasi salah satu masalah burung yaitu obesitas.

Mengobati Alergi

Dalam daun mengkudu juga terdapat kandungan zat anti alergi jadi bermanfaat sekali untuk mengobati burung yang kena alergi yang dikarenakan asupan makanan.

Bisa juga karena minuman dan juga polusi udara dan dapat diberikan hanya untuk kenari saja. Akan tetapi juga pada beberapa jenis burung kicau lainnya.

Meningkatkan Kualitas Suara

Daun Mengkudu Untuk Kenari
Daun Mengkudu Untuk Kenari

Daun mengkudu yang telah direbus dan diberikan untuk burung kenari akan bermanfaat dalam meningkatkan kualitas dari suara burung kenari. Jadi dapat lebih jernih, lantang juga terdengar bening.

Menambah Nafsu Makan

Manfaat daun mengkudu untuk burung kenari untuk meningkatkan nafsu makan dari burung kicau, terutama burung kenari.

Langkahnya yaitu dengan mencuci bersih pucuk daun mengkudu yang masih muda dan segar kemudian gantung pada dalam sangkar seperti pada waktu menggantung sawi sendok.

Memulihkan Sel Tubuh Kenari

Pada daun mengkudu atau daun pace terdapat kandungan zat bernama terpenoid. Zat ini akan bermanfaat sekali untuk membantu pemulihan sel-sel tubuh pada burung kenari dan juga bisa membantu pada proses sintesis organic.

Menghilangkan Lendir

Daun mengkudu bisa untuk menghilangkan lendir pada kenari yang menyebabkan kualitas suaranya menurun.

Caranya antara lain dengan mencuci pucuk daun mengkudu. Setelah itu parut dan peras airnya, selanjutnya berikan pada burung kenari secukupnya agar lendir dapat hilang.

Mencegah Penyempitan Pembuluh Nadi

Ekstrak daun mengkudu yang dapat anda peroleh dengan cara memeras sari pucuk daun mengkudu yang telah dihaluskan kemudian diberikan pada kenari ini juga baik sekali dilakukan.

Sebab untuk pencegahan anteriosklerosis atau penyempitan serta pengerasan pembuluh nadi yang ada di burung keren.

Meningkatkan Produktivitas

Daun mengkudu sangat bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas induk burung kenari yang biasanya di penangkaran. Dengan begitu, indukan kenari dapat semakin cepat bertelur serta kualitas telur itu juga lebih bagus.

Lalu untuk memberikannya pada burung kenari mudah dan simpel dilakukan. Antara lain dengan menggantungkannya di dalam sangkar. Setelah itu biarkan kenari dengan sendirinya memakan daun mengkudu seperti halnya makan sayur-sayuran.

Tinggalkan Komentar