5 Jenis Cucak Rowo yang Wajib Diketahui Para Pencinta Burung

Di antara keluarga burung pengicau, cucak rowo bisa jadi burung pengicau yang paling dikenal oleh para pencinta burung maupun orang awam. Burung jenis ini tersebar di sepanjang Pulau Sumatera, Jawa, dan Kalimantan. Perbedaan kondisi iklim, keragaman vegetasi, tingkat kesuburan tanah, dan ketinggian permukaan laut memengaruhi kondisi fisik cucak rowo, termasuk kondisi bulu dan kualitas suaranya.

Berdasarkan asal daerahnya, terdapat 5 jenis burung cucak rowo di Indonesia. Setiap jenis memiliki karakteristik masing-masing sehingga tidak terlalu sulit untuk mengenalinya. Berikut ini 5 jenis Cucak Rowo yang wajib Anda ketahui.

  1. Cucak Rowo Medan
Source - Pinterest
Source – Pinterest

Postur tubuh cucak rowo medan berukuran relatif lebih besar, dengan tubuh yang terasa padat dan agak keras bila dipegang. Bulunya tampak bersih dengan warna hijau keabu-abuan dan sedikit kecoklatan. Hal ini memberikan kesan burung telah lama dipelihara walaupun baru ditangkap dari alam bebas.

Cucak rowo medan memiliki ciri khas suara yang keras dan berkesan berat namun tidak tebal. Bila didengarkan secara saksama, suara cucak rowo medan tidak atau kurang melengking/menjerit sehingga terasa seperti mengambang.

Cucak rowo medan merupakan jenis yang paling populer di masyarakat. Hal ini dikarenakan jenis ini paling banyak membanjiri pasaran. Meskipun memiliki kekurangan pada kecepatan suaranya, cucak rowo medan dianggap lebih baik dibanding jenis lainnya.

  1. Cucak Rowo Aceh
Source - ryanhotspot
Source – ryanhotspot

Bagi para pemula di dunia burung mungkin akan kesulitan membedakan antara cucak rowo aceh dan cucak rowo medan. Cucak rowo aceh memiliki ukuran yang sama besar dengan cucak rowo medan, kualitas suaranya pun tidak jauh berbeda. Perbedaannya terletak pada warna bulu burungnya. Cucak rowo aceh memiliki warna hijau yang lebih menonjol dibanding cucak rowo medan.

Kemiripan kondisi geografis di bagian utara Sumatera menyebabkan kemiripan karakteristik dari kedua jenis burung ini.

  1. Cucak Rowo Lampung
Source - youtube
Source – youtube

Cucak rowo lampung memiliki ukuran seperti cucak rowo medan namun dengan postur tubuh yang lebih pendek. Ciri khas cucak rowo lampung adalah memiliki bentuk fisik kekar dan berdada bidang dengan tulang sayap yang terlihat lebih kokoh.

Cucak rowo Lampung memiliki tidak memiliki suara sekeras cucak rowo medan. Selain itu variasi kicauannya juga lebih sedikit. Meskipun demikian, cucak rowo Lampung memiliki kecepatan suara yang baik.

  1. Cucak Rowo Jambi dan Riau
Source - kicauindah
Source – kicauindah

Cucak rowo yang berasal dari daerah ini memiliki ukuran tubuh yang lebih pendek dari cucak rowo medan. Postur tubuhnya pun tidak sekekar dan tidak memiliki dada bidang seperti cucak rowo lampung. Karakter suara cucak rowo jambi dan riau mirip dengan cucak rowo lampung, tetapi dengan volume suara yang lebih kecil.

  1. Cucak Rowo Kalimantan
Cucak Rowo Kalimantan
Cucak Rowo Kalimantan

Cucak rowo kalimantan memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dari cucak rowo asal Sumatera. Selain itu, warna hijau pada bulunya pun tidak secerah cucak rowo dari Pulau Sumatera. Cucak rowo kalimantan memiliki tempo suara yang relatif lebih lambat dengan variasi yang lebih sedikit. Sebagian penggemar cucak rowo menilai suara cucak rowo kalimantan tipis dan kurang tajam.

Selain kelima jenis di atas, terdapat jenis cucak rowo yang berasal dari Jawa. Sayangnya, perburuan besar-besaran sejak tahun 80-an mengakibatkan cucak rowo jawa hampir punah. Oleh sebab itu, Anda disarankan untuk membeli cucak rowo yang berasal dari penangkaran agar turut melestarikan spesies burung ini.

Nah, semoga pembahasan di atas membuat Anda semakin mengenal cucak rowo yang Anda pelihara.

Sumber:

https://burungkicaunusantara.blogspot.com

http://cucakrawaitone.com

Tinggalkan Komentar