Merencanakan Bisnis Cucak Rowo yang Prospektif di Masa Depan

Anda yang berminat untuk berbisnis di bidang hortikultura, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan bisnis yang satu ini. Disebut bisnis Cucak Rowo dikarenakan produk yang diperjualbelikan memang jenis burung Cucak Rowo. Lalu, apakah sudah mengetahui perihal burung kicauan ini? Bagi Anda sekalian yang sudah berpengalaman dan tertarik pada burung kicauan pasti sudah mengenalnya. Cucak Rowo menjadi salah satu burung kicauan dengan ciri khas dan daya tarik tersendiri. Tentu saja daya tarik utamanya pada suaranya yang sangat khas. Di mana burung Cucak Rowo memiliki suara yang lantang dan keras saat berkicau. Bahkan, suara kerasnya itu bisa menjadikan burung-burung kicauan lainnya ikut merespon dan berkicau juga.

Anda yang sekarang di rumah memelihara burung Cucak Rowo pasti juga sudah mengetahui perihal itu. Memang tidak dapat dipungkiri bahwa daya tarik suara Cucak Rowo tersebut yang membuat banyak orang tergila-gila. Apalagi di pagi hari saat dijemur matahari di luar. Suara Cucak Rowo akan menjadi penarik perhatian orang-orang di sekitarnya. Namun kekurangannya, warna bulu Cucak Rowo kurang menarik karena hanya berwarna coklat dengan corak kehitaman di seluruh tubuhnya. Tidak ada warna-warni pada bulunya, seperti burung kicauan lainnya. Oleh karena itu, Anda yang biasanya menyukai warna burung berwarna-warni dan mencolok, tentu saja kurang merespon positif saat melihat pertama kali Cucak Rowo. Namun setelah burung tersebut berkicau, penilaian Anda bisa berubah 180 derajat. Selanjutnya, rasa ketertarikan akan muncul dan mempunyai niat untuk membelinya.

Semakin banyak orang di luar sana yang ingin membeli dan memiliki burung Cucak Rowo, maka harganya tentu akan semakin melambung tinggi. Inilah peluang bisnis yang jangan sampai dilewatkan begitu saja. Khususnya Anda yang selama ini sudah menggeluti bidang ini sudah cukup lama. Namun, Anda memelihara burung kicauan hanya untuk penyaluran hobi saja sehari-hari sembari menghabiskan waktu di rumah. Padahal bisnis Cucak Rowo ini bisa menjadi ladang keuntungan yang berlipat dan dalam jangka waktu panjang. Pasalnya, trend memelihara burung kicauan memang tidak akan sepi peminat. Selama masih ada orang yang memiliki burung kicauan Cucak Rowo, maka kesepatan untuk memperjualbelikannya masih terbuka lebar.

Silakan Anda menindaklanjuti informasi yang disampaikan ini. Dengan catatan, Anda harus serius dan totalitas dalam menjalankan bisnis tersebut. Hal itu dikarenakan  percuma Anda berbisnis di bidang hortikultura ini, tetapi hanya setengah-setengah saja. Tentu saja keuntungan yang Anda dapatkan juga tidak maksimal dan pastinya cukup lama mendapatkannya. Oleh karena itu, bisnis Cucak Rowo memang harus direncanakan dengan sangat matang agar hasilnya juga maksimal. Anda pun bisa membayangkan sendiri, anakan Cucak Rowo yang berumur sekitar 6 bulan sudah laku dijual di pasaran dengan harga bervariasi. Tak perlu khawatir mencari penjualnya. Anda bisa menjualnya langsung kepada konsumen yang berminat di luar sana. Atau mungkin Anda dapat menjualnya kepada pengepul khusus burung kicauan seperti ini. Namun demikian, harga jual yang dibandrol oleh mereka cukup rendah. Oleh karena itu, lebih baik Anda membangun bisnis ini sendiri mulaid ari bawah.

Pertanyaan berikutnya, yaitu bagaimana cara merencanakan bisnis Cucak Rowo yang matang dan direkomendasikan? Untuk lebih jelasnya mengenai hal ini, silakan membaca uraian berikut. Semoga bermanfaat dan menginspirasi Anda sekalian yang meminati bisnis tersebut.

 

Belajar membudidayakan Cucak Rowo

Inilah tahapan pertama yang harus Anda lakukan dan praktikkan. Hal itu dikarenakan Anda berbisnis burung Cucak Rowo bukan dengan membeli dari seseorang atau menjualnya kembali kepada orang lain yang meminatinya. Namun, Anda menjual banyak burung Cucak Rowo nanti dari hasil budidaya atau penangkaran sendiri. Oleh karena itu, mau tidak mau Anda harus mempelajari terlebih dulu caranya yang benar dan direkomendasikan. Dengan begitu, hasil dari penangkaran tersebut bisa segera dilihat.

Agara bisa belajar budidaya Cucak Rowo yang efektif, Anda bisa belajar sendiri atau otodidak. Silakan mencar berbagai bahan materi yang dibutuhkan di dunia nyata ataupun dunia maya. Untuk lebih efektif lagi, silakan berguru dan belajar dari mereka yang sdah berpengalaman dalam penangkaran Cucak Rowo. Dengan begitu, Anda bisa langsung bertanya dan mempraktikkannya.

 

Mencatat semua kebutuhan bisnis

Silakan mencatat semua kebutuhan yang memang diperlukan dalam bisnis Cucak Rowo yang akan Anda jalankan dan kelola. Perlu Anda ketahui bahwa bisnis ini akan dimulai dari awal atau bawah, sehingga tidak menutup kemungkinan cukup banyak kebutuhan yang harus disediakan. Utamakan terlebih dulu kebutuhan dalam rangka budidaya burung Cucak Rowo-nya. Semua harus disediakan mulai dari yang kecil hingga besar. Dengan semua kebutuhan tersebut, jangan kaget jika budget atau anggaran keuangan yang harus disediakan memang cukup banyak.

Untuk urusan budget ini, memang harus dipersiapkan terlebih dulu. Sebagai contoh, Anda bisa mengambil dari simpanan pribadi di bank alias tabungan. Pasalnya, selama ini Anda sudah bekerja dan tentu saja memiliki tabungan uang, bukan? Oleh karena itu, silakan mengambilnya dari tabungan pribadi. Lagipula, bisnis ini tidak langsung dijalankan dengan skala besar. Harus dimulai dari yang sederhana dan kecil dulu. Mulai dari kecil seperti itu akan mulai merangkak sedikit demi sedikit menuju ke skala yang lebih besar. Itulah yang dinamakan bisnis yang bersifat prospektif ke depannya. Oleh karena itu, Anda memang harus merencanakan dengan matang. Selain itu, harus tahan banting dan kerja keras agar bisa mewujudkan bisnis Cucak Rowo yang maju dan berkembang.

Merencanakan promosi dan marketingnya

Meskipun bisnis belum dimulai dan hanya sekedar planning atau perencanaan saja, tetapi tidak ada salahnya memikirkan perihal promosi dan marketingnya. Dalam arti, Anda memikirkan akan memakai cara apa dalam mempromosikan burung Cucak Rowo yang dijual nantinya. Selain itu, jangan lupa untuk proses jual belinya sepert apa.

Perlu Anda ketahui bahwa bisnis secara umum bisa dikelola di dunia nyata secara offline ataupun di dunia maya secara online. Silakan untuk memilih salah satunya, atau bahkan mau memilih keduanya langsung. Sekedar saran saja, sebaiknya Anda memilih salah satunya saja. Sementara pilihan bisnis online di dunia maya bisa dipilih karena lebih memudahkan dalam proses jual beli burung Cucak Rowo nantinya. Lagipula, Anda tak perlu memiliki tempat usaha khusus, seperti toko atau kios yang berfungsi untuk memamerkan seluruh burung Cucak Rowo yang ingin dijual agar bisa dilihat banyak orang. Anda cukup memanfaatkan bagian rumah pribadi saja yang sudah direnovasi untuk dijadikan tempat menyimpan banyak burung Cucak Rowo yang siap dijual.

Sementara untuk promosi dan marketingnya, Anda bisa memanfaatkan berbagai fitur di internet. Misalnya, website, blog, dan jejaring sosial media. Semuanya bisa Anda manfaatkan untuk mempromosikan sekaligus menjual burung Cucak Rowo kepada masyarakat luas. Oleh karena itu, jadikan bisnis Cucak Rowo menjadi peluang menguntungkan di masa depan.

Tinggalkan Komentar