Penyebab dan Cara Menghilangkan Sisik Medang Pada Kaki Burung

Apabila kita memelihara burung kicauan, pastinya anda harus bisa tahu dan memahami bagaimana kondisi yang dialami oleh burung kicauan anda. Sebab, dengan mengetahui kondisinya, maka anda bisa tahu jika burung peliharaan anda memiliki berbagai macam permasalahan. Selanjutanya anda akan tau penyebab dan cara mengatasi masalah yang terjadi pada burung peliharaan anda.

Salah satu permasalahan yang terjadi pada burung kicauan yaitu adanya sisik medang pada bagian kaki burung. Untuk permasalahan seperti ini tidak bisa dibiarkan berlama-lama. Jadi, sebisa mungkin anda harus mengatasinya dengan berbagai macam cara.

Permasalahan sisik medang pada kaki burung ini ternyata bukan hanya dialami pada burung yang sudah tua saja, akan tetapi burung yang usianya muda pun sebenarnya juga bisa memiliki sisik / medang yang ada di bagian kakinya.

Penyebab Sisik Medang Pada Kaki Burung

caragacor.com

Perlu anda ketahui, jika salah satu penyebab medang atau bersisik pada burung kicauan peliharaan anda yaitu berupa faktor kebersihan kandang. Kandang merupakan tempat tinggal untuk burung dalam kesehariannya. Oleh sebab itu sangatlah diperlukan kondisi kandang yang bersih dan juga sehat.

Memang, untuk kandang yang kotor dapat menjadi salah satu sumber penyakit bagi burung kicauan yang anda pelihara.

Permasalahan burung kicauan yang terjadi seperti medang / sisik pada bagian kaki burung kicauan dapat di tularkan melalui tangkringan bekas yang pernah digunakan oleh burung yang mempunyai sisik atau medang di bagian kakinya.

Apabial tangkringan bekas burung yang memiliki masalah kaki bersisik tersebut belum di bersihkan ataupun tidak diganti, bisa saja beberapa bulan selanjutnya akan berakibat fatal.

Diantaranya, burung baru yang memakai tangkringan tersebut dapat menjadi tertular dan mulai terlihat sisiknya / medang pada kaki burung yang baru menempati kandang tersebut. Jika suda demikian itu, anda perlu mencari cara menghilangkan sisik medang pada kaki burung peliharaan anda.

Cara Menghilangkan Sisik Medang Pada Kaki Burung

burungmaster.com

Apabila pada burung yang anda pelihara sudah memiliki sisik / medang di bagian kakinya dan kakinya juga tidak terlihat halus lagi anda bisa segera mengobatinya.

Untuk salah satu cara yang pada umumnya di lakukan yaitu dengan cara mengobati kaki burung tersebut. Cara pertama yang dapat anda lakukan yaitu dengan cara membersihkan bagian kaki burung (sisik putih yang menempel pada bagian kaki burung tersebut ) dengan memakai minyak kayu putih.

Akan tetapi, dalam membersihkan kaki burung peliharaan anda tersebut ada hal yang perlu anda perhatikan yakni jangan sampai melukai kaki burung kicauan anda. Terlebih lagi hingga sampai keluar darah atau munculnya lecet pada kaki burung peliharaan anda tersebut.

Cara Lain Menghilangkan Sisik Medang Pada Kaki Burung

Selain cara menghilangkan sisik medang pada kaki burung kicauan, ada cara / alternatif lain yang bisa anda lakukan untuk membersihkan kerak pada kaki burung. Diantaranya adalah:

Menyemprot bagian kaki yang berkerak tersebut dengan air garamMengolesi dengan menggunakan kapur sirih. Bisa juga dengan mengelet dengan benar kaki medang kacer

Mengolesi dengan menggunakan kapur sirih
Bisa juga dengan mengelet dengan benar kaki medang kacer

Setelah melakukan hal tersebut, anda bisa membersihkan dengan menggunakan kapas atau menggunakan tisu untuk membersihkan sisa-sisa sisik yang tertempel pada bagain kaki burung.

Dan selanjutnya jangan lupa untuk selalu membersihkan kandang dan juga memandikan burung dengan cara rutin dan teratur di setiap harinya. Dengan demikian, kaki burung yag memiliki sisik atau medang lama-lama bisa hilang dan tidaka kan muncul kembali.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.

Tinggalkan Komentar