Tips Perawatan Harian Burung Ciung Batu Agar Bisa Gacor

Burung ciung batu adalah jenis burung kicau dari keluarga Turdidae. Terdapat beberapa jenis burung ciung batu yang tersebar di indonesia, diantaranya yaitu ciung batu sunda, dan juga ciung batu sumatera.

Tak hanya itu, masih ada ciung batu kalimantan dan ciung batu siul yang perbedaannya bisa dilihat dari warna gading dalam paruhnya. Ciung batu sunda dan ciung batu sumatera adalah jenis yang paling popular.

Sebab jenis ini memiliki kicaiuan yang bagus dan bisa bervariasi. Dengan demikian berpotensi menjadi burung kicauan di rumah, atau bisa juga dijadikan sebagai burung masteran.

Untuk anda yang ingin memelihara burung ciung batu, pastinya harus tau bagaimana cara perawatan harian burung ciung batu agar bisa gacor.

Perawatan Harian Burung Ciung Batu

Perawatan harian burung ciung batu tidak terlepas dari kebiasaannya ketika hidup di alam bebas. Saat di alam liarnya, burung ini lebih kerap terlihat saat di atas permukaan tanah.

Perawatan Harian Burung Ciung Batu
Perawatan Harian Burung Ciung Batu

Ciung batu juga suka dengan lokasi yang dekat dengan sumber air. Oleh karena itu, ia akan memakan binatang yang tampak di atas tanah yang berada di dekat sumber air.

Diantaranya yaitu siput, katak, tempayak, kadal, cacing, dan juga beberapa jenis seranggayang lainnya.

Saat merawatnya, anda bisa memberikan makanan seperti makanannya di alam liar itu. Jika Andasusah memperoleh makanan itu, ada beberapa pakan alternatif seperti jangkrik, belalang, serta ulat.

Ciung batu juga suka dengan pakan berupa buah-buahan, terlebih lagi pisang. Annda bisa berikan buah-buahan yang bervariasi supaya nafsu makan burung bisa tetap terjaga.

Melatih Ciung Batu Makan Voer

Banyak orang yang ingin memelihara ciung batu sebab kualitas dari suaranya. Umumnya mereka lebih memilih burung anakan yang harganya murah.

Akan tetapi jika perawatan harian burung ciung batu yang diberikan tidak sesuai, bisa saja ciung batu bakalan anda akan mati seketika.

Untuk ciung batu yang senang makan buah-buahan, anda bisa melatih makan voer dan dimulai dari pemberian buah pisang yang diaduk bersama voer lembut dalam beberapa hari.

Belahlah pisang menjadi dua bagian. Ada yang diberikan utuh, satu potong lagi dimasukkan pada wadah pakan (cepuk). Campurlah dengan voer lembut dan diaduk sampai rata dengan sendok makan. Lalu atasnya ditaburi lagi dengan voer lembut, atau bisa tambahkan kroto secukupnya.

Selama pelatihan tersebut, sebaiknya buah yang diberikan hanya pisang. Saat potongan pisang yang tidak dicampur voer telah habis, pisang yang dicampur voer lembut selanjutnya akan dimakan. Setelah itu, burung lama-lama akan terbiasa dengan aroma dari voer dan mau memakannya.

Perawatan Agar Rajin Bunyi

Perawatan harian burung ciung batu agar burung rajin berbunyi sebenarnya caranya sama dengan perawatan burung kicauan jenis lainnya.

Diantaranya dengan perlakuan mandi dan jemur dengan cara teratur. Karena burung ciung batu sangat dikenal gemar mandi. Berikan pakan dan makanan tambahan secara teratur dan juga konsisten.

Perawatan Ciung Batu Agar Rajin Bunyi
Perawatan Ciung Batu Agar Rajin Bunyi

Pada saat pagi dan sore hari, anda bisa menyediakan menu tambahan seperti halnya berupa cacing tanah masing-masing 3 ekor.

Sebelum diberikan, anda bisa memotong motong cacing menjadi 2 atau 3 bagian, tujuannya untuk memudahkan burung dalam mengkonsumsinya.

Mandi malam juga dapat anda lakukan dua kali dalam seminggu. Sesudah selesai mandi malam, burung bisa anda berikan 1 ekor cacing tanah.

Lalu lakukan pengembunan dimulai pada pagi hari misalnya pukul 03.0. hal ini dilakukan tujuannya untuk memancing agar burung cepat berbunyi.

.

Tinggalkan Komentar