Tips Mudah Perawatan Burung Edel Sanger Agar Bisa Gacor

Edel sanger atau yang kerap disebut dengan sanger adalah jenis burung yang sebenarnya masih memiliki hubungan kekerabatan yang dekat dengan blackthroat (Serinus atrogularis).

Walaupun ukuran tubuhnya lebih kecil jika dibandingkan blackthroat, akan tetapi suara atau kicauannya sangat terdengar lantang dan bisa terdengar ngerol sehingga banyak digemari oleh para kicaumania.

Untuk mendapatkan burung edel sanger yang gacor tentunya harus ada pola perawatan yang sesuai. Secara umum, pola rawatan yang sudah banyak diterapkan pada burung sanger ternyata sama halnya dengan perawatan yang pada umumnya anda lakukan pada burung kicauan seperti halnya kenari dan juga burung blackthroat.

Perawatan Burung Edel Sanger

Perawatan Burung Edel Sanger
Perawatan Burung Edel Sanger

Walaupun demikian, untuk memperoleh burung yang aktif dan juga bisa rajin berbunyi, harus ada sebuah penanganan yang khusus, terutama pemberian pakan serta perawatan burung edel sanger pendukung lainnya.

Berikut ini beberapa tips perawatan burung edel sanger supaya bisa ngerol serta memiliki suara lantang.

1. Jaga kebersihan sangkar dan perlengkapannya

Salah satu bentuk perawatan yang harus anda lakukan adalah menjaga kebersihan sangkar dan perlengkapannya. Jika anda lakukan dengan teratur, burung pun akan selalu sehat sehingga bisa lebih aktif dan juga rajin berbunyi.

Sangkar yang bersih juga termasuk tindakan pencegahan yang efektif dari serangan parasit yang dapat mengganggu penampilannya.

2. Penjemuran Burung

Penjemuran edel sanger dengan rutin bisa memancing sanger agar menjadi rajin berbunyi. Penjemuran juga dapat dilakukan sesudah burung dimandikan dengan durasi yang sewajarnya, atau selama 3-4 jam, yang bisa anda lakukan saat pagi hari.

Meski burung ini aslinya dari Afrika yang memiliki suhu panas, sebagian besar sanger yang dijual umumnya hasil penangkaran lokal. Jadi telah beradaptasi dengan iklim tropis.

3. Jauhkan dari burung sejenis

Sanger juga termasuk burung yang memiliki sifat teritorial. Sifatnya dapat berubah menjadi begitu agresif pada saat melihat ada burung sejenis tak jauh dari sangkarnya.

Oleh sebab itu, apabila Anda punya lebih dari seekor sanger, lebih baik sangkar keduanya digantang dalam posisi berjauhan dan tidak saling melihat.

4. Berikan pakan yang tepat

Seperti halnya burung kenari, sanger termasuk jenis burung pemakan bijian. Untuk memancing burung agar bisa rajin bunyi, pemberian pakan sebaiknya selalu diperhatikan. Pakan bijian diberikan secukupnya saja supaya burung tidak menjadi kegemukan yang bisa menyebabkan malas bunyi.

Perawatan Harian Edel Sanger
Perawatan Harian Edel Sanger

Selain memberikan bijian, berikan juga pakan tambahan / extra fooding (EF) seperti halnya telur puyuh rebus, egg food, dan juga berbagai macam jenis sayuran. Untuk membuatnya agar lebih rajin bunyi, daun krokot bisa anda berikan pada burung ini.

5. Pemberian multivitamin

Perawatan burung edel sanger tidak hanya memberikan biji-bijian saja, akan tetapi juga harus dilengkapi dengan memberikan multivitamin yang sesuai.

Hal ini sangatlah penting untuk menjaga kondisinya agar selalu fit, yang akan menjadikan burung selalu aktif dan terpancing untuk semakin rajin berbunyi.

6. Pemasteran

Anda bisa memutarkan suara-suara burung dengan karakter ngerol seperti pleci, kenari, blackthroat, dan juga burung. Sebab suara tersebut juga bisa menjadikan burung sanger terpancing untuk mengeluarkan suaranya yang lebih lantang lagi.

Suara-suara itu bisa menjadi masteran di dalam melengkapi suara kicauan pada burung sanger.

7. Kerodong pada malam hari

Dalam menjaga kondisi burung, jangan lupa anda mengerodongnya. Tutup semua permukaan sangkarnya dengan kerodong pada saat burung akan beristirahat di malam hari.

Tak hanya menjaga dari embusan angin malam dan juga dari serangan nyamuk, pengerodongan juga bisa untuk memulihkan stamina burung dan siap berkicau dengan volumenya yang lantang.

Tinggalkan Komentar