Tips Merawat Burung Murai Batu Super Agar Bisa Gacor

Merawat Murai Batu Medan super pada umumnya merupakan suatu kebangaan tersendiri untuk para pecinta burung murai batu yang ada di Indonesia.

Tidak bisa di pungkiri apabila kita melihat kualitas yang ada pada burung murai batu medan rata-rata sudah tidak di ragukan lagi.

Banyak juga orang yang minilai bahwa burung murai batu medan super jauh lebih dari pada murai batu jenis lainya yang ada di Indonesia.

Ciri Burung Murai Batu Medan Super

Ciri Burung Murai Batu Medan Super
Ciri Burung Murai Batu Medan Super

Jika dilihat dari fisik atau dari kicauanya yang dimiliki oleh burung murai batu medan suaranya lebih bervariasi.

Sedangkan untuk yang paling tampak yaitu ada di bagian ekornya yang mana murai batu medan super ini mempunyai ekor lebih panjang jika dibandingkan dengan murai batu jenis lainya.

Dengan demikian bisa menimbulkan pesona tersendiri di mata para kicaumania yang menjadi pengemar burung murai batu tersebut.

Untuk panjang bagian ekor murai batu medan kurang lebih sekitar 27 sampai dengan 30 cm. Selain itu ada yang lebih dari itu. Ada juga yang bentuk ekornya terlihat tipis dan juga mlengkung.

Pada umumnya power suara dari murai batu medan ini juga terdengar keras serta melengking. Masih ada lagi kelebihan yang lain, murai batu medan ini di kenal sebagai burung petarung yang memiliki mental yang bisa dikatakan pemberani.

Jadi tidak bisa dipungkiri jika murai batu medan ini sering menjadi jawara di berbagai acara lomba burung kicau. Tak heran jika murai batu medan ini lebih di gemari oleh para pecinta burung kicau.

Cara Merawat Burung Murai Batu Medan Super

Cara Merawat Burung Murai Batu Medan Super
Cara Merawat Burung Murai Batu Medan Super

Perlu anda ketahui jika burung ini sebenarnya berasal dari wilayah Sumatra Utara daerah Bahorok, Bukit Lawang, Gunung Leuser sampai dengan ke wilayah Aceh.

Asal mula dari nama burung murai batu medan ini disebabkan karena sebelum di pasarkan burung dengan ekornya yang panjang ini pernah dikumpulkan terlebih dulu di kota Medan, sampai dikenal dengan sebutan nama Murai Batu Medan.

Merawat burung murai batu medan super bisa anda lakukan dengan cara cara seperti berikut ini.

Memberi asupan makanan yang berkualitas, cukup, dan tepat waktu. Makanan termasuk kebutuhan dari tiap makhluk hidup, begitu juga dengan murai batu.

Supaya kesehatannya bisa selalu terjaga, bisa tumbuh dengan baik, dan juga bisa emakin gacor, sebagai pemelihara anda sebaiknya memperhatikan kebutuhan makan dan minumnya dengan baik.

Burung murai batu medan pada umumnya suka memakan serangga-serangga kecil.

Diantaranya seperti jangkrik, kroto atau telur dari semut merah, ulat kandang, ulat hongkong, cacing, ikan guppy, belalang serta orong-orong.

Ada juga makanan yang baik untuk anda berikan yaitu voer atau poor yang juga baik diberikan kepada burung murai batu.

Diembunkan atau diangin-anginkan

Merawat burung murai batu medan super bisa dilakukan dengan setiap hari sebelum dimandikan pada pagi hari sebaiknya murai batu diembunkan.

Bisa juga diangin-anginkan di luar rumah dengan begitu bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar. Tidak perlu lama-lama, bisa dengan waktu 30 menit saja sampai murai batu menjadi rileks dan tenang.

Murai batu bisa kaget apabila anda langsung memandikannya tanpa diangin-anginkan terlebih dahulu.

Dimandikan paling tidak sehari sekali

Pemandian juga penting dilakukan supaya burung peliharaan anda bersih dan terhindar dari berbagai penyakit.

Murai batu bisa anda mandikan dengan cara disemprot di dalam sangkarnya atau dengan karamba. Mandikan dengan cara yang baik dan benar.

Tinggalkan Komentar