Inilah Cara Mudah Melatih Burung Trucukan Makan Voer

Trucukan adalah jenis burung yang juga mempunyai suara kicauan cukup bervariasi, ropel. Selain itu burung ini memiliki gaya khas yang disebut garuda atau nggaruda.

Sebagian pecinta burung ini lebih suka membeli burung trucukan yang bakalan. Walaupun terlebih dahulu harus melatih burung trucukan makan voer.

Masalah utama yang sebaiknya segera anda atasi ketika anda membeli trucukan bakalan yaitu burung belum mengenal pakan kering atau pakan yamg berupa voer.

Melatih Burung Trucukan Makan Voer
Melatih Burung Trucukan Makan Voer

Sudah banyak juga dari penggemar yang masih pemula yang langsung memberikan voer kepada burung trucukan bakalan yang baru dsaja ibelinya itu, tanpa memberikannya pakan tambahan yang lainnya.

Maka dari itu, karena memang burung trucukan yang anda beli dalam keadaan anakan itu belum mengenal voer, burung tersebut pastinya tidak mau makan sebab memang belum / tidak terbiasa.

Apabila cara tersebut terus anda lanjutkan, pastinya burung trucukan anda akan merasa kelaparan, mudah terserang penyakit, dan bahkan bisa mengakibatkan kematian.

Agar burung trucukan anda bisa berumur panjang hingga gacor, terlebih dahulu anda harus melatih burung trucukan makan voer. baik itu dengan menggunakan serangga maupun dengan buah buahan.

Melatih Burung Trucukan Makan Voer

Karena juga termasuk burung pemakan buah, potong lah buah pisang terlebih dahulu menjadi setengah bagian. Ambilah setengah bagian kemudian potong lagi dalam bentuk yang kecil-kecil. Sesudah itu anda bisa masukkan dalam wadah pakan.

Setelah itu Ambilah 1/2 sendok makan voer kasar maupun dengan menggunakan voer ayam, lalu campurkan pada dalam cepuk pakan yang telah berisi potongan pisang. Aduklah sampai buah pisang dan voer bisa tercampur dengan merata.

Guna memancing burung trucukan supaya mau makan, anda bisa menaburkan dengan sedikit kroto di atas campuran pisang dan juga voer tadi. jangan lupa untuk menempatkan kroto di bagian paling atas.

Anda bisa memberikan makanan ini di setiap harinya. Di dalam mempercepat proses latihan, maka setiap 2 hari sekali berikan dengan perbandingan pisang serta voer yang diatur ulang.

Caranya dengan mengurangi porsi buah pisang dengan bertahap. Yang dimaksudkan porsi voer otomatis yang bertambah. Apabila burung trucukan tersebut telah terbiasa, cepuk pakan hanya diisi dengan menggunakan voer saja.

Selama melatih burung trucukan agar makan voer, burung trucukan ini bisa diberikan pakan tambahan lainnya. Misalnya saja seperti jangkrik dan juga memberinya ulat hongkong. Tujuannya supaya burung tersebut memiliki energi yang cukup di dalam mendukung aktivitasnya sehari-hari.

Melatih dengan Ulat Kandang

Ulat kandang termasuk makanan favorite dari burung pemakan serangga yang masih bakalan. Pakan ini bisa dibeli dengan harga yang murah serta ketersediaannya cukup banyak dipasaran.

Supaya burung anakan mau makan voer, anda bisa memberikan ulat kandang yang dicampur dengan voer setiap hari. Akan tetapi dari hari ke hari jumlah ulat kandang yang dicampurkan selalu dikurangi porsinya hingga burung bisa makan voer.

Sebab dalam keadaan terpaksa burung Trucukan akan makan Voer walaupun dalam waktu yang tidak tentu.

Melatih dengan Kroto

Melatih burung yang masih anakan seperti burung trucukan supaya mau makan voer paling cepat dan juga mudah yaitu dengan mencampurkan kroto dengan voer yang telah dibasahi.

Melatih Burung Makan Voer Dengan Serangga
Melatih Burung Makan Voer Dengan Serangga

Kemudian aduklah sampai rata selanjutnya anda bisa berikan pada burung itu. Dan setiap harinya jumlah kroto dikurangi hingga burung tersebut mau makan voer yang basah.

Dan setelah mau makan voer basah maka lama kelamaan burung trucukan anda akan mau makan voer yang dalam keadaan kering.

Akan tetapi langkah seperti ini punya kelemahan. Sebab adonan campuran kroto dan juga voer basah cepat basi. Maka dari itu anda harus menggantinya pada saat siang hari dengan adonan baru supaya burung tidak terserang berbagai macam penyakit.

Tinggalkan Komentar