Tips dan Cara Mengatasi Burung Prenjak Macet Bunyi

Burung prenjak adalah jenis burung yang berukuran kecil tapi bersuara lantang. Akan tetapi kicauan burung ini terdengar kurang bervariasi.Walaupun begitu, burung ini punya banyak penggemar.

Burung prenjak terlihat aktif sekali dan juga rajin dalam berkicau. Akan tetapi, seperti halnya jenis burung kicauan lainnya, perenjak dalam kondisi tertentu juga dapat menhgalami permasalahan seperti macet bunyi.

Ketika berada di alam liar, burung prenjak juga kerap terlihat mencari makan dengan cara menyusuri semak maupun pepohonan yang ada di pinggir sungai, tepian hutan, perkebunan, atau juga di sekitar pekarangan rumah.

Bahkan mereka kadang kadang juga akan mengikuti arah suara dari burung perenjak jantan atau betina yang saat itu sedang berkicau.

Perawatan Burung Prenjak

Perawatan Burung Prenjak
Perawatan Burung Prenjak

Supaya aktivitasnya tetap bisa dilakukan, burung prenjak akan mencari pakan serangga antara lain ulat, laba-laba kecil, kupu, kumbang, belalang, dan sebagainya.

Namun burung perenjak juga gemar makan buah-buahan yang ukurannya kecil sepert halnya buahi berri, dan juga suka nektar.

Pada saat perenjak dipelihara dalam sangkar harian, pada umumnya para pemelihara burung prenjak akan mengacu pada perawatan yang sangat umum.

Misalnya dengan memberikan voer dengan pakan tambahan / extra fooding (EF) seperti kroto, ulat hongkong, serta jangkrik.

Walaupun begitu, masih banyak penggemar burung yang lebih mengandalkan pada voer. Sdangkan untuk makanan tambahannya diberikan seperlunya, bahkan hanya bisa diberikan beberapa hari sekali.

Untuk perawatan burung perenjak sebaiknya jangan disamakan dengan perawatan jenis burung lain yang sering dilombakan.

Biasanya birahi burung-burung lomba memang dibuat sengaja lebih stabil. Yaitu dengan mengkondisikan pakan tambahan.

Buatlah burung prenjak supaya bisa mengeluarkan suaranya secara lantang dan mau menyahuti suara perenjak lainnya.

Dalam keadaan tertentu, terkadang burung prenjak enggan bunyi selama beberapa hari, atau intensitas berkicaunya sangatlah berkurang. Anda harus bisa mengatasi burung prenjak macet bunyi.

Cara Mengatasi Burung Prenjak Macet Bunyi

Cara Mengatasi Burung Prenjak Macet Bunyi
Cara Mengatasi Burung Prenjak Macet Bunyi

Berikan makanan berupa voer yang memiliki kandungan gizi yang lengkap. Voer seperti ini juga sering dijual di pasar / toko / kios burung dengan berbagai merek.

Guna menambah kandungan protein, berikanlah campuran tepung jangkrik atau tepung daging pada voer tersebut.

Berikan ulat kandang kurang lebih sebanyak satu cepuk kecil setiap pagi. Bisa juga diganAnda juga dapat menggantinya dengan kroto sebanyak 1/2 cepuk yang diberikan setiap pagi dan sore hari.

Berikan jangkrik kecil cukup 1 ekor, namun tiap dua jam sekali. Atau anda bisa memberikan belalang.

Penjemuran jangan sampai lebih dari 1 jam. Penjemuran yang baik umumnya hanya sekitar 30 menit, sesudah itu burung disimpan pada tempat teduh. Penjemuran dilakukan dua kali sehari, yaitu pagi dan sore hari.

Untuk mengatasi burung prenjak macet bunyi, Anda bisa membeli perenjak betina sehingga bisa memancing burung agar saling sahut-sahutan.

Ketika pukul 5 sore, burung bisa dimasukkan ke dalam rumah untuk beristirahat sampai pagi hari.

Tak hanya serangga-seranggaan yang berukuran kecil, prenjak ternyata juga menyukai buah kecil-kecil dan juga nektar.

Jadi ketika kita memelihara prenjak di dalam sangkar tentunya kita perlu juga memberikan pakan yang menyerupai pakan prenjak ketika berada di alam liar.

Makanan yang kita berikan sebaiknya tidak berupa pakan standar saja seperti Voer dan minum saja.

Pakan yang kita berikan pada saat pemeliharaan Prenjak di rumah lebih baik jika kita juga berikan tambahan seperti serangga dan EF lainnya sebagai penambah protein.

Komentar Facebook

Komentar Blog