Tips Beli Burung Online Agar Terhindar dari Penipuan

Semakin canggihnya teknologi dan tingginya kebutuhan untuk melakukan jual beli secara praktis membuat praktek jual beli online semakin digemari oleh masyarakat. Hampir semua hal bisa kita beli secara online termasuk hewan peliharaan seperti burung.

Meskipun berisiko tinggi, membeli burung secara online tetap diminati banyak orang karena beberapa faktor mulai dari harganya yang murah sampai jenis burung yang dijual lebih beragam dan unik.

Agar terhindar dari penipuan dan praktik jual beli online ilegal, ada beberapa tips yang bisa dijadikan referensi sebelum Anda membeli burung secara online. Di antaranya,

01. Jangan Mudah Tergiur dengan Harga Murah

Source - pixabay
Source – pixabay

Sebelum membeli burung, pastikan Anda tahu harga pasaran burung yang ingin dibeli. Pastikan juga harga yang tertera wajar dan sesuai. Jika harga yang ditawarkan jauh lebih murah, Anda patut waspada. Karena burung tidak seperti barang lain yang dijual online. Burung membutuhkan perawatan yang biayanya tidak sedikit dan hal tersebut pasti berpengaruh pada harga jual burung.

02. Periksa Latar Belakang Penjual Secara Teliti

Salah satu kelemahan proses jual beli online adalah tidak bisa melihat secara langsung barang yang akan dibeli. Agar terhindar dari penipuan, sebelum membeli pastikan Anda memeriksa latar belakang penjual burung terlebih dahulu.

Jika ada, periksa setiap situs atau media sosial yang dimiliki untuk melihat track record dan testimoni para pelanggannya. Karena penjual yang jujur biasanya mencantumkan testimoni, identitas, dan alamat yang jelas di media sosialnya agar pembeli percaya dan mau bertransaksi secara online.

03. Pastikan Foto yang Digunakan Asli

Source - flickr
Source – flickr

Penggunaan foto daur ulang untuk jual beli online memang hal yang lumrah. Tetapi jika yang dijual adalah mahluk hidup seperti burung, maka Anda perlu berhati-hati. Penjual burung yang jujur pasti akan menyertakan foto asli burung yang dijualnya beserta detai yang dibutuhkan.

Mereka yang jujur tidak akan menggunakan foto yang diunduh dari internet agar pembeli tahu kondisi asli burung yang akan dijual. Karena itulah, sebelum membeli burung pastikan Anda meneliti apakah foto yang digunakan merupakan foto asli yang dibuat penjual atau foton daur ulang yang diunduh dari internet.

04. Jangan Buru-Buru Melakukan Penawaran

Sebelum melakukan sesuatu, khususnya ketika membeli burung secara online, sebaiknya Anda harus mempertimbangkan segala aspek. Jika menemukan burung yang diinginkan, usahakan untuk mencari tahu dulu segala informasi tentang burung tersebut secara teliti.

Informasi yang didapatkan akan membantu Anda memilah dan memilih penjual yang tepat dan sesuai untuk diajak kerja sama. Hal tersebut juga dapat menghindarkan Anda dari penipuan.

05. Menggunakan Rekening Bersama

Source - YouTube
Source – YouTube

Jual beli online akan lebih aman jika kita menggunakan jasa pihak ketiga untuk menjembatani proses jual beli. Pada beberapa toko online terpadu seperti Tokopedia atau Bukalapak.com, pengelola biasanya menyediakan rekening bersama (rekber) yang bisa digunakan penjual maupun pembeli.

Jika pihak penjual atau pembeli merasa tidak puas, uang yang dikirimkan melalui rekening bersama bisa dikembalikan sehingga kedua belah pihak tidak ada yang dirugikan. Penjual juga tidak bisa melakukan penipuan karena uang yang dikirim tidak akan bisa dicairkan sampai pembeli menerima barang sesuai yang diinginkan.

06. Membayar dengan metode COD (Cash on Delivery)

Selain menggunakan rekening bersama, Anda juga dapat membayar menggunakan metode COD untuk menghindari penipuan. Metode ini memungkinkan penjual dan pembeli bertemu secara langsung, atau pembeli baru melakukan pembayaran ketika barang sudah diterima melalui kurir.

Keuntungannya metode ini cukup banyak. Selain kita tidak harus mengeluarkan uang terlebih dahulu, jika bertemu dengan penjualnya secara langsung kita bisa melihat dan memeriksa dengan teliti burung yang akan dibeli.

Itulah beberapa tips membeli burung online supaya terhindar dari penipuan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar