Tips agar  Love Bird Ngekek Panjang

Love bird merupakan salah satu jenis burung yang digemari para pencinta burung. Burung yang berasal dari Afrika dan sekitar wilayah Madagaskar ini memiliki warna bulu yang menarik, karakter yang unik, dan suara ngekek yang bisa dilombakan. Semakin panjang suara ngekek si burung  love bird maka semakin besar pula peluangnya untuk menjadi juara di perlombaan.

Untuk mendapatkan burung love bird yang mampu ngekek panjang diperlukan cara dan perawatan tertentu. Tertarik untuk mencobanya? Berikut tips agar love bird ngekek panjang.

Cari  love bird anakan dari keturunan juara

Burung Love Bird - Source Pixabay
Burung Love Bird – Source Pixabay

Salah satu cara mendapatkan love bird berkualitas bagus dan mampu ngekek panjang adalah dengan mencari love bird yang memiliki trah atau keturunan juara. Faktor keturunan ini diperkirakan cukup berpengaruh terhadap kualitas anakan  love bird yang digadang-gadang mampu ngekek panjang dan menjadi juara.

Saat memilih anakan love bird berketurunan juara, pastikan Anda jeli dalam memilihnya. Anda harus menyelisik dari mana keturunannya dan bagaimana sejarah indukannya. Pastikan Anda tidak salah dalam memilihnya.

Cara memilih love bird anakan dari keturunan juara bisa dilihat dari postur dan warna induknya. Semakin mirip performa indukannya dengan anakan yang akan kita ambil, maka kemungkinan besar pilihan Anda sudah benar.

Rawat  love bird dengan maksimal

Sourcei - Wikipedia
Sourcei – Wikipedia

Selain faktor keturunan, perawatan  love bird sehari-hari juga sangat berpengaruh terhadap kualitas  love bird yang Anda miliki. Meskipun Anda memiliki  love bird dari keturunan juara, jika tidak dirawat secara maksimal maka bisa jadi  love bird Anda akan kesulitan untuk ngekek panjang dan menjadi juara. Berikut cara merawat  love bird agar ngekek panjang:

  • Berikan makanan yang bergizi

love bird perlu mendapatkan makanan yang bergizi agar perkembangan tubuh dan mentalnya optimal. Anda bisa memberikan milet putih, gabah beras merah, dan berbagai makanan bergizi lainnya agar love bird Anda memiliki ketahanan tubuh dan performa yang bagus.

  • Berikan extra fooding

Anda juga perlu memberikan makanan ekstra atau extra fooding agar burung kesayangan Anda lebih mudah ngekek panjang. Anda dapat memberikan jagung muda, sawi, wortel, biji bunga matahari, biji kenari, dan makanan ekstra lainnya.

  • Berikan vitamin
Source - probirdfood
Source – probirdfood

Untuk mencetak  love bird juara yang mampu ngekek panjang juga diperlukan suplai vitamin. Vitamin pada burung dapat merangsang burung untuk berkicau, mengurangi stres, meningkatkan nafsu makan dan ketahanan tubuh.

  • Mandikan dengan benar

Sebagian love bird menyukai mandi semprot, sedangkan sebagian lainnya menyukai mandi cepuk. Anda bisa memandikannya dengan metode mana pun, tetapi jangan lupa memberinya sampo saat memandikan. Sampo berfungsi untuk menghilangkan kutu di bulu love bird yang dapat mengganggu kesehatannya.

  • Bersihkan kandang secara rutin

Menjaga kebersihan kandang juga harus dilakukan agar love bird tidak mudah sakit.  love bird yang sehat lebih mudah dicetak untuk menjadi juara. Bersihkan kandang dari sisa-sisa makanan dan kotoran setiap hari agar kandang menjadi bersih, sehat, dan nyaman.

  • Lakukan Pemasteran

Untuk mendapatkan love bird ngekek panjang dan juara pastilah harus dilakukan pemasteran. Anda bisa menggunakan Mp3 atau burung lain yang ngekek panjang untuk melatihnya.

Agar pemasteran berjalan efektif, setiap sore menjelang pukul 16.00 masukkan love bird ke dalam kandang dan lakukan pengerodongan. Hal ini bermanfaat agar love bird dapat beristirahat dengan baik dan konsentrasinya tidak mudah terpecah oleh hal-hal lain yang dilihatnya.

Saat malam hari, biarkan pemasteran tetap berlangsung agar suara master yang diperdengarkan dapat masuk ke dalam alam bawah sadar si love bird kesayanangan.

Demikian tips agar love bird ngekek panjang. Selamat melatih burung kesayangan.

Tinggalkan Komentar