Mengetahui Ciri Khas Burung Paok Laus (Pitta elegans) dan Habitatnya

Burung kicauan yang ada di alam ini memang sangat banyak dan memiliki ciri khas yang berbeda-beda. Mulai dari warna, bentuk fisik dan juga suaranya. Dari banyaknya jenis burung kicauan tersebut, ada salah satu burung kicauan yang memiliki warna yang sangat cantik, yaitu burung Paok.

Burung Paok memang sudah dikenal sebagai jenis burung kicauan yang memiliki warna cantik. Bahkan warna yang dimilikinya tidak hanya satu warna saja, namun berbagai macam warna. Misalnya saja burung Paok Pancawarna.

Akan tetapi, ada satu jenis burung Paok lagi yang juga memiliki warna yang cantik, yaitu burung Paok Laus. Perlu anda ketahui, jika ciri khas burung Paok Laus ini juga tak kalah cantik dengan burung Paok Pancawarna.

Paok laus (Pitta elegans) merupakan salah satu spesies dari burung yang berasal dari familia Pittidae. Sedangkan untuk habitat dari jenis burung ini yaitu berada di hutan tropis atau subtropis lembap yang berada di dataran rendah.

Ciri Khas Burung Paok Laus

hbw.com

Ciri khas burung Paok Laus yang usianya telah dewasa yaitu berukuran sedang dengan panjang kurang lebih sekitar 20 cm. Dan untuk bagian kepalanya yaitu memiliki ciri khas dengan warna bulu bagian atas dan sisinya hitam.

Ciri khas burung burung Paok Laus selanjutnya yaitu tampak coretan seperti membentuk alis yang memanjang dari bagian paruh hingga pada bagian tengkuk. Yang mana, warna tersebut membentuk gradasi warna dari kuning tua agak biru di bagian ujung pada bagian tengkuk.

Sedangkan ciri khas burung Paok Laus lainnya yaitu adanya warna tubuh bagian atas hijau. Sedangkan untuk bagian tungging serta pada bagian penutup sayap biru terang metalik, bulu primer hitam dengan garis berwarna putih.

Sedangkan untuk tubuh bagian bawah biasanya berwarna kuning tua, dengan bercak hitam yang ada pada bagian perut dan bercak merah padam tunggir. Sedangkan untuk bagian warna iris mata dan kakinya coklat. Sedangkan untuk bagian paruh berwarna kehitaman.

Habitat dan Kebiasaan Paok Laus

flickr.com

Untuk habitat burung Paok Laus ini biasanya dijumpai menghuni hutan primer, hutan sekunder yang tinggi. Selain itu juga sering menghuni hutan yang memperoleh curah hujan yang tinggi, yang mana juga sering kita ketahui dengan istilah hutan pamah. Habitanya juga bisa dijumpai hutan perbukitan monsun atau hutan musim tropika.

Lalu juga sering ada di kawasan hutan yang rusak berat, perdu dan pulau – pulau kecil lepas pantai dari permukaan laut hingga pada ketinggian 1500 m diatas permukaan laut.

Kebiasaan burung Paok Laus ini diantaranya sering lompat kemudian mengais tanah untuk mencari makan di lantai hutan yang berupa cacing. Suaranya juga terdiri dari dua maupun tiga nada yang berbunyi “kwuwik-kwk”.

Burung Paok Laus yang banyak diketahui dengan nama Pitta Elegans di kalangan pengamat ini merupkan jenis burung penetap yang kerap dijumpai pada lokasi taman wisata alam kerandangan.

Kemudian juga bisa dijumpai taman wisata alam Gunung Tunaq, dan perbukitan di pesisir Pantai Sekotong Lombok Barat. Untuk ciri khas burung Paok Laus dengan suaranya yang khas inilah yang menjadikan para pengamat dengan mudah meniru suaranya dengan siulan untuk memancing kedatangannya.

Warna bulunya yang terlihat indah menjadikan jenis burung ini banyak diincar oleh para penggemar fotografi. Terkadang mereka menemukan 5 – 10 ekor burung Paok Laus dalam pengamatannya.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.

Tinggalkan Komentar