Daftar Harga Burung & Ring Burung Update April 2021

Settingan Burung Murai Batu untuk Lomba dan Raih Juara

Mental yang terbangun di lapangan lomba pada burung adalah aplikasi dari perawatan yang diberikan saat di rumah. Perawatan burung bukan cuma soal kesehatannya saja. Tetapi seperti pada murai batu. Settingan burung murai batu untuk lomba bisa dilakukan untuk membentuk karakter juara.

Settingan burung murai batu untuk lomba bisa dilakukan dalam rangka meningkatkan kemampuan burung saat dilombakan. Tanpa perawatan khusus atau setingan artinya murai batu tidak bisa tampil prima dan tidak bisa mengalahkan lawannya di ajang perlombaan.

Burung Jalak Bali & Cucak Rowo COD bayar di tempat. Free ongkir, tanpa DP & di antar sampai rumah baru di bayar.

Pemesanan Ring Burung. Diskon hingga 500 per biji, harga mulai 1500 per biji.

Perawatan burung murai batu untuk lomba penting sekali dan harus dibedakan dengan metode perawatan harian. Intinya perawatan harus dilakukan spesial dan lebih baik dibandingkan dengan hari biasa.

Tetapi kembali lagi kepada burung murai batu peliharaan anda. Sesuaikan settingan yang telah ada, tinggal otak-atik supaya burung tidak bingung dengan perubahan setingan yang anda berikan.

Setiap pecinta burung tentu punya cara berbeda untuk merawat burung kesayangannya. Meski begitu, sebaiknya memperhatikan dasar pola pakan dan pemberian vitamin dengan baik.

Perawatan murai batu untuk lomba dan juga harian sebenarnya tidak jauh berbeda. Hanya saja tambahan vitamin makan dan extra fooding harus dikontrol supaya ketika di gantangkan bisa maksimal.

Pentingnya Settingan Burung Murai Batu untuk Lomba

Kenali Lebih Dalam Kelebihan dan Kekurangan Suntik Putih
kicauworld.blogspot.com

Settingan murai batu untuk persiapan lomba merupakan sebuah hal penting khususnya dalam hal birahi. Murai batu yang akan ikut festival tingkat birahinya harus seimbang. Selain itu, staminanya juga harus stabil.

Sebab bila saat festival staminanya tidak stabil bisa dikhawatirkan setelah festival akan kelelahan karena energinya terkuras. Supaya stamina murai batu tetap fit setiap hari, berikan vitamin harian untuk burung kicau yang bisa menjaga burung kesayangan tetap fit. Formula dan juga vitamin yang ada dalam vitamin ini bisa membuat murai batu terhindar dari penyakit kelelahan.

Disamping itu, supaya birahinya sesuai dalam tahap yang diinginkan berikan porsi jangkrik lebih banyak. Anda bisa memberikannya 3 hari sebelum lomba sebanyak 5 ekor pada waktu pagi dan 4 ekor pada waktu sore. Sementara itu, dua hari sebelumnya penjemuran burung tidak boleh dilakukan terlalu lama maksimal murai batu harus dijemur sekitar 30 menit saja.

Selanjutnya satu jam sebelum lomba dimulai murai batu disemprot atau dimandikan di keramba. Ditambahkan 3 hingga 5 ekor jangkrik dan beri ulat bulu 8 hingga 15 ekor supaya birahi nya ada di puncak yang diinginkan tapi tidak membuat murai batu over birahi.

10 Langkah Setting Murai Batu Sebelum Dilombakan

Cara yang bisa anda lakukan sebenarnya masih bisa dibilang sederhana. Settingan ini dapat diberikan secara umum jadi semua jenis murai batu dapat mencoba cara tersebut.

1. Burung Murai Batu Dianginkan

Saat pagi hari murai batu dimandikan namun sebelumnya dianginkan terlebih dahulu. Jangka waktu angin-anginan burung ini cukup 30 menit saja.

2. Memandikan Burung

Setelah diangin-anginkan sekitar 30 menit, maka tubuh burung murai batu akan segar dan bugar kembali. Baru sesudah proses penganginan selesai, anda dapat memandikan burung murai batu. Caranya dengan disemprot secara halus atau bisa juga dengan cara mandi di keramba.

3. Memberikan Pakan Tambahan

Sambil anda memandikan burung, anda bisa membersihkan sangkar burung dan mengganti pakan atau minum yang ada di dalam sangkarnya. Anda bisa menambahkan vitamin atau suplemen bila perlu. Ditambah dengan jangkrik dan kroto. Sebaiknya takaran jangkrik dan kroto sebanyak 2 kali lipat dari pemberian saat perawatan harian.

4. Penjemuran Murai Batu

Jika burung murai batu sudah selesai dimandikan lalu diganti makan dan minumnya maka burung murai batu dapat dijemur satu hingga dua jam. Dalam hal ini yang penting burung tidak dijemur lebih dari jam 10. Karena pada waktu itu udara sudah sangat panas sehingga burung akan merasa kepanasan.

5. Dimaster dan Dikerodong

Jika proses penjemuran selesai, burung murai batu dapat langsung dikerodong sambil diistirahatkan dalam kerodong. Burung dapat dimaster dengan menggunakan suara masteran burung atau bisa juga menggunakan suara mp3. Volume suara masteran pelan saja masih terdengar sayup-sayup.

6. Mandi Sore

Pada waktu sore hari burung murai batu dimandikan kembali. Tetapi hal ini tergantung dari karakter masing-masing burung. Bila burung murai batu tidak suka mandi, maka saat sore hari anda tidak perlu memandikannya. Hanya disemprot sedikit saja sudah cukup.

7. Tambah EF dan Pemasteran

Saya performa burung murai batu disaat lomba meningkat, anda dapat memberikan pakan tambahan atau extra fooding berupa jangkrik. Tapi anda tidak perlu memberinya kroto. Bila sudah makan kenyang, maka murai batu dikerodong supaya dapat beristirahat sambil diberi suara masteran kembali.

8. Waktu Penjemuran Dikurangi

Bila sudah mendekati hari lomba maka perawatan yang diberikan pada burung murai batu tetap sama. Hanya saja durasi penjemurannya dikurangi sedikit. Jika semula murai batu dijemur 2 jam, maka untuk saat ini dikurangi penjemurannya menjadi satu jam saja.

9. Tambahkan Pemberian EF

Ketika sudah sampai hari lomba, maka setingan murai batu dapat ditingkatkan. Burung murai batu bisa diberi pakan EF berupa 5 ekor jangkrik dan 5 ekor ulat hongkong. Dari rumah sampai ke lapangan sebaiknya sangkar burung murai batu di kerodong. Murai batu kemudian dibuka ketika naik ke gantangan.

10. Adaptasi pada Lingkungan Lomba

Sampai di arena lomba, maka murai batu bisa diletakkan di tempat yang teduh dan tenang. Serta pilih tempat yang sejuk biarkan burung murai batu beradaptasi dengan lingkungan. Karena di lingkungan rumah dan kondisinya akan berbeda dengan kondisi di medan pertempuran.

Perawatan Murai Batu Pasca Lomba

settingan burung murai batu untuk lomba
burungnya.com

Burung murai batu yang telah melakukan lomba ada beberapa cara terbaik dalam memberikan perawatan. Perawatan ini bertujuan agar burung mendapatkan kondisi staminanya kembali setelah lelah bertanding.

Pertama anda bisa memberikan porsi EF seperti kroto atau jangkrik dikembalikan pada setelan harian. Sesudah 1 hari setelah lomba anda bisa menambahkan multivitamin yang dicampur dengan air minum burung murai batu. Kemudian anda juga bisa melakukan penjemuran maksimal 30 menit sampai 3 hari pasca lomba burung murai batu.

Sementara itu bila murai batu yang selesai lomba mengalami drop mental maka anda bisa mengembalikan performa burung murai batu tersebut dengan berbagai macam cara. Seperti memberikan pakan berupa jangkrik 5 ekor saat pagi hari dan di berikan jangkrik lagi 5 ekor pada waktu sore hari.

Extra fooding ditingkatkan berupa kroto 3 kali seminggu dan masukkan kelabang pada daftar menu pakan 2 ekor seminggu sekali. Memandikan burung 2 hari sekali dan usahakan dilakukan dengan teratur. Berikan tindakan isolasi burung supaya tidak mendengar atau melihat burung murai batu lainnya. Tambah multivitamin agar bisa mendongkrak stamina burung.

Dengan memberikan setingan burung murai batu untuk lomba yang sesuai maka dijamin burung murai batu anda bisa memiliki kemungkinan besar untuk memenangkan lomba. Memang settingan burung murai batu tidak bisa dilakukan secara mendadak. Anda harus mempersiapkannya jauh-jauh hari agar murai batu siap tanding.

Burung Jalak Bali & Cucak Rowo COD bayar di tempat. Free ongkir, tanpa DP & di antar sampai rumah baru di bayar.

Pemesanan Ring Burung. Diskon hingga 500 per biji, harga mulai 1500 per biji.