Cara Mempercantik Bulu Lovebird Agar Tidak Kusam

Banyak sekali burung kicauan yang ada di alam ini. Yang paling banyak dipelihara diantaranya adalah pleci, ciblek, kakatua, beo, cendet dan masih banyak lagi. Salah satu jenis burung kicauan yang banyak digemari oleh para kicaumania yaitu lovebird.

Lovebird adalah jenis burung kicauan yang memiliki karakteristik unik dan pastinya bulunya indah berwarna warni.. Suara kicauan yang dihasilkan burung paruh bengkok ini juga terdengar lantang dan merdu. Burung yang merupakan dalam genus Agapornis ini memang punya ciri khas pada tampilan yang terlihat cantik.

Cara Mempercantik Bulu Lovebird
Cara Mempercantik Bulu Lovebird

Akan tetapi di dalam merawat dan memelihara burung lovebird terkadang ada masalah. Seperti halnya permasalahan pada bulu burung lovebird peliharaan anda. Bulu termasuk bagian Lovebird yang teramat penting sebab sebagai penentu harga jual.

Apabila bulu lovebird kusam atau mengalami rontok maka harga lovebird akan turun, bahkan tidak laku. Dengan demikian, merawat bulu lovebird merupakan hal paling utama bagi para breeder.

Bulu lovebird yang cantik yang berwarna warni cerah seharusnya terlihat cerah dan bersih, akan tetapi ada yang bulu burung cantik tersebut berubah menjadi kusam dan tidak enak dipandang. Seperti yang telah kita tau, burung Lovebird termasuk jenis burung yang bergerak aktif.

Bulu burung yang indah, terkadang jadi kusam dan kotor. Hal tersebut disebabkan karena bulu burung terkena kotoran yang terdapat pada salah satu tangkringan. Bisa juga karena terkena kotoran yang ada pada bagian dasar sangkar.

Cara Mempercantik Bulu Lovebird

Di bagian bulu burung Lovebird yang biasanya sering kusam serta tampak kotor yaitu pada bagian ujung sayap serta pada bagian ekor burung.

Jika tidak segera dibersihkan dengan cara berkala, bisa dipastikan hal tersebut akan sangat berpengaruh pada keindahan warna bulu burung. Berikut ini cara mempercantik bulu lovebird agar tetap cerah dan tidak kusam.

Kebersihan Sangkar

Cara mempercantik buku lovebird yang pertama adalah dengan menjaga kebersihan kandang lovebird. Lovebird merupakan jenis burung yang aktif, maka tidak jarang saat bergerak ekor dan ujung sayapnya akan mengenai kotoran pada dasar sangkar maupun di tangkringan.

Perawatan Bulu Lovebird
Perawatan Bulu Lovebird

Kotoran pada sangkar burung dan tangkringan yang mengenai lovebird akan menjadikan bulunya menjadi semakin kusam dan kusut.

Mandikan lovebird setiap hari

Memandikan lovebird setiap hari adalah cara mempercantik bulu lovebird. Anda dapat melakukannya ketika pagi hari supaya sesudah dimandikan lovebird dapat langsung dijemur.

Memandikan lovebird termasuk sebuah cara yang efektif dalam menghindari kutu, parasit jamur, kotoran yang mengakibatkan bulu lovebird terlihat rusak dan kusam.

Pakailah shampoo khusus burung dalam menghindari kerontokan bulu, jangan coba coba memakai shampoo yang sering dipakai manusia sebab justru bisa merusak bulu burung.

Menjemur Burung

Cara mempercantik bulu lovebird setelah dimandikan yaitu dengan jemur burung tersebut dengan durasi yang tepat. Menjemur yaitu hanya sebatas angin-anginkan diteras rumah maupun dibawah pohon. Jangan terkena matahari langsung.

Durasi penjemuran bisa 10 sampai dengan15 menit. Perlu anda ketahui jika menjemur burung yang salah bisa menyrbabkan bulu jadi mengeriting.

Rutin Memberikan Makanan Tambahan

Burung sebaiknya mendapatkan nutrisi yang seimbang selain pakan. Makanan yang sehat seperti halnya mentimun, kangkung atau milet. Selain itu, multivitamin/ suplemen juga sangat diperlukan untuk merawat bulu lovebird supaya tetap cantik.

Karena apabila lovebird kekurangan nutrisi serta vitamin dapat mengakibatkan kerontokan pada bulu. Dengan demikian berilah makanan tambahan yang tepat agar nutrisi burung tetap terjaga.

Tinggalkan Komentar