Penangkaran Kolibri

Saat ini, burung kolibri memang menjadi salah satu favorit para penggemar burung lomba. Banyak di antara mereka yang menjadikan kolibri sebagai salah satu jagoan mereka di perlombaan karena suaranya yang merdu. Bagi Anda yang menyukai burung kolibri dan ingin mengembangbiakkan burung ini, bisa mencoba melakukan penangkaran burung kolibri di rumah.

Dalam penangkaran kolibri, ada beberapa syarat utama yang mesti dipenuhi agar kolibri dapat berkembang biak dengan baik, yaitu:

  1. Pasangan kolibri ini harus sudah berusia dewasa dan memiliki kematangan seksual.
  2. Isi kandang penangkaran dengan tanaman yang memiliki daun rindang agar kolibri merasa di habitat aslinya.
  3. Jaga kondisi suhu dan kelembapan di dalam kandang penangkaran. Untuk menjaga kelembapan, siram lantai kandang dengan air secara teratur, khususnya ketika cuaca panas.
  4. Sediakan nektar setiap hari, baik nektar buatan sendiri maupun nektar pabrikan.

Proses Perjodohan

Soure - youtube
Soure – youtube

Letakkan burung jantan di dalam sangkar, lalu masukkan sangkar ke dalam kandang penangkaran, sedangkan burung betina diletakkan di dalam kandang penangkaran secara bebas. Perhatikan gelagat keduanya. Jika burung betina tampak terus mendekati sangkar burung jantan dan burung jantan tidak menunjukkan sikap melawan, berarti keduanya sudah rukun dan bisa berjodoh.

Maka, saatnya kita mengeluarkan burung jantan dari sangkarnya dan disatukan dengan burung betina di dalam kandang penangkaran. Jika dalam satu sampai tiga hari mereka tampak benar-benar rukun, tak lama lagi mereka akan kawin dan bisa menghasilkan telur. Namun, jika burung betina tampak berlari menjauh saat dikejar burung jantan, berarti mereka masih belum cocok. Coba carikan betina yang lain.

Kondisi Kandang Penangkaran

Source - Mapio
Source – Mapio

Selain melengkapi kandang dengan tanaman berdaun rindang, sediakan pula tempat bersarang di dekat tanaman tersebut. Bahan sarang bisa berupa serat, rambut, kapuk atau kapas, dan material lembut lainnya.

Jaga suhu kandang antara 26 – 27 °C pada siang hari dan 17 – 20 °C pada malam hari. Jaga pula kelembapannya sekitar 60 – 70 %. Jika Anda berada di kota bersuhu sedang dan sejuk, hal ini tidak menjadi masalah. Namun, jika Anda berada di kota bersuhu panas, harus dilakukan penyiraman secara teratur, terutama pada siang hingga sore hari. Sediakan selalu pakan utama, yaitu nektar dan serangga.

Waktu perkembangbiakan burung ini biasanya pada bulan April hingga Agustus. Telur yang dihasilkan induk betina biasanya berjumlah 2 butir. Telur ini akan dierami selama 14 hari hingga menetas. Saat pengeraman, induk jantan akan menjaga di luar sarang. Ketika sudah menetas, induk jantan akan ikut serta dalam perawatan anaknya.

Saat anaknya sudah menetas, kebutuhan serangga bagi induknya harus ditambah. Biarkan induk yang memberikan pakan langsung kepada anak-anaknya. Namun, jika sudah berpengalaman, Anda bisa ikut membantu dalam perawatan anak burung dengan memasukkannya ke dalam inkubator pada usia 7 hari.

Lalu, bantu juga perkembangannya dengan memberikan pakan berupa voer halus yang dicampur nektar dan selingi dengan pemberian telur kroto. Lakukan pemberian pakan secara rutin, misalnya dalam 1-2 jam sekali, atau jika anak-anak burung menjerit-jerit minta makan. Burung ini berkembang dengan cepat. Dalam waktu 3 minggu mereka sudah meninggalkan sarang, dan sudah bisa makan sendiri.

Demikianlah cara penangkaran burung kolibri. Dengan penangkaran dan perawatan yang tepat, anakan burung kolibri bisa tumbuh dengan baik sehingga bisa dilatih sampai gacor. Selamat mencoba.

Tinggalkan Komentar