Merpati Balap dan Tips Memilih yang Berkualitas

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mendapatkan merpati balap yang berkualitas. Cari tahu lebih lengkapnya di sini!

Dari sekian banyak ragam spesies burung merpati, merpati balap merupakan salah satu yang cukup populer. Merpati balap merupakan hasil pengembang biakkan dari merpati domestik. Burung-burung tersebut ditangkar dengan intensif guna meningkatkan insting navigasi dan kecepatan terbang.

Pada abad ke-19, Belgia dan Inggris menjadi negara pertama yang mengembangbiakkan burung merpati balap. Mereka mengawinsilangkan beragam spesies seperti Smerle, French Cumulet, English Carrier, Dragoon, dan Horseman.

Alhasil, berkat kemampuan terbang tinggi French Cumulet, merpati balap juga diturunkan kemampuan terbang berjam-jam tanpa merasa lelah. Selain itu, kemampuan navigasi luar biasa juga didapatkan dari English Carrier.

Setelah mengenal sekilas tentang merpati balap, kini kita beralih pada cara memilih merpati balap yang bagus dan berkualitas. Apa saja? Simak poin-poin berikut ini.

Postur tubuh yang ideal

Source - pixabay
Source – pixabay

Poin ini melingkup pada postur burung secara keseluruhan. Dengan kata lain, pilihlah burung yang tidak kurus dan tidak gemuk, tidak kecil dan tidak besar, tetapi pas. Dengan postur tubuh ideal, kemampuan dan kecepatan terbang merpati balap juga akan semakin lincah dan cakap. Dalam perlombaan, hal ini merupakan pokok penilaian paling penting.

Panjang leher

Ketika bermanuver di udara, leher burung merupakan alat kemudi yang membantu burung saat berbelok dan menukik. Jika leher merpati balap terlalu pendek, kemampuan burung dalam bermanuver akan terpengaruh buruk. Sebaliknya, jika lehernya terlalu panjang, kecepatan burung terganggu karena tubuh akan menampung gaya dorong dari angin lebih besar.

Berdada tegap

Source - pixabay
Source – pixabay

Poin ini tidak terlalu berpengaruh pada kemampuan dan kecepatan terbang burung. Hanya saja, jika ingin memiliki burung peliharaan yang sedap dipandang, faktor fisik ini cukup layak dipertimbangkan. Selayaknya manusia, dada tegap lelaki akan lebih menarik untuk dilihat, terutama bagi lawan jenis.

Ukuran dan kualitas sayap

Bagi burung-burung berkemampuan terbang yang bagus, sayap yang panjang ialah atribut yang memberi peran penting. Untuk mengetahui standar sayap yang panjang, perhatikan ketika si burung melipat sayapnya. Sayap yang panjang memiliki rentang ujung yang sejajar dengan ujung ekor. Namun, untuk melihat perbandingan ini, merpati balap sudah harus dalam pertumbuhan maksimal.

Di luar ukuran sayap, hal penting lainnya ialah sirip sayap berupa lembaran-lembaran yang lurus, tidak melengkung.

Bagi merpati balap sendiri, sayap yang panjang terbukti memengaruhi manuver dan kecepatan saat terbang. Sedangkan bentuk sirip yang lurus membuat burung merasa lebih nyaman saat bergerak.

Ketinggian terbang

Source - pixabay
Source – pixabay

Jika Anda ingin membeli merpati balap, terlebih dahulu Anda harus menguji coba terbangnya. Ketinggian terbang pun sebenarnya bergantung pada insting burung tersebut. Bagi burung yang berinsting bagus, ia akan tahu ketinggian yang pas ketika mengikuti perlombaan. Jika burung tersebut terbang terlalu tinggi, ia akan kesulitan bermanuver karena tekanan udara tinggi.

Merpati balap yang bagus sejatinya tahu kapan ia harus terbang lebih tinggi, kapan harus menukik lebih rendah. Hal ini bisa membuat kita tahu seintens apa pemilik sebelumnya melatih merpati balap.

Demikian poin-poin penting yang perlu diperhatikan saat memilih merpati balap. Faktor-faktor lainnya pun ada, yaitu berupa kesehatan mental dan fisik burung, kebersihan bulu, paruh, cakar, dan sebagainya.

Bagaimana pun, dengan  melatih merpati balap secara intens, burung pun akan meningkatkan kemampuannya secara alami. Hanya saja, perlu diperhatikan, burung lomba juga tetap peliharaan yang butuh kasih sayang dan kehidupan yang nyaman. Jadi, tidak baik untuk memforsir waktu burung hanya untuk kebutuhan pemilik.

Tinggalkan Komentar